Pengertian Artefak, Ciri, Jenis, dan 6 Contohnya

Diposting pada

Artefak Adalah

Dalam arkeologi artefak adalah benda apa pun yang dibuat atau dimodifikasi oleh budaya manusia, individu atau kelompok. Selain memberikan informasi penting kepada arkeolog tentang budaya dan peradaban sebelumnya, artefak juga membantu menentukan periode waktu bumi dan dalam catatan sejarah. Jika sebuah gambar “bernilai seribu kata” seperti ungkapan yang muncul, maka artefak akan memberi tahu lebih banyak lagi, kareba banyak budaya kuno tidak memiliki bahasa tertulis atau tidak secara aktif mencatat sejarah mereka, sehingga artefak kadang-kadang memberikan satu-satunya petunjuk tentang bagaimana orang hidup.

Artefak bisa dibedakan berdasarkan zamannya, yaitu karakteristik zaman batu tua, zaman batu muda, zaman batu besar, dan zaman logam, dengan masing-masing contoh benda peninggalan yang berbeda antara zaman yang satu dengan zaman lainnya.

Artefak

Artefak sebagai objek yang dibuat atau dipergunakan oleh manusia. Artefak dapat dibuat dari sejumlah bahan baku, yang paling umum adalah: batu terkelupas, tanah liat, tulang, kulit, kayu, serat, dan logam. Bentuknya pun bisa beraneka ragam. Seringkali berupa alat, senjata, peralatan, ornamen, dan barang-barang artistik dan seremonial.

Artefak ini mungkin telah digunakan dalam kaitannya dengan sejumlah kegiatan, termasuk arsitektur; pengadaan, persiapan, dan konsumsi makanan; pertahanan; pembuatan alat; pakaian; penggunaan pribadi dan rekreasi; kegiatan rumah tangga; upacara dan ritual; angkutan; dan lain-lain.

Pengertian Artefak

Artefak adalah sebuah bentuk benda arkeologi atau benda dari hasil peningalan bersejarah, yaitu kalaifsikasinya ialah semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusiam, sehingga bisa dipindahkan. Itulah yang menjadi salah satu ciri penting dalam konsep artefak, yaitu bahwa benda tersebut bisa bergerak atau bisa dipindahkan (movable) oleh tangan manusia dengan mudah (relatif) tanpa merusak atau menghancurkan bentuknya.

Pengertian Artefak Menurut Para Ahli

Adapun definisi artefak menurut para ahli, antara lain:

  1. National Geographic

Artefak adalah benda yang dibuat oleh manusia. Artefak termasuk seni, alat, dan pakaian yang dibuat oleh orang-orang dari waktu dan tempat tertentu. Istilah ini juga dapat digunakan untuk merujuk pada sisa-sisa benda, seperti pecahan tembikar atau barang pecah belah.

  1. Science Daily

Artefak adalah benda apa pun yang dibuat atau dimodifikasi oleh budaya manusia, dan sering kali dipulihkan oleh upaya arkeologis. Contohnya termasuk alat-alat batu seperti titik proyektil, bejana tembikar, benda logam seperti kancing atau senjata dan barang-barang perhiasan pribadi seperti perhiasan dan pakaian.

Contoh lain termasuk tulang yang menunjukkan tanda-tanda modifikasi manusia, pecahan batu api dari perapian atau bahan tanaman yang digunakan untuk makanan.

Ciri Artefak

Artefak memiliki beberapa ciri atau karakteristik, diantaranya yaitu:

  1. Terbuat dari batu dan sudah mulai halus.
  2. Merupakan hasil kebudayaan yang diabadikan.
  3. Memiliki bentuk yang beragam, seperti lonjong, bulat, persegi dan sebagainya.
  4. Saat ditemukannya dapat berupa bentuk benda utuh maupun pecahan-pecahan yang nanti akan disatukan.
  5. Merupakan hasil dari peristiwa dalam arti sejarah.

Jenis Artefak

Berdasarkan zamannya, artefak dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Zaman Paleolitikum (Zaman Batu Tua) 

Jenis artefak yang ditemukan pada zaman ini pada umumnya berupa alat-alat yang berfungsi sebagai pelindung diri. Contohnya saja dalam hal ini seperti adanya kapak genggam atau kapak perimbas di Ngandong yang berad di Jawa Timur.

  1. Zaman Mesolithikum

Pada zaman ini, manusia sudah mulai hidup menetap dan membangun tempat tinggal secara permanen. Hal itu dikuatkan dengan penemuan Abris Sous Roche yaitu semacam tempat tinggal yang dibangun berbentuk ceruk ada batu karang.

Selain itu, ditemukan pula Kjokkenmoddinger, yaitu sampah-sampah dan siput dalam bentuk gunungan yang bear. Penemuan artefak-artefak tersebut memperkuat asumsi bahwa pada zaman ini manusia sudah hidup menetap. Asumsi tersebut diperkuat juga dengan penemuan artefak seperti kapak genggam, juga penggiling, dan tulang.

  1. Zaman Logam

Pada zaman ini, kehidupan manusia sudah mulah mengalami perkembangan, yaitu mereka sudah bisa membuat peralatan dari logam. Pada penelitian yang telah dilakukan, ditemukan artefak berbentuk perhiasan yang terbuat dari bahan emas, perunggu, dan besi.

  1. Zaman Megalithikum

Zaman ini disebut juga zaman batu besar sebab manusia sudah mulai berpikir untuk membangun bangunan berbahan batu ukuran besar. Beberapa contoh peninggalan penting pada zaman ini misalnya menhir, dolmen, sarchopagus atau keranda dan arca arca.

Contoh Artefak

Berikut ini beberapa contoh artefak yang berasal dari zaman kuno, antara lain:

  1. Quipu of Caral (3.000 SM, Peru)

Kota Suci Caral adalah kota metropolis berusia 5.000 tahun yang mewakili peradaban tertua yang diketahui di Amerika, yang dikenal sebagai Norte Chico. Di antara banyak artefak luar biasa yang ditemukan di situs tersebut, para arkeolog menemukan segmen tali yang diikat dikenal sebagai quipu.

Quipu, kadang-kadang disebut ‘knot berbicara’, adalah alat perekam yang terdiri dari benang warna, pintal, dan benang yang diikat dari rambut llama atau alpaka, atau terbuat dari tali kapas.

Diketahui bahwa pada saat Inca, sistem membantu mengumpulkan data dan menyimpan catatan, mulai dari memantau kewajiban pajak, mengumpulkan catatan sensus dengan benar, informasi kalender, dan organisasi militer.

  1. Botol bayi terakota (400 SM, Italia)

Tahun lalu setidaknya para arkeolog di Italia menemukan botol bayi terakota berusia 2.400 tahun, yang berfungsi ganda sebagai mainan berbentuk babi. Artefak unik adalah salah satu dari beberapa benda langka yang ditemukan terakhir di Manduria, ketika pekerjaan konstruksi mengekspos makam Messapian.

  1. Nebra Sky Disk (1.600 SM, Jerman)

Nebra Sky Disc adalah piringan perunggu berusia 3.600 tahun yang merupakan bagian yang luar biasa sehingga awalnya diyakini sebagai pemalsuan arkeologis. Namun, analisis ilmiah terperinci mengungkapkan bahwa itu memang asli dan artefak yang berharga sekarang termasuk dalam daftar ‘Memori Dunia’ UNESCO.

Penemuan Nebra Sky Disc terjadi di Hutan Ziegelroda, Saxony-Anhalt, Jerman. Ukuran cakram berdiameternya sekitar 30 cm, beratnya 2,2 kg, dan dihiasi dengan patina biru-hijau dan bertatahkan simbol emas. Ini umumnya ditafsirkan sebagai matahari atau bulan purnama, bulan sabit, dan bintang-bintang (termasuk sebuah kelompok diartikan sebagai Pleiades).

Terdapat dua busur emas di sepanjang sisi. Kedua busur tersebut menjangkau sudut 82 °, dengan benar menunjukkan sudut antara posisi matahari terbenam di musim panas dan titik balik matahari musim dingin di garis lintang Mittelberg (51 ° N).

Penambahan terakhir adalah busur lain di bagian bawah yang dikelilingi dengan beberapa goresan makna yang tidak pasti, diartikan beragam sebagai Solar Barge (“kapal matahari”) dengan banyak dayung, atau sebagai Bima Sakti.

  1. The Trundholm Sun Chariot (c. 1700-500 SM, Denmark)

Trundholm Sun ‘Chariot’ merupakan artefak perunggu dan emas yang ditarik dari rawa yang terletak di Pulau Sjælland, Denmark pada tahun 1902. Meskipun artefak ini dikatakan milik Zaman Perunggu Nordic (sekitar 1700-500 SM), tepatnya usia masih belum pasti.

‘Kereta’ terdiri dari kuda perunggu, piringan perunggu dengan lembaran emas tipis yang ditekan di satu sisi, dan 6 roda empat roda yang juga terbuat dari perunggu. Selain sebagai objek ritual, ia juga telah menyarankan bahwa Matahari Trundholm ‘Chariot’ mungkin telah berfungsi sebagai kalender.

Teori ini dikemukakan oleh Klaus Randsborg, seorang profesor Arkeologi di Universitas Kopenhagen, yang menjelaskan bahwa the golden day-side memiliki dimensi yang terkait dengan sepertiga dari tahun Matahari, sedangkan sisi malam dari lingkaran konsentris pusat besar memiliki dimensi terkait dengan enam bulan lunar.

Oleh karena itu, ia menyimpulkan bahwa “rujukannya adalah kalender Matahari pada sisi hari, dan kalender Bulan pada sisi malam Kereta Matahari, yang tampaknya merupakan perhitungan yang sempurna”.

  1. Seruling Divje Babe (58.000 – 43.000 SM, Slovenia)

Alat musik tertua yang pernah ditemukan diyakini adalah seruling Divje Babe, ditemukan di sebuah gua di Slovenia pada tahun 1995. Item tersebut adalah fragmen dari tulang paha seekor beruang gua yang telah dilubangi. Artefak ini telah berusia 60.000-43.000 tahun.

Para ilmuwan yang tidak dapat menerima kemungkinan bahwa Neanderthal sedang bermain musik menolak klaim tersebut dan mengatakan bahwa lubang yang diukir dengan sempurna dan rapi sebenarnya adalah hasil dari fragmen tulang yang telah dikunyah oleh seekor binatang.

Namun, konsensus umum bahwa seruling Divje Babe sebenarnya adalah alat musik telah berkembang seiring dengan pandangan Neanderthal dari binatang primitif yang tidak berbudaya menjadi manusia yang lebih canggih akhirnya berubah.

  1. Kadal Ubaid (c 5.000 SM, Irak)

Pada awal abad ke-20, para arkeolog menggali di situs arkeologi Tell Al’Ubaid di Irak ketika mereka membuat penemuan yang tidak biasa, banyak artefak berusia 7.000 tahun yang menggambarkan sosok humanoid dengan karakteristik seperti kadal, termasuk kepala panjang, mata berbentuk almond, wajah meruncing panjang dan hidung tipe kadal.

Beberapa terlihat mengenakan helm dan memiliki semacam bantalan di pundak, sedangkan patung-patung lain yang ditemukan yaitu memegang tongkat kerajaan, mungkin sebagai simbol keadilan dan hukum.

Patung-patung jantan dan betina ditemukan dalam postur yang berbeda, tetapi yang paling aneh dari semua itu adalah patung wanita yang menggendong bayi menyusu, dan anak itu juga diwakili dengan fitur mirip kadal.

Budaya Ubaidian adalah budaya prasejarah di Mesopotamia yang berasal dari 5.500 dan 4.000 SM. Seperti halnya bangsa Sumeria, asal usul orang-orang Ubaidian tidak diketahui. Mereka tinggal di permukiman desa besar di rumah-rumah dari batu bata dan mereka telah mengembangkan arsitektur, pertanian, dan bertani dengan menggunakan irigasi.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian artefak menurut para ahli, ciri, jenis, dan contohnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *