Contoh Tugu/Monumen/Patung di Indonesia

Diposting pada

Tugu, Patung dan Manumen

Tugu merupakan patung, bangunan, atau segala sesuatu yang dibuat untuk mengingat seseorang dalam peristiwa penting yang telah terjadi. Sehingga pembentuannya senantiasa mencirikan tujuan sebuah tugu yaitu untuk menunjukan sebuah nilai sejarah atau kultur (budaya) dari daerah tertentu. Atau dengan kata lain, sebuah tugu dibangun biasanya untuk menandai seorang tokoh, peristiwa, tradisi, atau kebudayaan.

Selain itu, tugu juga sering dirancang sebagai objek artistik untuk meningkatkan tampilan kota atau tempat. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis tugu, baik tugu yang dibuat untuk mengenang jasa pahlawan maupun tugu yang dibuat sebagai peringatan terhadap peristiwa tertentu. Salah satu contoh tugu yang ada di Indoensia misalnya Tugu Pahlawan yang dibangun untuk mengenang peristiwa pertemputran di Surabaya sejak akhir oktober sampai November 1945.

Tugu

Dalam Bahasa Inggris untuk istilah tugu disama artikan dengan monument. Hal ini berdasarkan pada kamus The New Oxford Illustrated Dictionary. Istilah tersebut bisa memiliki arti yaitu segala sesuatu yang sudah melalui ketahanan yang sangat lama digunakan untuk mengenang seseorang, kegiatan, atau kejadian yang sudah terjadi sebagai bagian arti sumber sejarah.

Arti kedua yang disebutkan dalam kamus tersebut yaitu pekerjaan atau hasil karya yang benilai kekal. Tugu disebut sebagai bangunan atau lokasi alamiah yang dilestarikan karena keindahan atau arti sejarahnya.

Tugu di Indonesia

Berikut ini adalah serangkaian bentuk contoh tugu yang ada di Indonesia, antara lain:

  1. Monas (Monumen Nasional)

Contoh Monumen Nasional
Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas atau Tugu Monas) merupakan monumen peringatan yang terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat dengan ketinggian ketinggiannya 132 meter atau 433 kaki. Tugu yang satu ini didirikan dengan tujuan mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan Monas dimulai pada tangga 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai oleh lidah api yang dilapisi lembaran emas sebagai perlambang semangat perjuangan yang menyala-nyala.

  1. Tugu Pahlawan Surabaya

Contoh Tugu
Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya merupakan tugu yang dibangun dengan tujuan untuk mengenang peristiwa pertemputran di Surabaya yang berlangsung sejak akhir bulan Oktober hingga bulan Novemnber 1945. Tugu yang dibangun dengan ketinggian 41 meter tersebut diresmikan pada tanggal 17 agustus 1952.

Peristiwa tersebut merupakan peristiwa besar bagi masyarakat Surabaya pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya. Ketika itu, Rakyat Surabaya dengan semangat yang berapi-api, berusaha untuk mempertahankan kota mereka dari pasukan Inggris yang mencoba merebutnya.

  1. Tugu Peringatan Proklamasi Kemerdakaan

Contoh Tugu Peringatan Proklamasi Kemerdakaan
Tugu Peringatan Proklamasi Kemerdakaan

Tugu yang satu ini terletak di di daerah Serpong Tanggerang Selatan, Banten. Tugu ini sendiri didirikan sebagai peringatan terhadap peristiwa proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945 dan didirikan pada tanggal 27 Desember 1949.

  1. Tugu Monumen Perjuangan

Contoh Tugu Monumen Perjuangan
Tugu Monumen Perjuangan

Tugu monumen perjuangan merupakan tugu yang terletak di sekitar alun-alun Kota Serang. Tugu yang satu ini dibuat berstrukturkan dengan Tugu Patung Tentara Indonesia dengan sebuah bangunan yang menyerupai tiang di belakangnya serta burung garuda yang menempel di tiang tersebut.

Tugu Monumen Perjuangan dibangun dengan tujuan untuk mengenang perjuangan masyarakat Banten dalam melawan penjajah dengan menjunjung lambang Negara untuk menambah semangat juangnya.

  1. Tugu Pecel

Contoh Tugu di Madiun
Tugu Pecel di Madiun

Tugu yang berbentuk orang berjualan pecel ini terletak di Madiun, Jawa Timur. Tak heran jika tugu tersebut dibangun di wilayah tersebut karena memang selain Blitar dan Kediri, kota di Jawa Timur yang terkenal akan kuliner pecelnya adalah Madiun.

  1. Tugu Knalpot

Contoh Tugu di Purbalingga
Tugu Knalpot

Tugu knalpot merupakan tugu yang didesain unik dengan bentuk patung  patung knalpot atau alat buang gas kendaraan bermotor. Tugu yang satu ini terletak di Purbalingga, tepatnya di persimpangan Jalan D.I. Panjaitan, Jalan Padamara, dan Jalan A.W. Sumarmo. Hal itu memang sebagai penanda bahwa kawasan ini terkenal akan produksi knalpotnya.

  1. Tugu Fotokopi

Contoh Tugu Sumatra Barat
Tugu Fotokopi

Tugu Fotokopi terdapat di Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Tugu yang satu ini dibuat lantaran sebagian besar masyarakat di wilayah tersebut berbisnis fotokopi. Menurut pendapat mereka, usaha fotokopi itulah yang membuat perekonomian setempat menjadi terangkat. 

  1. Tugu Keran Melayang

Tugu Keran Melayang
Tugu Keran Melayang

Tugu Keran Melayang terletak di Kota Pati, Jawa Tengah, tepatnya di jalur Pantura Kudus – Pati. Patung keran tersebut dibuat seolah-olah melayang sehingga mampu menipu mata. Sebenarnya, air yang keluar dari patung tersebutlah yang membuatnya terlihat melayang. Apabila aliran air dihentikan, maka akan terlihat tiang penyangga keran.

  1. Tugu Kopiah Emas

Contoh Tugu di Lampung
Tugu Kopiah Emas

Tugu Kopiah Emas terletak di Taman Budaya Lampung Tengah yang berlokasi di Kecamatan Gunung Sugih. Tugu ini dibuat sebagai simbol menyimbolkan tutup kepala busana adat Lampung. Tugu ini berdiri bersebelahan dengan Tugu Pengantin.

  1. Tugu Setum

Contoh Tugu Setum
Tugu Setum

Tugu Setum terletak di Subang, Jawa Barat, tepatnya di bundaran Jalan Darmodiharjo dan Jalan K.S. Tubun. Tugu ini dibangun pada Januari 2015 lalu, bentuknya yaitu tandem roller.

Akan tetapi, tugu yang sebenarnya unik ini menuai kontroversi di kalangan penduduk setempat, karena, banyak yang mempertanyakan mengapa tandem roller dapat menjadi ikon kota Subang. Oleh sebab itu, tugu ini akan diganti dengan bangunan lain.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh tugu/monumen/patung yang ada di Indonesia beserta lokasi. Semoga bisa memberikan edukasi serta pengetahuan bagi semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *