Pengertian Imperialisme, Macam, Tujuan, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada

Imperialisme Adalah

Imperialisme bisa diartikan sebagai dominasi satu orang terhadap orang lainnya, dengan tujuan, misalnya untuk melakukan dominasi ekonomi.  Contoh imperialisme ditemukan dalam arti sejarah kuno Cina, India, Timur Tengah, Mesir, Afrika, dan masyarakat Indian Amerika. Proyek-proyek kekaisaran kecil bersaing untuk mendapatkan kekuasaan di seluruh Abad Pertengahan di Eropa, tetapi dengan penemuan Dunia Baru dan penaklukan teritorial di luar negeri, Spanyol dan Portugal, diikuti oleh Inggris, Prancis, Belanda, dan lain-lain.

Sejatiya itulah kekuatan Eropa yang mulai mengelilingi dunia. Meskipun pada praktiknya berawal ribuan tahun, abad kesembilan belas adalah “Zaman Imperialisme” dan merujuk pada orang Eropa yang menjajah negara lain. Istilah “Imperialisme” diciptakan pada abad keenam belas, yang mencerminkan kebijakan kekaisaran Spanyol, Portugal, Inggris, Prancis, dan Belanda ke Afrika dan Amerika.

Imperialisme

Kata imperialisme pada hakikatnya berasal dari kata Latin imperium, yang artinya “kekuatan tertinggi”. Istilah ini pertama kali menjadi umum dengan pengertian saat ini di Inggris Raya, selama tahun 1870-an dan digunakan dengan konotasi negatif.

Sebelumnya kata imperialisme telah digunakan untuk menggambarkan apa yang dianggap sebagai upaya Napoleon III untuk mendapatkan dukungan politik melalui intervensi militer asing.

Istilah ini dan terutama diterapkan pada dominasi politik dan ekonomi Barat (dan Jepang) terutama di Asia dan Afrika, pada abad ke-19 dan ke-20. Makna yang tepat terus diperdebatkan oleh para sarjana.

Beberapa penulis, seperti Edward Said, menggunakan istilah ini secara lebih luas untuk menggambarkan sistem dominasi dan subordinasi yang diorganisasikan dengan pusat kekaisaran dan pinggiran. Definisi ini meliputi kekaisaran nominal dan neokolonialisme.

Pengertian Imperialisme

Imperialisme adalah kebijakan atau ideologi untuk memperluas kekuasaan suatu negara atas negara-negara asing, seringkali dengan kekuatan militer atau dengan memperoleh kontrol politik dan ekonomi dari wilayah lain.

Imperialisme adalah normal dan umum sepanjang sejarah yang tercatat, contoh paling awal yang berasal dari pertengahan milenium ketiga SM. Dalam beberapa kali, telah dianggap tercela secara moral dan dilarang oleh hukum internasional. Akibatnya, istilah ini digunakan dalam propaganda internasional untuk mengecam kebijakan luar negeri lawan.

Pengertian Imperialisme Menurut Para Ahli

Adapun definisi imperialisme menurut para ahli, antara lain:

  1. Alan Bullock (1986), Imperialisme adalah penaklukan warga negara kepada daerah lain dengan ketetapan hukum melalui sebuah kekuasaan dan mengeksploitasi ekonomi dan finansial.
  2. Henry Pratt Fairchild (1997), Pengertian imperialisme ialah sebagai suatu cara untuk melakukan perluasan negara pada negara lainnya.
  3. Lenin, Imperialisme dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang mana mempunyai arti proses ekonomi yang berpengaruh terhadap sebuah keputusan politik.
  4. Soekarno, Arti imperialisme adalah sistem yang menguasai ekonomi pada bangsa atau negara lain. Selain itu, imperialisme juga merupakan sebuah kapitalisme yang mempunyai arti sebuah usaha untuk menguasai negara lain.

Macam Imperialisme

Secara umum, imperialisme bisa dibedakan menjadi dua , yaitu:

  1. Imperialisme Kuno (Ancient Imperialism)

Inti dari imperialisme kuno yaitu pada semboyan gold, gospel, dan glory (kekayaan, penyebaran agama dan kejayaan). Sebuah negara merebut negara lain dengan tujuan untuk melakukan penyebaran agama, mendapatkan kekayaan dan menambah kejayaannya.

Imperialisme kuno berlangsung sebelum revolusi industri. Contoh negara yang melakukan Imperialisme Kuno yaitu Romawi, Portugis, Spanyol.

  1. Imperialisme Modern (Modern Imperialism)

Inti dari imperialisme modern yaitu kemajuan ekonomi. Imperialisme modern muncul setelah revolusi industri. Muncul industri besar-besaran sebab revolusi industri membutuhkan bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas.

Hal tersebut mengakibatkan negara-negara industri besar berupaya untuk mencari jajahan untuk diambil sumber bahan mentahnya dan pasar untuk hasil industri, juga sebagai tempat penanaman modal untuk kapital surplus. Contoh negara yang menerapkan imperialisme modern yaitu Inggris, Perancis, Belanda, Jerman, Italia dan Jepang.

Selain kedua macam imperialisme di atas, ada pula macam-macam imperialisme yang dibedakan berdasarkan wilayah atau sektor gerakan dan tujuan imperialisme, diantaranya yaitu:

  1. Imperialisme Politik 

Imperialisme politk ialah suatu gerakan yang dilakukan untuk menguasai berbagai jalur politik. Contoh imperialisme politik misalnya ketika berlangsungnya pesta demokrasi, yang membuat para calon pemimpin bangsa saling berebut untuk mendapatkan sebuah kursi pemerintahan.

  1. Imperialisme Ekonomi

Imperialisme ekonomi ialah suatu gerakan yang dilakukan dengan tujuan untuk merebut atau menguasai jalur-jalur ekonomi, seperti perputaran modal, saham, sektor industri dan lain sebagainya.

  1. Imperialisme Kebudayaan

Imperialisme kebudayaan ialah suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk menguasai jiwa negara lain.

  1. Imperialisme Militer

Imperialisme militer ialah suatu imperialisme yang dilakukan untuk menguasai daerah strategis dalam bentuk mengancam atau melakukan tindakan militer. Hal itu dapat dilihat dari berbagai pangkalan militer Amerika Serikat yang terletak di berbagai negara lain atau benua lain, yang dapat mengancam kebijakan negara yang melawan.

Tujuan Imperialisme

Imperialisme memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu:

  1. Sebagai penyebaran ide-ide dan kebudayaan Barat ke seluruh dunia
  2. Menguasai atau mendominasi dunia yang terorganisisr secara politis yakni suatu imperium dunia.
  3. Dalam bentuk imperium ataupun hegemoni yang mempunyai dimensi kontinental.
  4. Pengaruh yang lebih besar dari kekuatan yang dilokalisir.

Ditinjau dari motifnya, terdapat lima motif yang mendorong terjadinya imperialisme, antara lain:

  1. Ekonomi

Pemerintah kekaisaran, dan / atau perusahaan swasta di bawah pemerintah tersebut, mencari cara untuk memaksimalkan keuntungan. Ekspansi ekonomi menuntut tenaga kerja murah, akses ke atau kontrol pasar untuk menjual atau membeli produk, dan sumber daya alam seperti logam mulia dan tanah.

Pedagang kekaisaran sering mendirikan pos perdagangan dan gudang, menciptakan infrastruktur transportasi, dan mencari kontrol atas titik-titik strategis, seperti Terusan Suez di Mesir (yang memungkinkan kapal memotong ribuan mil waktu perjalanan antara Asia dan Eropa).

Kekuatan kekaisaran sering saling bersaing untuk mendapatkan sumber daya potensial terbaik, pasar, dan perdagangan.

  1. Eksplorasi

Negara-negara kekaisaran atau warganya ingin menjelajahi wilayah yang, bagi mereka, tidak diketahui. Terkadang mereka melakukan ini untuk tujuan penelitian medis atau ilmiah. Di lain waktu, mereka melakukannya untuk merasakan petualangan.

Penjelajah kekaisaran selalu berusaha untuk menemukan, memetakan, dan mengklaim wilayah sebelum persaingan kekaisaran mereka lakukan, sebagian untuk kemuliaan nasional dan pribadi dan sebagian untuk melayani tujuan ekspansi imperialis.

  1. Etnosentris

Negara-negara kekaisaran kadang-kadang percaya bahwa nilai-nilai budaya atau kepercayaan mereka lebih unggul daripada bangsa atau kelompok lain. Penaklukan kekaisaran, mereka percaya, akan membawa budaya yang sukses kepada orang-orang yang lebih rendah.

Pada akhir abad ke-19, misalnya, kekuatan Eropa berpegang teguh pada keyakinan rasis bahwa ras yang lebih rendah harus ditaklukkan untuk “membudayakan” mereka. Orang Eropa bertindak berdasarkan etnosentrisme mereka, kepercayaan bahwa satu ras atau bangsa lebih unggul daripada yang lain.

  1. Politik

Patriotisme dan meningkatnya kekuatan kekaisaran mendorong negara-negara untuk bersaing dengan negara lain untuk mendapatkan supremasi. Ini masalah kebanggaan nasional, prestise, dan keamanan. Kerajaan mencari wilayah strategis untuk memastikan akses bagi angkatan laut dan tentara mereka di seluruh dunia.

Kekaisaran harus dipertahankan dan, lebih baik lagi, diperluas. Motif politik sering dipicu sebagai tanggapan terhadap ancaman yang dirasakan terhadap keamanan atau prestise kekuasaan kekaisaran atau warganya di luar negeri.

  1. Agama

Selama ekspansi kekaisaran, orang-orang beragama terkadang berangkat untuk mempertobatkan anggota baru agama mereka dan, dengan demikian, kekaisaran mereka. Para misionaris Kristen dari Eropa, misalnya, mendirikan gereja di wilayah taklukan selama abad ke-19.

Dengan melakukan itu, mereka juga menyebarkan nilai-nilai budaya Barat. Biasanya, misionaris menyebarkan bahasa negara kekaisaran melalui interaksi pendidikan dan agama, meskipun beberapa misionaris membantu melestarikan bahasa asli.

Misionaris Inggris memimpin tuduhan untuk menghentikan perdagangan budak di abad ke-19, sementara yang lain, seperti misionaris Prancis di Vietnam selama periode waktu yang sama, meminta negara mereka untuk mengambil alih suatu negara.

Dampak Imperialisme

Imperialisme membawa dampak dalam berbagai bidang bagi suatu negara, antara lain:

Bidang politik

Dampak imperialisme dalam bidang politik diantaranya yaitu:

  1. Munculnya tanah jajahan
  2. Adanya politik pemerasan
  3. Terjadi perang colonial
  4. Memicu timbulnya politik

 Bidang ekonomi

Dampak imperialisme dalam bidang ekonomi diantaranya yaitu:

  1. Negara yang melakukan imperialisme dapat menambah kekayaan mereka, sedangkan negara yang di jajahan mengalami kemiskinan.
  2. Industri pada negara imperialis semakin berkembnag pesat, sedangkan pada negara jajahannya mati.
  3. Berpengaruh terhadap meluasnya dunia perdagangan.
  4. Dijumpai adanya lalu lintas dunia.
  5. Adanya penanaman modal pada negara atau daerah jajahan.
  6. Meningkatkan kekuatan perekonomian negara imperalis dan melenyapkan kekuatan ekonomi daerah atau negara jajahan.

Bidang sosial

Dampak imperialisme dalam bidang sosial, diantaranya yaitu:

  1. Negara imperalis dapat hidup mewah dan kaya, sedangkan daerah atau negara jajahan mereka kekurangan akibat terjadinya pemerasan oleh negara imperalis.
  2. Memajukan negara imperalis, sedangkan pada negara jajahan mengalami kemunduran dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan.
  3. Meningkatkan harga diri negara imperalis dan menurunkan harga diri negara atau daerah jajahan.
  4. Negara jajahan tidak memiliki hak apa pun karena semua hak milik negara imperalis secara keseluruhan.
  5. Memicu gerakan Eropa-isasi.

Contoh Imperialisme

Saah satu contoh imperialisme yaitu;

  1. Afrika

Imperialisme yang terjadi di Afrika. Antara 1450 dan 1750 orang Eropa berdagang dengan Afrika, tetapi mereka mendirikan sangat sedikit koloni. Pada 1850, hanya beberapa koloni yang ada di sepanjang garis pantai Afrika, seperti Aljazair (Prancis), Koloni Cape (Inggris Raya), dan Angola (Portugal).

Sebagai gantinya, negara-negara Afrika bebas melanjutkan, dan setelah berakhirnya perdagangan budak pada awal 1800-an, pertukaran yang hidup terjadi antara Eropa dan negara-negara Afrika, seperti Kekhalifahan Sokoto di Afrika barat dan Mesir dan Ethiopia di Afrika timur laut.

Mereka memperdagangkan barang-barang manufaktur untuk emas, gading, minyak kelapa sawit (zat yang digunakan dalam sabun, lilin, dan pelumas). Di bawah kepemimpinan Muhammad Ali¸ dan cucunya Ismail¸ Mesir tumbuh menjadi negara Muslim terkuat di abad ke-19, memproduksi kapas untuk ekspor dan menggunakan teknologi barat dan metode bisnis.

Mereka mendapat manfaat dari Perang Sipil Amerika, ketika pengiriman kapas dari AS selatan dihentikan, tetapi pasar kapas Mesir runtuh setelah pengiriman Amerika dilanjutkan setelah Perang Sipil berakhir.

Pada paruh kedua abad ke-19, perubahan dramatis terjadi, ketika orang Eropa mulai menjelajahi pedalaman Afrika, dan pada 1914, hampir seluruh benua dijajah oleh satu atau yang lain dari negara-negara Eropa yang bersaing.

Imperialis Eropa membangun informasi yang diberikan oleh para petualang dan misionaris, terutama Dr. David Livingstone dan Henry Stanley yang terkenal. Livingstone, seorang misionaris Skotlandia, pergi ke Afrika pada tahun 1840-an dan menghabiskan tiga dekade menjelajahi pedalaman Afrika dan mendirikan pos-pos misionaris sepanjang jalan dari Afrika Tengah ke Tanjung Koloni di ujung selatan.

Ketika orang-orang di Inggris kehilangan kontak dengan Livingstone, jurnalis Henry Stanley menjadi sensasi berita ketika ia melakukan perjalanan ke Afrika dan menemukan Livingstone. Keduanya memicu minat terhadap Afrika dan yang lainnya, termasuk kaum imperialis.

Belgia adalah salah satu negara pertama yang mensponsori ekspedisi untuk mengembangkan kegiatan komersial, pertama mendirikan Negara Bebas Kongo di bawah arahan Raja Leopold II dari Belgia, dan akhirnya menjadikannya sebagai Kongo Belgia. Acara ini memicu Perebutan untuk Afrika, di mana Inggris, Perancis, Jerman, dan Italia bersaing dengan Belgia untuk tanah di Afrika.

Konferensi Berlin 1884-5, dalam upaya untuk menghindari perang, memungkinkan para diplomat Eropa untuk membuat garis pada peta dan mengukir Afrika menjadi koloni. Hasilnya adalah transformasi politik dan ekonomi Afrika, dengan hampir semua bagian benua dijajah pada 1900.

  1. Prancis di Aljazair

Adanya imperialisme juga terjadi di Aljazair dimana Prancis melakukan penjajahan yang terjadi dari tahun 1830 hingga 1962. Prancis dalam hal ini menggunakan kekuatan militer untuk menguasai wilayah tersebut dan mengeksploitasi sumber daya alamnya, terutama minyak dan gas alam. Penjajahan ini juga diiringi dengan penindasan dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap penduduk lokal.

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian imperialisme menurut para ahli, macam, tujuan, dampak, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga melalui materi ini bisa memberikan pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *