Ciri Kehidupan Sedenter dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Sedenter

Kehidupan masyarakat sedenter pada dasarnya bukan menjadi suatu hal yang tiba-tiba dilakukan tanpa adanya alasan tertentu. Dalam hal ini manusia purba di masa itu, melakukan kehidupan secara sedenter karena untuk mempertahankan hidupnya.

Sedenter disini dalam arti sejarah yaitu gaya hidup yang dilakukan masyarakat dengan cara menetap pada satu tempat secara permanen dan tidak akan melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain.

Sedenter

Pada dasarnya sedenter adalah kebalikan dari migrasi. Apabila dianalogikan dalam bentuk kegiatan manusia atau seseorang, maka sedenter dianggap sebagai salah satu cara untuk menghabiskan banyak waktu dengan duduk saja agak tidak aktif.

Gaya hidup sedenter sangat jauh berbeda dengan pola hidup nomaden, apabila nomaden dilakukan dengan sekelompok orang dengan gaya hidup yang berpindah-pindah maka sedenter ini lebih merujuk kepada orang-orang yang mendiami suatu wilayah yang sama sepanjang gaya hidup mereka. Selain itu pada pola kehidupan sedenter ini pula maka gaya hidupnya juga dikenal sebagai sedentisme. Arti sedentisme ini lebih mengacu pada praktik hidup di satu tempat dalam waktu yang lama.

Ciri Sedenter

Adapun untuk karakteristik yang ada di dalam kehidupan ciri kehidupan sedenter tersebut ialah sebagai berikut ini;

  1. Memiliki banyak waktu dalam hal kegiatan berkumpul bersama dengan keluarga
  2. Hidup yang telah menetap relatif lebih lama
  3. Membangun tempat tinggal yang lebih tahan lama dan kokoh.
  4. Masih bergantung pada alam
  5. Mulai mengenal sistem kepercayaan
  6. Selain bercocok tanam, mereka juga dapat memelihara ternak yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, utamanya ketika cuaca sedang tidak baik
  7. Mereka sudah dapat menyompan sisa-sisa makanan dengan lebih aman
  8. Orang yang hidup sedenter di tempat tertentu tidak perlu berkeliaran untuk makanan, mereka dapat mengelola sendiri

Contoh Kehidupan Sedenter

Contoh pada kehidupan masyarakat sedenter ini pada dasarnya sudah sering dilakukan oleh mayoritas orang yang menghuni bumi, apalagi dalam kondisi perkembangan zaman yang semakin maju ini. Maka gaya hidup sedenter merupakan hal utama yang dilakukan. Misalnya saja seperti;

  1. Pertanian dan domestikasi hewan

Bidang pertanian dan domestikasi hewan pada masyarakat sedenter menjadi kebutuhan, yang mana pada kegiatan tersebut menyebabkan seseorang tidak dapat banyak melakukan pergerakan dalam arti melakukan perpindahan. Sehingga sedenter ini sangat cocok sebagai salah satu syarat dalam memulai bidang pertanian.

Bukan hanya itu saja, dengan melakukan pola hidup sedenter maka hal ini juga berpengaruh pada peningkatan perdagangan dan kontak antara berbagai negara satu dengan negara yang lainnya. Karena hal Itulah maka dengan semakin berkembangnya pola hidup sedenter mampu menyebabkan pula bangkitnya populasi dan pembentukan desa serta kota.

Faktor Memilih Kehidupan Sedenter

Pada zaman modern seperti saat ini, kehidupan sedenter menjadi banyak pilihan. Alasannya karena beberepa faktor yang menjadi penyebabnya. Antara lain;

  1. Lingkungan, lingkungan sekitar merupakan salah satu faktor utama menentukan manusia purba untuk memilih tempat hidup. Maka dari itu, manusia purba selalu memperhatikan kondisi lingkungan serta penguasaan terhadap teknologi
  2. Lebih terjamin dan tersedianya kebutuhan air yang cukup
  3. Tersedianya sumber makanan
  4. Kondisi tanah yang tidak terlalu lembab
  5. Memiliki ketetapan prihal tempat berteduh
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa gaya hidup sedenter ini bisa dilakukan karena manusia sudah mengenal masa perkembangan zaman yang lebih maju. Selain itu ada sikap terbuka dalam menerima budaya atau pengetahuan baru yang pada akhirnya membuat masyarakat bisa memahami bahwa kehidupan yang lebih baik ialah dengan cara menetap di suatu wilayah.

Bukan hanya itu saja, sedenter juga berkaitan dengan ketersediaan sumber kebutuhan pangan yang lebih pasti didaerah yang menjadi huniannya tersebut. Bahkan sudah ada pekerjaan tetap yang bisa dilakukan sehingga dapat memperoleh sumber nafkah yang lebih mudah.

Pada intinya dengan melakukan pola hidup sedenter inilah, maka manusia di zaman dahulu sudah mulai mengalami perkembangan hidup yang lebih baik lagi.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan ciri kehidupan masyarakat sedenter, contoh, dan faktor yang mempengaruhinya. Semoga memberikan wawasan serta edukasi mendalam bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *