Tujuan Kronologi dalam Sejarah

Diposting pada

Tujuan Kronologi Sejarah

Penggunaan metode kajian ilmiah melaluai berfikir kronologi ini dibermaksudkan agar sumber sejarah dapat diungkapkan berdasarkan kebenaran yang sesuai dengan mengenai masa lampau. Salah satu hal, yang bisa mempermudah seseorang dalam memperlajari ilmu sejarah ini yaitu dengan mengklasifikasikan setiap perkembangan sejarah yang terjadi di masa lampau.

Melalui klasifikasi dalam kronologi sejarah inilah seseorang akan lebih paham dan bisa dengan mudah menyerap setiap informasi yang diperoleh.

Kronologi

Kronologi sejarah adalah sebuah catatan berupa kejadian atau peristiwa-peristiwa yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah ini sangat bermanfaat sekali karena bisa membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa pada masa lampau berdasarkan urutan waktu secara tepat.

Bukan hanya itu saja, kronologi dalam arti sejarah juga bisa digunakan untuk membantu mengkomparasikan suatu kejadian sejarah dari waktu ke waktu berdasarkan tempat yang berbeda-beda pula.

Tujuan Kronologi Sejarah

Kronologi sejarah di rinci memiliki beberapa tujuan yang diuraikan sebagai berikut ini;

  1. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan

Kronologi sejarah dianggap sebagai salah satu syarat ilmu pengetahuan yang memiliki sifat sistematis. Maka dari itu dengan adanya kronologi ini akan lebih dimudahkan dalam mempelajari pengetahuan baru karena waktunya sudah diurutkan sesuai dengan kejadian yang ada.

Bahkan setiap peristiwa masa lampau yang terjadi bisa dikelompokkan, dihubungkan, kemudian dikaitkan dan disusun kembali dengan runtut.

  1. Sebagai dasar penyusunan cerita sejarah

Tujuan dengan adanya kronologi sejarah yaitu bisa digunakan sebagai dasar dalam menyusun cerita sejarah. Hal ini dikarenakan dengan kronologi itu setiap orang bisa mencatat peristiwa nyata dari waktu ke waktu. Sehingga penyusunan cerita sejarah akan lebih runtut dan lebih mudah dilakukan.

Maka dari itu tidak heran apabila kronologi dianggap sebagai satu – satunya norma obyektif dan konstan yang harus diperhitungkan oleh para sejarawan.

  1. Membuat penyusunanperistiwa sejarah dalam periodisasi tertentu tidak saling tumpang-tindih

Kronologi bertujuan pula untuk membuat penyusunan periodisasi sejarah (peristiwa-peristiwa) menjadi lebih jelas. Sehingga tidak akan ada yang namanya tumpang-tindih antara cerita yang satu dengan yang lainnya. Hal ini juga bisa membuat setiap orang yang membaca cerita sejarah tersebut dapat lebih paham dan memaknainya dengan lebih dalam.

  1. Memudahkan dalam penggolongan peristiwa sejarah berdasar kejadian

Kronologi dianggap pula bisa memudahkan pemahaman peristiwa sejarah berdasarkan penggolongan setiap kejadian yang terjadi. Maka dari itulah, setiap peristiwa sejarah yang tertulis dalam ranah ilmu pengetahuan bisa dibaca atau dipahami dengan mudah, karena sudah ada pengklasifikasiannya sendiri melalui waktunya masing – masing.

  1. Mempermudah untuk menarik hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa

Hubungan sebab akibat juga akan nampak dengan jelas, melalui adanya kronologi dalam sejarah itu sendiri. Bahkan dengan hal demikian, akan memberikan fakta-fakta yang jelas pula terkait peristiwa sejarah yang sudah terjadi.

Atas dasar demikianpula kronologi sejarah bukanlah hal yang menjadi sia-sia. Akan tetapi dengan adaya sebuah kronologi, sejarawan dimudahkan dalam melakukan penelitian. Bukan hanya sejarawan saja, akan tetapi masyarakat lain khususnya para pelajar juga bisa memperoleh ilmu sejarah dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan. Perlu setidaknya dipahami bahwa istilah kronologi ini disebut berasal dari bahasa yunani yaitu chronos artinya ialah waktu dan logos yaitu pengetahuan atau ilmu. Sehingga jika digabung menjadi satu, kronologi adalah ilmu tentang waktu.

Disisi lain, dalam memahami atau menunjukan suatu peristiwa secara kronologi maka memerlukan yang namanya garis waktu. Garis waktu tersebut akan menjelaskan peristiwa yang terjadi di masa lalu dengan runtut berdasarkan waktu terjadinya. Sehingga semua peristiwa akan dijabarkan secara luas dan lengkap.

Sebagai informasi kronologi sejarah yang ada di negara Indonesia yaitu mempunyai perjalanan sejarah yang sangat panjang. Kronologi sejarah Indonesia itu sendiri di mulai pada zaman prasejarah yang terdiri dari zaman batu dan zaman logam bahkan pada zaman-zaman berikutnya yang lebih maju dan berkembang.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami uraikan pada semua kalangan berkaitan dengan tujuan utama pembuatan kronologi dalam sejarah beserta dengan penjelasan lengkapnya. Semoga memberikan pemahaman untuk semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *