Ciri Penting dari Suatu Artefak dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Ciri Artefak

Bisa dikatakan bahwa salah satu kekayaan yang dimiliki negara Indonesia ialah kekayaan arkeologi yang diwariskan dari nenek moyang pada setiap masing-masing daerah di Indonesia. Setiap benda yang masuk dalam kategori peninggalan sejarah senantisa memberikan makna maupun jejak-jejak kebudayaan yang hingga saat ini masih bisa dilihat dengan baik. Beberapa benda peninggalan sejarah tersebut juga diberi nama atau istilah yaitu artefak dan fosil.

Adapun untuk artefak sendiri biasanya disebut juga sebagai warisan yang ditinggalkan pada masa kerajaan-kerajaan di zaman sejarah kala itu dengan ciri-ciri tertentu. Atas dasar inilah artefak dianggap memiliki peranan penting dalam mempelajari setiap arti sejarah yang ada.

Artefak

Artefak adalah benda maupun bahan alam yang terbuat dari tangan manusia dan wujudnya konkret, sehingga dengan artefak ini pula meninggalkan jejak-jejak buatan manusia yang berciri khas tidak berkurang atau bahkan tidak ada campr tangan teknologi proses pembuatannya.

Oleh karena alasan demikianlah maka artefak juga disebut sebagai wujud kebudayaan fisik yang berasal dari hasil aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia. Dimana artefak ini merupakan benda-benda yang bisa dilihat, diraba, dan di dokumentasikan. Adapun disisi lain beberapa benda-benda yang disebut artefak diantaranya yaitu mulai dari benda-benda yang berukuran besar, sedang, hingga kecil. Ada benda-benda yang berukuran sangat besar seperti candi, dan lain sebagainya.

Ciri Penting dari Suatu Artefak

Beberapa ciri artefak antara lain sebagai berikut;

  1. Terbentuk karena tangan manusia secara langsung

Artefak termasuk benda arkeologi yang begitu penting karena dapat memberikan pembelajaran pada manusia di zaman modern ini, pada khususnya untuk mengenal arti sejarah atau peristiwa yang pernah terjadi di masa sejarah dengan proses pembuatannya yang tidak ada campur tangan teknologi sama sekali.

  1. Bisa dipindahkan dengan tangan manusia

Ciri terpenting lainnya dari konsep artefak yaitu benda peninggalan sejarah ini bisa digerakan artinya dapat dengan mudah di pindahkan dengan tangan manusia itu sendiri tanpa harus menghancurkan atau merusaknya terlebih dahulu

  1. Bisa berupa tembikar

Artefak juga dianggap sebagai benda tembikar yang memiliki wujud nyata dan disebut sebagai wujud kebudayaan fisik yang mana benda ini sendiri berasal dari beberapa proses mulai dari aktivitas, perbuatan, dan juga karya semua manusia yang wujudnya dapat dilihat, diraba, dan di dokumentasikan.

  1. Artefak disebut pula sebagai peralatan kuno

Artefak adalah suatu peralatan yang bisa dianggap sebagai peninggalan bersejarah yang dibuat oleh tangan manusia dan dapat diubah kembali dengan tangan manusia itu pula serta bisa dipindahkan dengan mudah dengan pelatan-peralatan kuno.

  1. Bisanya berbentuk senjata

Disisi lain, biasanya artefak berbentuk senjata sehingga lebih umumnya ditaruh di lokasi museum yang bisa dilihat oleh banyak orang. Bahkan untuk masyarakat di masa sekarang tetap bisa mempelajari artefak yang pada kenyataannya berasal dari zaman sejarah dan tetap bisa diplajari untuk menambah wawasan banyak masyarakat itu sendiri.

Contoh Artefak

Adapun untuk contoh bentuk artefak, antara lain;

  1. Kapak Genggam

Kampak genggam yang juga dikenal senagai kapak perimbas adalah bentuk artefak yang berasal dari Indonesia, khususnya di wilayah Ngandong Jawa Timur. Kampak perimbas menjadi ciri khas zaman paleolitikum dalam pra sejarah.

Contoh Artefak
Kapak Genggam

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan ciri artefak dan contohnya yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *