Contoh Agresi di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Agresi

Pada hakekatnya agresi dimaknai sebagai tindakan yang telah disesuaikan atau diatur untuk mencapai tujuan yang sudah di rancang yaitu menyakiti makhluk hidup. Maka dari itu dalam istilah agresi itu sendiri ada yang namanya agresi manusia. Agresi manusia merupakan siksaan yang ditujukan kepada orang lain dan dilakukan dengan sengaja dari berbagai bentuk kekerasan.

Tapi yang pasti, jika orang lain melakukan kekerasan atau menyakiti manusia lain dengan tidak sengaja, maka perilaku tersebut tidak masuk dalam kategori perilaku agresi. Begitu pula dengan sebuah rasa sakit yang diakibatkan tidakan medis, juga bukan termasuk perilaku agresi. Sebaliknya, jika seseorang mempunyai niat untuk menyakiti orang lain akan tetapi usahanya tersebut tidak berhasil dilakukan, maka hal ini dapat dikatakan sebagai perilaku agresi.

Agresi

Agresi adalah segala tindakan atau sebuah perilaku, baik yang dilakukan secara fisik maupun verbal dengan cara sengaja maupun terencana dengan tujuan untuk merusak, menyakiti, dan menyengsarakan orang lain mulai dari individu ataupun kelompok manusia.

Kemudian, dalam psikologi serta ilmu sosial lainnya, agresi dianggap sebagai perilaku atau tindakan yang bertujuan untuk bisa membuat objeknya itu mengalami rasa kesakitan atau sebuah bahaya dalam diri seseorang yang bersangkutan.

Contoh Agresi

Beberapa jenis dan contoh agresi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain:

  1. Fisik

Agresi fisik adalah serangkaian bentuk agresi yang dilakukan melalui tindakan fisik dengan tujuan untuk melukai orang lain. Dalam hal inilah agresi dianggap suatu perilaku atau tindakan yang didalamnya terdapat niat untuk bisa menyakiti orang lain baik dilakukan secara fisik maupun psikologis.

Contoh bentuk agresi fisik dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja memukul, menendang, dan melukai orang lain dengan alasan ataupun tanpa adanya alasan yang dianggap jelas.

  1. Verbal

Agresi verbal adalah salah satu jenis agresi yang dilakukan dengan tujuan untuk bisa menyakiti perasaan orang lain dengan berbagai cara tindakan seperti mengganggu, menolak, serta mengancam dengan secara verbal. Atas dasar inipula agresi dianggap sebagai kecenderungan seseorang untuk melakukan tindakan kekerasan atau tindakan yang berujung pada sebuah tindakan yang merusak.

Adapun untuk contoh agresi verbal ini antara lain seperti membentak lawan bicara, mengumpat, mengancam, dan mengejek fisik seseorang.

  1. Kemarahan

Agresi kemarahan adalah emosi negatif dari sebuah bentuk ekspresi yang dikarenakan sebuah harapan yang tidak terpenuhi. Bentuk kemarahan ini bisa saja sampai menyakiti orang lain serta diri sendiri. Atas dasar inipula peristiwa yang terjadi secara kompleks dan bisa menimbulkan berbagai bentuk perilaku lainnya yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Adapun untuk contoh agresi kemarahan ialah memiliki rasa kesal, sebal, dan tidak bisa mengendalikan amarah dalam kehidupan.

  1. Hostility

Agresi hostility adalah tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh individu atau sekelompok maupun golongan manusia dengan memiliki niat untuk bisa melukai individu lain, baik secara fisik maupun psikologis. Sehingga prilaku  agresi yang memperlihatkan suatu kebencian, permusuhan, serta kemarahan pada orang lain.

Adapun contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja kemarahan umat Islam saat adanya kasus Karikatur Nabi Muhammad S.A.W di Prancis pada tahun 2020.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tindakan agresi ini bisa dilakukan secara verbal atau juga fisik. Akan tetapi agresi tersebut tidak sama dengan sebuah ketegasan, namun lebih mengarah pada suatu tindakan atau kondisi pengrusakan barang serta perilaku destruktif lainnya.

Sehingga atas dasar ini agresi adalah suatu tindakan atau perilaku yang berwujud fisik maupun verbal dan mempunyai tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk menyakiti, merugikan orang lain, dan setiap perilaku atau tindakan yang dilakukan ialah untuk melukai orang lain, baik secara fisik atau verbal dan bahkan bisa merusak harta benda.

Oleh karena itulah agresi dianggap sebagai cara yang dilakukan seseorang untuk dapat mengatasi segala bentuk perlawanan atau juga konflik dari pihak lain

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis dan contoh agresi di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *