Tujuan dan Fungsi dari Pembuatan Yupa

Diposting pada

Tujuan dan Fungsi Yupa

Pada masa sejarah sudah pasti ada banyak hal yang bisa dipelajari. Baik mulai dari arti periodisasi setiap peristiwa sejarah hingga benda-benda peninggalan yang ada pada zaman sejarah tersebut. Berbicara mengenai benda peninggalan zaman sejarah ada salah satu benda yang dinamakan Yupa.

Yupa merupakan wujud benda peninggalan yang ada pada zaman sejarah dahulu, khusunya pada masa kerajaan kutai. Setiap benda peninggalan sudah pasti memiliki catatan tersendiri dan wujudnya berbeda-beda sesuai dengan fungsi atau tujuannya masing-masing. Benda peninggalan berupa yupa ini dikenal sebagai benda peninggalan yang memiliki isi atau makna tersendiri pada kerajaan kutai.

Yupa

Prasasti yupa adalah salah satu contoh bukti sejarah dan fakta sejarah dari kerajaan kutai yang paling tua. Melalui prasasti yupa inilah dapat diketahui mengenai adanya kerajaan kutai yang ada di provinsi Kalimantan. Pada prasasti yupa ini ada tulisan-tulisan yang menggunakan bahasa sansekerta dan juga aksara atau huruf pallawa.

Selain itu pada arti prasasti yupa ini sendiri juga memiliki beberapa isi yang mengungkapkan sejarah dari kerajaan hindu tepatnya yang berada di Muara Kaman, di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Sebagai informasi bahwa prasasti yupa ini secara garis besar menceritakan tentang kehidupan politik, sosial dan budaya kerajaan kutai di provinsi Kalimantan.

Tujuan Pembuatan Yupa

Benda peninggalan yang bernama yupa dari masa kerajaan kutai ini bukan hanya benda peninggalan yang tidak memiliki cerita sejarah pula. Akan tetapi prasasti yupa memiliki kelebihan tersendiri, sehingga tujuan pembuatan yupa, antara lain;

  1. Sebagai wujud peninggalan atau bukti dari adanya kerajaan kutai

Prasasti yupa bukan hanya sebagai benda peninggalan yang diketahui bahwa berasal dari kerajaan kutai. Akan tetapi yupa memiliki tujuan tersendiri yaitu dijadikan sebagai wujud peninggalan atau bukti sejarah dari kerajaan kutai yang memiliki proses cerita dalam pembuatan maupun isi prasasti tersebut.

  1. Agar diketahui beberapa informasi yang terdapat pada kerajaan kutai

Tujuan yupa yang berikutnya yaitu untuk mengetahui beberapa informasi yang ada pada kerajaan kutai. Karena pada dasarnya benda peninggalan berupa yupa ini memiliki isi yang berhubungan dengan kerajaan kutai, mulai dari lokasi hingga cerita kebaikan dari salah satu raja yang menguasai kerajaan kutai pada waktu itu.

  1. Wujud benda peninggalan pada agama hindu

Pembuatan yupa bukan berarti semata-mata hanya keinginan dari orang dahulu kala. Selain dijadikan sebagai bukti sejarah pada kerajaan kutai, ternyata yupa juga dijadikan sebagai wujud benda peninggalan pada agama hindu. Sehingga dalam hal ini tujuan yupa lebih jelas lagi karena sudah dikhususnya untuk agama hindu.

  1. Mengenang kemuliaan Raja Mulawarman

Seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya, bahwa yupa memiliki isi yang salah satunya menjelaskan kebaikan dari raja kerajaan kutai yaitu raja Mulawarman. Maka dari itu tujuan pembuatan yupa antara lain ialah untuk mengenal kemuliaan raja Mulawarman agar bisa dilihat dan diinformasikan pada banyak orang yang mempelajari sejarah khususnya pada masa kerajaan kutai.

Fungsi Pembuatan Yupa

Dibawah ini yang termasuk fungsi pembuatan yupa, antara lain;

  1. Menambah kekayaan dan khasanah budaya bangsa

Fungsi pembuatan yupa yaitu mampu menambah kekayaan dan khasanah budaya bangsa. Artinya dengan adanya benda peninggalan berupa yupa ini kekayaan budaya bangsa lebih banyak lagi, karena yupa memberikan cerita sejarah yang cukup panjang hingga akhirnya munculah benda peninggalan yang berupa yupa ini.

Maka dari itu yupa termasuk salah satu jenis cerita sejarah yang bisa dipelajari oleh banyak orang dan bermanfaat untuk menambah ilmu atau pengetahuan mengenai sejaraj itu sendiri.

  1. Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat diamati zaman sekarang

Pembuatan yupa juga bukan semata-semata asal dibentuk atau dibuat begitusaja. Akan tetapi ada fungsi dibalik pembuatan yupa, yaitu untuk memberikan bukti atas peristiwa sejarah yang dapat diamati hingga masa sekarang ini.

  1. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa yupa mampu dijadikan sebagai bukti sejarah hingga masa kini. Maka dari itu hal ini mempengaruhi fungsi yupa yang dapat digunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Karena dari yupa itu pula lah, seseorang bisa mempelajari lebih lengkap mengenai sejarah kerajaan kutai.

  1. Sangat membantu dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan

Pembuatan yupa yang memiliki banyak tujuan dan fungsi ini tentunya juga sangat membantu dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Alasannya karena pada yupa seseorang bisa mempelajari sejarah dan melihat bahwa memang benda peninggalan maupun bukti atau sumber sejarah sangat penting di masa sekarang ini. Dengan maksud yaitu dijadikan alat untuk menganalisis cerita sejarah oleh sejarawan maupun para pelajar yang ingin menambah ilmu pengetahuannya.

  1. Dapat mempertebal rasa kebangsaan

Benda-benda peninggalan pada masa sejarah ternyata juga sangat baik untuk mempertebal rasa kebangsaan. Hal ini karena manusia saling terikat satu sama lain akan kebudayaan maupun merasa pada persamaan nasib yang sama. Sehingga dari sanalah segala cerita sejarah berharap tidak dilupa begitu saja.

  1. Dapat memperkokoh rasa persatuan

Benda peninggalan yupa bukan hanya berfungsi untuk mempertebal rasa kebangsaan. Akan tetapi yupa juga dijadikan sebagai salah satu alat untuk memperkokoh rasa persatuan.

Karena dari yupa inilah seseorang mengenal cerita sejarah pada kerajaan kutai dan membuat orang-orang merasa bahwa bangsa Indonesia memiliki banyak kebudayaan dan cerita sejarah yang bisa menguatkan rasa persatuan masing-masing.

Yupa di Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai adalah kerajaan pertama dan tertua yang bercorak hindu di negara Indonesia, tepatnya pada hulu sungai Mahakam, Muara Kaman, Kalimantan Timur. Kerajaan kutai ini didirikan sudah sekitar abad ke-4 M. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada kerajaan ini terdapat benda peninggalan berupa yupa yang salah satu isinya menjelaskan kebaikan dari seorang raja Mulawarman.

Kebaikan raja Mulawarman dituangkan pada salah satu isi yupa tersebut, karena raja Mulawarman sudah memberikan sumbangan sekitar 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana. Kemudian untuk isi 7 yupa yang telah ditemukan para ahli yaitu sebagai berikut ini;

  1. Benda peninggalan yang bernama yupa sebagian besar berisi tentang silsilah raja yang memerintah pada kerajaan kutai.
  2. Yupa berisi pula terkait letak kerajaan kutai yang berada di hilir sungai Muara Kaman, Kalimantan Timur.
  3. Ketika masa pemerintahan kerajaan aswawarman, perkembangan agama hindu sudah mulai menyebar di kerajaan kutai.
  4. Aswawarman merupakan pendiri dinasti kerajaan kutai martadipura dan memperoleh gelar wangsakerta
  5. Kerajaan kutai memiliki beberapa wilayah yang meliputi hampir seluruh di bagian Kalimantan Timur.
  6. Isi yupa yaitu menggambarkan kehidupan ekonomi pada masa kerajaan kutai yang aman dan sejahtera.
  7. Yupa menjelaskan pula mengnai kebaikan raja Mulawarman yang telah menyumbangkan 20.000 ekor sapi kepada kaum Brahmana.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan dan fungsi dari proses pembuatan yupa beserta dengan jenisnya. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *