Tujuan dan Fungsi dari Pembuatan Prasasti

Diposting pada

Tujuan dan Fungsi Prasasti

Belajar arti sejarah, pastinya anda akan mengenal apa itu yang dinamakan prasasti. Kata prasasti pada dasarnya berasal dari bahasa Sanskerta dan prasasti tersebut mempunyai arti yaitu “pujian”. Dalam perubahan sejarah akibat perkembangan waktu, kata prasasti ini dapat pula dikaitkan dengan piagam, surat keputusan, maklumat, undang-undang, atau serangkaian bentuk tulisan yang telah dikeluarkan oleh seorang Raja maupun pemerintahan yang berkuasa.

Disisi lain, prasasti ada sebuah ilmu khusus yang mempelajarinya yang di sebut juga dengan istilah epigrafi. Kemudian istilah prasasti ini juga memiliki sebutan lain diantaranya dalam bahasa Latin, prasasti dinamakan inskripsi. Sedangkan di negara Malaysia, istilah prasasti lebih sering disebut dengan nama atau panggilan “batu bersurat” atau “batu bertulis”. Walaupun istilah dalam negara Malaysia tersebut lebih mudah ditangkap atau disebut. Akan tetapi pengertiannya lebih sempit daripada kata prasasti itu sendiri, karena tidak semua prasasti disuratkan di bebatuan.

Prasasti

Berbagai bentuk sumber sejarah Indonesia kuno, baik mulai dari naskah maupun berita asing ternyata yang dianggap sebagai sumber sejarah paling penting adalah prasasti. Hal ini dikarenakan prasasti mampu memberikan manfaat dalam kronologi sejarah dari suatu peristiwa yang pernah terjadi di masa sejarah.

Tujuan Prasasti

Beberapa tujuan pembuatan prasasti adalah sebagai berikut;

  1. Mengenang kejadian atau peristiwa penting yang dialami oleh raja di masa sejarah

Pada zaman sejarah dahulu, tentunya ada masa-masa sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang raja. Karena zaman dahulu masih banyak manusia yang belum mengalami kemajuan zaman dengan begitu baik, sehingga banyak hal-hal yang dibentuk dengan kemampuan yang mereka miliki secara apa adanya, salah satunya yaitu prasasti.

Tujuan pembuatan prasasti ini tidak lain dan tidak bukan ialah untuk mengabadikan setiap moment atau peristiwa penting yang dialami oleh seorang raja dalam menjabat kekuasaan atau pada masa pemerintahannya. Dengan adanya prasasti tersebut bisa dijadikan sebagai bukti sejarah bahwa raja-raja pernah berkuasa dengan penanggalan waktu tertentu.

  1. Meninggalkan peristiwa penting yang pernah terjadi dan diketahui oleh manusia di masa depan

Tujuan pembuatan prasasti yang berikutnya ialah untuk meninggalan peristiwa atau kejadian penting yang telah terjadi pada masa lampau khususnya pada masa sejarah.

Akan tetapi dengan adanya prasasti ini, diharapkan banyak orang dimasa depan bisa melihat kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Sehingga dengan demikian, setiap orang tetap bisa mempelajari sejarah yang telah terjadi masa dahulu kala, sebelum manusia zaman sekarang ini lahir.

Fungsi Pembuatan Prasasti

Sedangkan untuk fungsi yang jelas dalam pembuatan prasasti antara lain;

  1. Pembuatan prasasti di fungsikan sebagai penghormatan kepada dewa

Prasasti pada dasarnya bukan hanya sebagai bentuk bukti atau sumber sejarah yang dapat dipelajari oleh manusia di masa kini. Akan tetapi fungsi pembuatan prasasti ini salah satunya yaitu digunakan untuk penghormatan kepada dewa baik dalam agama hindu maupun budha. Oleh karena itu kedudukan prasasti pada zaman sejarah ini cukup penting dan sangat diagung-agungkan.

  1. Prasasti digunakan untuk referensi dalam penelitian

Tidak perlu diragukan lagi bahwa keberadaan prasasti dimasa sekarang ini memang menjadi incaran bagi banyak sejarawan. Alasannya karena dengan adanya prasasti atau peninggalan sejarah ini, maka seorang peneliti dapat melihat peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu dengan lebih mudah.

Dengan begitu adanya prasasti itu sendiri memberikan fungsi berupa kemudahan bagi para peneliti atau sejarawan untuk referensi mereka dalam melihat kejadian sejarah yang telah terjadi di masa lalu.

Sebagai informasi dalam penulisa prasati biasanya ada penanggalan yang dicantumkan yaitu berupa angka dan tahun. Dimana tulisan angka maupun tahun tersebut yang ada di dalam prasasti biasanya diawali dengan kata “Swasti Cri Cakawarsatita“.

  1. Prasasti difungsikan untuk menyebut nama raja yang ada pada masa sejarah

Fungsi pembuatan prasasti yang berikutnya adalah untuk melihat dan mengenal siapa saja nama-nama raja yang pernah menjabat atau berkuasa pada zaman sejarah. Karena dalam prasasti tersebut biasanya setiap nama raja yang telah menjabat pada masa-masa tertentu akan ditulis dengan jelas.

Tujuanya agar prasasti tersebut bisa dijadikan sebagai benda kenangan atau benda yang bisa dipakai untuk mengabadikan seorang raja dalam memerintah suatu kerajaan.

  1. Dipergunakan sebagai simbol atau suatu batas wilayah kerajaan tertentu

Selanjutnya, fungsi pembuatan prasasti yang terakhir yaitu digunakan untuk simbol atau batas wilayah kerajaan tertentu. Sebagai informasi, pada dasarnya prasasti bukanlah dijadikan sebagai sumber sejarah, benda peninggalan maupun benda untuk mengabadikan peristiwa sejarah tertentu.

Akan tetapi prasasti ini memiliki banyak fungsi mulai untuk penghormatan dewa hingga dipakai sebagai simbol suatu batas wilayah kerajaan tertentu. Maka dari itu dengan adanya prasasti ini pula seseorang bisa melihat batas-batas kerajaan yang terjadi di masa sejarah.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa prasasti senantiasa berkaitan dengan yang namanya sejarah. Maka dari itu dalam ruang lingkup sejarah ini pula, prasasti memiliki peranan yang penting. Hal ini juga disebabkan karena prasti mempunyai tujuan tersendiri, sehingga benda ini dibuat dengan begitu baik dan terencana.

Disisi lainnya, prasasti yang dianggap sebagai bagian daripada contoh bukti sejarah dan fakta sejarah, tidak hanya memiliki tujuan yang menarik. Akan tetapi pembuatan prasasti ini juga memiliki dasar-dasar.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan tujuan dan fungsi dari proses pembuatan prasasti dalam sejarah. Semoga memberikan ilmu serta wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *