Pengertian Sumber Sejarah, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Sumber Sejarah Adalah

Ketika kita ingin mempelajari arti sejarah, kita akan memperoleh informasi melalui buku teks, melalui internet, melalui media massa, atau sumber lainnya. Namun ketika kita diminta untuk membuat karya tulis bertema sejarah, apakah orang lain percaya dengan karya kita? Tentu saja orang lain meragukan. Karena ketika berbicara mengenai sejarah yang dibutuhkan adalah bukti. Bukti tersebut merupakan apa yang disebut sebagai sumber sejarah, yang artinya tulisan orang yang berada paada waktu dan tempat dimana peristiwa itu terjadi.

Karena setiap sejarah pasti memiliki peninggalan, peninggalan itulah yang dijadikan sumber dan dari sumber itulah yang dijadikan dasar untuk mengidentifikasi suatu peristiwa sejarah. Keberadaan sumber sejarah maka akan dapat membantu kita dalam mengetahui suatu kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Sumber Sejarah

Sejarah berasal dari bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ‘belajar atau mengetahui dengan penyelidikan. Sejarah biasanya didefinisikan sebagai studi masa lalu dari titik di mana ada sumber tertulis dan sebagainya.

Ketika berbicara mengenai sumber sejarah maka identik dengan peninggalan-peningalan zaman dahulu yang dapat dijadikan sebaga bahan untuk menyusun sejarah. Sehingga kita dapat mempelajari dan mengetahui apa yang telah terjadi pada masa lampau.

Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang diciptakan manusia pada masa lampau dan tersedia bagi kita baik berupa tulisan atau peninggalan-peninggalan lain untuk dapat  dijadikan bahan evaluasi bagi diri kita, misalnya mengenai sopan santun, kebiasaan dan bahasa. Sumber-sumber sejarah dijadikan dasar dari setiap penyelidikan sejarah. Dalam arti luas jumlah sumber sejarah tidak terbatas.

Namun, ada banyak variasi dalam jumlah sumber yang disimpan dari periode yang berbeda, yang secara langsung memengaruhi kelengkapan dan ketepatan pengetahuan sejarah. Sumber-sumber sejarah paling jarang adalah pada  periode primitif. Sumber-sumber tertulis adalah yang terpenting untuk mempelajari sejarah.

Pengertian Sumber Sejarah

Sumber sejarah juga dikenal sebagai bahan sejarah atau data sejarah merupakan sumber asli yang berisi informasi mengenai sejarah penting. Sumber-sumber ini adalah sesuatu yang memberi tahu kita tentang sejarah pada tingkat paling dasar dan sumber-sumber tersebut digunakan sebagai petunjuk untuk mempelajari sejarah.

Sedangkan, sumber-sumber sejarah, pada tingkat paling dasar, merupakan sesuatu yang memberi tahu kita tentang sejarah. Ini bisa berupa dokumen, gambar, rekaman suara, buku, film bioskop, program televisi atau objek atau segala jenis artefak dari periode tersebut yang menyampaikan informasi dapat dikualifikasikan sebagai sumber.

Secara sederhana sumber sejarah merupakan suatu media yang didalamnya berisi berbagai informasi tentang suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau. Informasi yang didapat dari sumber sejarah disebut dnegan fakta sejarah.

Pengertian Sumber Sejarah Menurut Para Ahli

Adapun definisi sumber sejarah menurut para ahli, antara lain:

  1. Moh. Ali, Sumber sejarah ialah sebagai segala sesuatu baik yang berwujud ataupun tidak berwujud yang berguna bagi penelitian sejarah sejak zaman purba sampai sekarang.
  2. Muh. Yamin, Sumber sejarah adalah sebagai kumpulan benda kebudayaan untuk membuktika sejarah.
  3. Encyclopedia, Sumber sejarah dapat didefinisikan semua materi yang secara langsung mencerminkan proses sejarah dan memberikan kesempatan untuk mempelajari kehidupan manusia dan masyarakat pada masa lalu.

Jenis dan Contoh Sumber Sejarah

Ada dua jenis sumber sejarah utama berdasarkan sifatnya yaitu  sumber primer dan sumber sekunder.

  1. Sumber Primer

Sumber primer adalah sesuatu yang berasal dari masa lalu. Artinya sumber sejarah tersebut dikisahkan atau ditulis oleh orang yang mengalami, menyaksikan ataupun mendengarkan secara langsung ketika peristiwa tersebut terjadi. Dalam sumber sejarah prmer memungkinkan peneliti memiliki hubungan sedekat mungkin dengan peristiwa yang terjadi pada periode waktu tertentu.

Hal itu bisa berupa kronik, sepotong tembikar, atau bahkan sepotong es gletser yang memberi kita data iklim tentang tingkat karbon atmosfer seribu tahun yang lalu. Sejarawan, dengan kemampuan terbaik mereka, bekerja dengan sumber primer untuk memahami masa lalu dengan caranya sendiri, bukan melalui lensa modern.

Sumber primer merupakan sumber yang belum diolah, artinya merupakan sumber asli yang berasal dari waktu atau zaman saat summber tersebut dbuat. Contoh sumber primer adalah dokumen atau artefak yang dibuat oleh saksi atau peserta dalam suatu peristiwa.

Itu termasuk buku harian, surat, situs arkeologi, fitur, transmisi lisan, prasasti batu, lukisan, rekaman suara wawancara, sejarah lisan, foto, artikel surat kabar, dokumen pemerintah, puisi, novel, drama, dan musik Bahkan peninggalan dan reruntuhan kuno.

Pengumpulan dan analisis sumber-sumber primer adalah pusat penelitian sejarah. Untuk dapat menentukan sumber sejarah primer maka sangat bergantung pada pernatanyaan spesifik dan konteks dari sumber yang diteliti.

  1. Sumber Sekunder

Sumber sekunder adalah karya yang mengomentari masa lalu. Biasanya ini adalah buku yang baru ditulis yang menggambarkan peristiwa masa lalu, sering ditulis oleh sejarawan atau sarjana terlatih yang dekat dengan periode waktu dan peradaban yang dimaksud. Sumber sekunder adalah buku tentang sejarah.

Para cendekiawan  akan menghabiskan banyak waktu dengan sumber-sumber sekunder seperti halnya mereka dengan sumber-sumber primer karena mereka berusaha untuk memahami bagaimana para cendekiawan  lain menafsirkan peristiwa-peristiwa yang tidak jelas dan mungkin tidak setuju dengan analisis mereka.

Sumber sekunder menganalisis pertanyaan ilmiah dan sering menggunakan sumber primer sebagai bukti. Ini mungkin termasuk buku sekolah dan artikel tentang satu topik. Terkadang ada yang lebih menarik daripada sumber utamanya.

Sebagai contoh, koin Romawi yang dibuat oleh Romawi adalah sumber primer  tetapi gambar koin Romawi yang dibuat pada tahun 2003 akan menjadi sumber sekunder. Contoh lain yaitu, sebuah buku yang ditulis tentang Tudor pada tahun 1525 akan menjadi sumber primer, tetapi sebuah buku yang ditulis tentang Tudor pada tahun 1995 akan menjadi sumber sekunder.

Mengubah bukti-bukti primer yang sulit untuk dipahami dan tersebar menjadi sumber-sumber sekunder yang masuk akal dan dapat dipahami merupakan tugas para sejarawan.

  1. Sumber Tersier

Sedangkan ada mengatakan selain sumber primer dan sekunder terdapat juga sumber tersier. Yaitu sumber  terakhir yang hanyalah penyulingan dan pengorganisasian informasi primer dan sekunder menjadi bahan referensi. Contoh dokumen tersier meliputi kamus, basis data, ensiklopedia, termasuk artikel yang sedang kalian baca ini.

Sumber Sejarah Berdasarkan Bentuknya

Selain itu sumber sejarah juga dikelompokkan berdasarkan bentuknya, antar lain  sebgai berikut:

  1. Sumber lisan

Sumber lisan merupakan sumber yang berasal dari penjelasan langsung dari orang-orang yang mengalami peristiwa tersebut.  Selian itu juga diperoleh dari kerabat atau orang-orang yang mengeathui peristiwa tersebut secara rinci. Contoh umber lisan adalah dengan melakukan wawancara kepada orang yang paham betul mengenai suatu peristiwa sejarah tersebut.

  1. Sumber Tulisan

Sumber tulisan merupakan sumber sejarah yang berasal dari keterangan tertulis atau ditemukan berupa catatan dari suatu peristiwa sejarah yang telah terjadi. Contohnya adalah dokumen, arti prasasti, naskah, surat kabar, laporan, dan lain sebagainya.

  1. Sumber Benda

Sumber benda merupakan sumber sejarah yang berasal dari peniggalan benda-benda pada suatu zaman atau dari peristiwa tertentu. Contohnya perkakas dari batu, candi, perhiasan, senjata, bangunan-bangunan, patung, dan lain sebagainya.

  1. Sumber Visual, Audio, Maupun Audiovisual

Pengertian dari masing-masing sumber sejarah tersebut, yaitu:

  1. Sumber visual, merupakan sumber sejarah berupa rekaman dari suatu peristiwa pada masa lampau yang di tampilkan menggunakan alat visual, misalnya foto.
  2. Sumber audio, merupakan sumber sejarah berupa rekaman suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau dengan menggunakan media suara, misalnya rekaman suara.
  3. Sedangkan sumber audio visual, merupakan gabangan dari keduanya, artiya suatu sumber sejarah yang menampilkan suatu peristiwa atau kejadian masa lampau dengan menggunakan media audio maupun visual, misalnya film dokumenter.

Manfaat Sumber Sejarah

Secara umum adanya sumber sejarah adalah memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Menjaga tradisi penulisan, Tradisi penulisan merupakan salah satu  hal yang sangat penting dalam sjarah manusia.
  2. Sadar arsip, Arsip merupakan rekaman suatu peristiwa atau kegiatan yang dikemas dalam berbagai bentuk misalnya dalam bentuk tulisan. Arsip dapat dijadikan sumber utama dalam penulisan sejarah dan mempermudah sejarawan untuk menulis sejara sejara lebih objektif terutama yang berhubungan dengan kenegaraan atau perusahaan.
  3. Peka terjadap sumber sejarah, Adanya sumber sejarah maka akan membuat orang lebih peka bahwa segala suatu saat ia akan membutuhkan sumber sejarah tertentu.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada kalian tentang adanya pengertian sumber sejarah menurut para ahli, jenis, manfaat, dan contohnya. Semoga saja memberikan pemahaman bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *