Tujuan Ilmu Arkeologi dalam Sejarah

Diposting pada

Tujuan Arkeologi

Pernahkah anda mendengar kata arkeologi? Arkeologi sudah pasti pernah dipelajari oleh siswa yang ada dibangku sekolah, khususnya pada mata pelajaran sumber sejarah. Pada dasarnya yang di maksud arkeologi adalah sebuah kekayaan atau harta karun yang sangat berharga di masa lalu.

Dalam konteks inilah perlu diketahui bahwa sejak masa prasejarah manusia sudah sering melakukan kegiatan koleksi suatu barang atau benda, sehingga dengan aktivitas tersebut pengkoleksian disebut dengan istilah tujuan arkeologi.

Arkeologi

Arkeologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari sebuah karakteristik manusia paling unik yang bernama budaya. Sedangkan budaya itu sendiri ialah kepercayaan, ilmu pengetahuan, moral, seni, soft skill, hukum, dan kebiasaan manusia yang didapatkan setiap individu sebagai anggota masyarakat yang ada di lingkungannya masing-masing.

Sebagai informasi dalam mata pelajaran sejarah ada yang dinamakan antropologi dan istilah arkeologi ini pada dasarnya salah satu cabang dar ilmu antropologi itu sendiri. Karena dalam ilmu antropologi ada bagian tiga sub divisi ilmu yaitu;

  1. Antropologi sosial/antropologi budaya
  2. Antropologi fisik atau bio-antropologi
  3. Arkeologi.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa arkeologi masuk pada salah satu cabang ilmu antropologi yaitu dibagian akhir

Tujuan Arkeologi

Tujuan mempelajari ilmu arkeologi yaitu sebagai berikut;

  1. Menyusun sejarah kebudayaan

Dengan adanya ilmu arkeologi maka tujuan yang bisa diperoleh salah satunya ialah dpaat menyusun sejarah kebudayaan manusia di masa lampau dengan tata kelola yang runtut sesuai dengan waktu atau periodisasi sejarah itu sendiri.

  1. Merekonstruksi bagaimana kehidupan manusia

Ilmu arkeologi juga bisa merekonstruksi kembali tentang kehidupan manusia di masa lampau. Caranya yaitu dengan peninggalan benda atau bukti sejarah dan fakta sejarah yang bisa diteliti dengan baik dan benar. Dengan adanya benda-benda tersebut maka arkeolog bisa melihat tahapan manusia dalam mengembangkan budayanya.

  1. Memahami perilaku manusia

Mempelajari ilmu arkeologi juga memiliki tujuan yang lainnya yaitu untuk memahami perilaku manusia. Dimana maksud dari tujuan ini ialah dengan ilmu arkeologi para peneliti atau arkeolog bisa melihat karakter manusia dari zaman ke zaman melalui bukti-bukti sejarah maupun data lainnya yang mendukung.

  1. Mengerti proses perubahan budaya

Tujuan mempelajari ilmu arkeologi yang terakhir yaitu untuk mengetahui proses perubahan budaya pada kehidupan manusia dari zaman dahulu kala hingga masa modern saat ini.

Dengan ditemukannya bukti atau benda peninggalan sejarah maka bisa dilihat perkembangan budaya dari waktu ke waktu dan tentunya dari itu pula manusia bisa menjadi lebih terbuka dalam menerima perubahan baru. Hingga akhirnya munculah kebudayaan yang lebih modern saat ini.

Perbedaan Ilmu Arkeologi dan Sejarah

Dalam tujuan ilmu arkeologi ini ternyata ada perbedaan dengan sejarah, dimana arti sejarah lebih berfokus pada aspek temporal, spasial, dan manusia sebagai pembentuk kebudayaan.

Sedangkan pada arkeologi ini yang dipelajari ialah kebudayaan masa lalu dengan tetap membutuhkan “materi” sebagai satu-satunya sumber informasi penting untuk  merekonstruksi sebuah persitiwa sejarah pada masa lampau. Arkeologi juga dianggap memberikan kontribusi sangat besar terutama dalam memahami karakteristik sebuah dokumen, prasasti, dan bukti tertulis dengan menggunakan pendekatan aspek temporal dan spasialnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa arkeologi adalah sebuah studi yang dirancang secara sistematis pada masa lalu berdasarkan budaya materialnya dengan tujuan untuk membongkar, menjelaskan dan mengklasifikasikan atau menggolongkan peninggalan budaya, dan mendeskripsikan setiap bentuk maupun perilaku masyarakat di masa lalu serta memahami sejarah manusia secara lebih utuh dan maksimal.

Sehingga dalam hal ini arkeologi senantiasa dimaknai sebuah ilmu studi yang membahas masa lalu tentang perilaku manusia purba dari masa lampau hingga saat ini dengan pemahaman awal yaitu menempatkan semua manusia sama pada masa tersebut.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada kalian terkait dengan tujuan mempelajari ilmu arkeologi yang ada dalam sejarah. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *