Contoh Fakta Lunak dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Fakta Lunak Sejarah

Barangkali bagi sebagian orang yang mempelajari arti sejarah belum memahami dengan begitu baik mengenai fakta lunak dalam peristiwa tertentu. Hal ini wajar mengingat fakta bersifat lunak dianggap sebuah peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau harus benar-benar ada fakta yang kuat dan bisa dipercaya. Dimana cara tersebut bisa diperoleh melalui fakta lunak dalam sejarah ditambah dengan berbagai dukungan fakta-fakta sejarah lainnya.

Oleh karena itulah, yang pasti disini keberadaan fakta lunak amasih perlu dibuktikan dengan berbagai tambahan dukungan dari fakta-fakta lain, yang tujuannya yaitu agar sumber sejarah yang diungkapkan benar-benar asli dan tidak salah dari cerita kejadian yang sebenarnya.

Fakta Lunak dalam Sejarah

Fakta sejarah lunak adalah sumber informasi yang bisa memberikan penjelasan mengenai kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau. Akan tetapi tidak bisa hanya berdiri sendiri, karena ada beberapa kekurangan yang terdapat pada fakta tersebut.

Beberapa kekurangan tersebut contohnya seperti kurangnya kekuatan sumber sejarah dan fakta lunak belum bisa sepenuhnya menggambarkan kejadian atau peristiwa yang terjadi.

Contoh Fakta Lunak

Adapun untuk beberapa contoh yang termasuk dalam fakta lunak dalam peristiwa sejarah. Antara lain;

  1. Peristiwa supersemar

Perlu anda ketahui bahwa dalam peristiwa atau kejadian supersemar ini termasuk dalam jenis fakta lunak dalam sejarah karena ada banyak fakta-fakta yang dianggap tidak benar dan masih kurangnya sumber dukungan fakta-fakta sejarah lainnya.

Sehingga dengan demikian dari peristiwa supersmar pada sejarah ini banyak orang yang masih ragu untuk mempercayainya, bahkan hingga menimbulkan berbagai perdebatan.

  1. Peristiwa PKI

PKI merupakan kepanjangan daripada Partai Komunis Indonesia yang notebene ingin menjadikan Indonesia sebagai bagian daripada negara komunis yang bersistem ekonomis sosialis sebagaimana yang terjadi di Vietnem dan juga Rusia, China, Serta Korea Utara.

Perisitiwa dilarangnya PKI di Indonesia dalam pembantaian para jedral menjadi salah satu bentuk fakta lunak dalam sejarah, alasannya karena dalam berbagai sumber ada bermotif politik, tetapi sumber lain mengatakan bahwa itu merupakan proses penumpasan paham komunisme di Indonesia. Sehingga yang menajdi penggolongan dalam fakta lunak ialah dalangnya.

  1. Pembunuhan John F Kennedy

John F Kennedy merupakan salah satu Presiden Amerika yang cukup disegenai, apalagi prihal adanya kesetaraan ras antara kulit putih dan hitam di AS. John F Kennedy dibunuh pada tanggal 22 November 1963 yang akhirnya sampai saat ini dalang atas pembunuhan tersebut belum jelas.

  1. Penyiraman Air Keras Novel Baswedan

Pada tahun 2017 adalah salah satu perwistiwa yang tergolong dalam fakta lunak di Indonesia. Yakni terkait dengan penyiraman air keras oleh salah satu petinggi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), yaitu Novel Baswedan. Sampai saat ini banyak anggapan siapa yang melakukannya belum jelas, meski pihak kepolisian sudah menetapkan tersangkanya.

  1. Film Kera Sakti

Awal dekade tahun 2000-an ada salah satu film yang cukup fenomenal, yaitu film kerasaksi yang menceritakan terkait dengan perjuangan mencari kitab suci. Proses pencaraian kitab suci tersebut untuk pembuatan film sebagain orang meyakini bagian daripada sumber sejarah meski sebagian lainnya juga menggambarkan sebagai salah satu film fiksi.

  1. Pembunuhan Munir Said Thalib

Munir Said Thalib atau yang lebih dikenal sebagau Munir ialah salah satu aktifias HAM yang meninggal pada tahun 2004, tepatnya pada usia 38 Tahun. Munir meninggal karena diracun ketika berada dalam pesawat terbang, atas kasus siapa yang mercun tersebut sampai saat ini pelakunya masih belum menemui titik terang.

  1. Hilangnya Wiji Thukul

Wiji thukul merupakan salah satu penyair dan juga seseorang yang pro demokrasi. Beliau hilang dan sampai saat ini jenazah atau keberadannya belum ditemukan, adapun pelaku siapa pembunuhnya dan siapasaja pihak yang teribat masih gelab, alias belum ada titik terangnya.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh fakta lunak dalam peristiwa sejarah yang ada di Indonesia dan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *