Tujuan dan Fungsi Pembuatan Arca

Diposting pada

Fungsi dan Tujuan Arca

Perubahan sejarah yang terjadi dari masa ke masa tentunya memberikan dampak yang begitu banyak untuk manusia. Akibat tersebut contohnya saja seperti diterimanya perkembangan baru, kehidupan manusia menjadi lebih maju dengan adanya benda-benda peninggalan bersejarah yang bisa dipelajari.

Berbicara mengenai benda peninggalan yang ada pada zaman sejarah, maka salah satu benda yang cukup dikenal ialah arca. Perlu anda ketahui bahwa arca  merupakan  salah  satu  tinggalan  arkeologis  yang  banyak  ditemukan  di Indonesia.  Wujud atau bentuk dari sebuah arca ialah beragam, terutama  yang berasal dari  masa  klasik.  Macam arca juga begitu banyak dan dibedakan berdasarkan kedudukannya yaitu mulai dari arca yang  tidak ditempatkan  di  dalam  arti candi, arca yang ditempatkan di dalam garbagraha, arca yang berkedudukan sebagai Kuladewataatau Istadewata dan lain sebagainya.

Arca

Istilah arca ini diartikan sebagai sebuah produk seni dalam konteks kajian peradaban agama hindu-buddha di Indonesia. Arca juga disebut sebagai batuan yang dibentuk seperti patung, akan tetapi memiliki fungsi keagamaan yang begitu kuat. Maka dari itu tidak heran apabila benda peninggalan sejarah berupa arca ini seringkali dijadikan kepentingan dalam pemujaan dan penyembahan.

Selain itu, dalam agama hindu, arca juga seringkali dibuat untuk menggambarkan dewa-dewi besar. Salah satu contoh arca ialah Dewa Wisnu, Dewa Siwa, Dewi Saraswati, dan Dewi Durga. Dalam Agama Buddha sendiri, arca ternyata juga berfungsi untuk menggambarkan Boddhisatya, sang penggagas Agama Buddha.

Tujuan Arca

Tujuan pembuatan arca ini diantaranya ialah sebagai berikut ini;

  1. Sarana dalam memuja tuhan atau dewa-dewinya

Arca bukanlah sebuah patung biasa yang dibentuk dengan keindahan semata. Akan tetapi tujuan dibentuknya sebuah arca ialah digunakan sebagai sarana dalam memuja tuhan atau dewa-dewinya. Sebagai informasi pada zaman sejarah dahulu, belum ada perkembangan yang memberikan pemahaman pada manusia tentang sebuah agama.

Dengan demikian kemampuan serta kepercayaan yang ada pada diri manusia akan keyakinan penyembahan tuhan tersebut diletakan pada sebuah arca yang telah dibentuk dan dipercaya bahwa arca merupakan dewa-dewi yang bisa memberikan kebahagiaan dan keselamatan.

  1. Sebagai media keagamaan

Tujuan pembuatan arca yang selanjutnya ialah sebagai media keagamaan. Seperti yang sudah dijelaskan pada tulisan-tulisan diatas, bahwa arca merupakan wujud patung yang bukan hanya menampilkan nilai keindahan semata.

Akan tetapi sebuah arca yang telah dibentuk ini akan diilhami kemuliaan raja dan dianggap oleh masyarakat sebagai wujud dewa-dewinya yang harus disembah. Sehingga dengan begitu arca ini pula lah yang membawa manusia mulai mengenal kepercayaan namun belum sampai pada tahap perkembangan yang lebih maju.

  1. Merefleksikan dewa-dewi yang mereka sembah

Pembuatan arca juga bertujuan untuk merefleksikan dewa-dewi yang masyarakat sembah pada zaman sejarah dahulu.

Melalui wujud arca yang bisa dilihat secara nyata, maka masyarakat akan lebih percaya dan menganggap bahwa arca yang ada dihadapannya ialah dewa-dewi yang selama ini mengisi hati mereka untuk mengenal kepercayaan dan menyakini bahwa arca itulah yang membantu mereka dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan dalam hidup.

  1. Arca bertujuan untuk peningkatan sarana meditasi

Perlu anda ketahui bahwa arca juga memiliki tujuan untuk meningkatkan sarana meditasi. Arca yang dianggap sebagai wujud dari adanya dewa-dewi ini membuat masyarakat menganggap bahwa benda ini merupakan benda yang sakral dan dijadikan sebagai benda yang disembah dan sarana untuk meditasi.

Tujuannya agar masyarakat bisa lebih fokus dan meyakini bahwa dengan adanya wujud arca ini pula lah, mereka bisa mengenal dewa-dewinya. Maka dari itu pembuatan arca tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Melainkan harus penuh pemikiran yang matang dan dijadikan sebagai benda keagamaan.

Fungsi Pembuatan Arca

Sedangkan untuk fungsi pembuatan arca antara lain;

  1. Memberikan persembahan atau sesaji

Arca pada dasarnya memilik fungsi yaitu mampu memberikan persembahan atau sesaji. Artinya dengan adanya wujud arca yang jelas dan nyata ini, maka masyarakat bisa melakukan persembahan atau memberikan sesaji pada benda yang bisa dilihatnya secara konkret.

Maka dari itu arca ini sangat berfungsi sebagai media persembahan dalam sebuah kepercayaan masyarakat pada zaman dahulu.

  1. Sebagai perwujudan dewa atau dewi

Fungsi arca yang berikutnya yaitu dijadikan sebagai wujud dewa-dewi baik dari postur tubuh, atribut atau hal lain yang berpengaruh pada peningkatan sebuah kepercayaan dalam diri masyarakat. Artinya dengan wujud arca inilah maka masyarakat lebih menanamkan pada dirinya tentang adanya dewa-dewi yang perlu disembah.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa arca diartikan pula sebagai patung batu semata. Akan tetapi pada kenyataannya arca ada yang terbuat dari bahan-bahan logam seperti perunggu, emas, maupun perak. Sehingga dengan adanya pernyataan tersebut menjelaskan bahwa arca tidak harus terbentuk dari bahan batu, akan tetapi bisa dibuat dari bahan lainnya.

Sehingga dalam konsep inilah arca pada dasarnya bukan hanya sebuah patung biasa, akan tetapi benda tersebut sering dijadikan sebagai media agama. Artinya ialah digunakan sebagai sarana dalam memuja tuhan atau dewa-dewinya masyarakat yang dipercaya pada zaman sejarah. Arca juga berbeda dengan sebuah patung pada umumnya, apabila patung disebut sebagai hasil seni yang memiliki nilai keindahan tersendiri. Namun jika arca ialah patung yang tidak semata-mata hanya meningkatkan kualitas keindahannya saja, akan tetapi pembuatn arca ini tidaklah sesederhana membuat sebuah patung dan bisa memberikan fungsi yang begitu banyak.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan dan fungsi dari proses pembuatan arca beserta dengan contohnya di Indonesia. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *