Pengertian Zaman Tembaga, Ciri, dan Contoh Peninggalannya

Diposting pada

Zaman Tembaga Adalah

Zaman tembaga adalah periode waktu antara neolitik dan Zaman Perunggu. Zaman ini juga dinamai Khalkolithik. Pada Zaman Perunggu, orang menambahkan timah ke tembaga untuk membuat perunggu, paduan yang jauh lebih sulit daripada timah atau tembaga. Selama Zaman Tembaga, fakta ini mulai dikenal, tetapi tidak banyak digunakan karena timah langka.

Budaya Vinca adalah yang pertama mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk memproses tembaga, pada akhir milenium ke-6 SM. Beberapa contoh senjata bermata seperti pisau, pedang, ujung tombak, dan kapak terbuat dari tembaga, demikian pula bros, pin, kotak sabuk dan bejana untuk makanan dan minuman juga banyak yang dibuat dari tembaga.

Zaman Tembaga

Pada satu titik, semua masyarakat manusia bergantung pada teknologi alat batu. Akhirnya, beberapa budaya ini memulai proses pengembangan pertanian, masih dengan alat-alat batu, yang kita sebut periode Neolitik, atau Zaman Batu Baru.

Kemudian, banyak masyarakat menemukan perunggu, yang memulai apa yang oleh para sejarawan disebut Zaman Perunggu. Transisi dari Neolitik ke Zaman Perunggu membuat masyarakat melakukan eksperimen, mengalami kegagalan, dan menciptakan inovasi, sehingga membuat masyarakat yang benar-benar bergantung pada alat-alat perunggu.

Periode antara Neolitikum akhir dan Zaman Perunggu awal, di mana masyarakat manusia mulai bereksperimen dengan alat-alat logam dan perlahan-lahan mengatur kembali masyarakat mereka, disebut periode Khalkolithik. Seperti Zaman Batu dan Zaman Perunggu, itu juga dinamai berdasarkan bahan yang mengubah segalanya.

Zaman Tembaga adalah masa perubahan sosial dan budaya yang mendalam. Perlu dicatat bahwa tidak semua masyarakat memulai proses ini pada saat yang sama, atau dengan cara yang sama. Beberapa tidak pernah mengadopsi logam sama sekali. Namun, banyak dari perubahan ini pertama kali terjadi di sekitar Mediterania timur. Kisah ini dimulai sekitar akhir milenium ke-5 SM.

Iklim, yang sangat bagus untuk pertanian, menjadi lebih kering, dan banyak masyarakat kembali ke gaya hidup pemburu-pengumpul. Dengan domestikasi hewan yang telah terjadi, banyak juga beralih ke peternakan pastoral daripada pertanian tanaman. Semua ini membawa orang ke dalam persaingan ketat untuk sumber daya dan mendorong eksperimen dengan bahan-bahan baru untuk alat yang lebih efisien.

Dua logam tiba-tiba menjadi kandidat yang menarik, yang pertama adalah emas. Emas indah dan mudah dikerjakan, tetapi sangat lunak dan tidak bagus untuk alat; jadi, orang menggunakannya untuk perhiasan.

Namun, emas sering ditemukan bersama mineral lain, yaitu tembaga. Tembaga relatif mudah dipanaskan dan bisa dibuat dalam berbagai bentuk, tetapi jauh lebih kuat daripada emas yang pernah didinginkan.

Zaman Tembaga sejati dianggap telah berlangsung dari sekitar 3500 hingga 2300 SM. Selama masa ini, masyarakat manusia mulai banyak menggunakan tembaga untuk berbagai alasan. Mereka menggunakannya untuk membuat alat logam untuk pertanian, konstruksi, dan aspek kehidupan sehari-hari lainnya.

Mereka masih menggunakan alat-alat batu juga, tetapi logam menjadi cukup menarik. Mereka juga menggunakan tembaga untuk senjata, untuk mempertahankan sumber daya mereka di era kompetisi ini. Para pejuang dengan cepat naik ke puncak masyarakat sebagai pelindung desa yang elit dan dihormati.

Pengertian Zaman Tembaga

Zaman Tembaga yang panjangnya 1.000 tahun juga dikenal sebagai Periode Khololitik. Itu berlangsung sekitar 4500 SM-3500 SM, tumpang tindih dengan Zaman Perunggu awal. Kata Khalkolithik berasal dari kata Yunani “chalco” (tembaga) dan “lithos” (batu). Ornamen tembaga tertua berasal dari sekitar 8700 SM, dan itu ditemukan di Irak utara saat ini.

Zaman Tembaga juga dikenal sebagai Eneolitik atau Aeneolitik (dari bahasa Latin “aeneus” yang artinya “tembaga”, merupakan adalah periode arkeologis yang biasanya peneliti anggap sebagai bagian dari Neolitik yang lebih luas (walaupun para ahli pada awalnya mendefinisikannya sebagai transisi antara Neolitik dan Zaman Perunggu).

Ada bukti untuk peleburan tembaga dan pemulihan melalui pemrosesan perunggu dan azurit di berbagai belahan dunia sejak 5000 SM. Pipa tembaga yang digunakan untuk membawa air, berasal dari sekitar 2700 SM, ditemukan di salah satu piramida Mesir.

Nama latin untuk tembaga adalah Cuprum (Cu). Dipercaya bahwa itu berasal dari pulau Siprus di mana orang Romawi biasa menambang tembaga dari tambang tembaga yang kaya. Tembaga dibuat menjadi alat dan emas dibuat menjadi ornamen sekitar 6.000 tahun yang lalu, 3.000 tahun sebelum kekaisaran Yunani dan Romawi.

Tembaga adalah logam pertama yang dikerjakan oleh manusia dalam skala yang relatif besar sebagian karena ditemukan dalam “batang logam murni besar dalam keadaan alami” di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia.

Pengertian Zaman Tembaga Menurut Para Ahli

Adapun definisi Zaman Tembaga menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins English Dictionary

Zaman Tembaga adalah sebuah fase dalam arti sejarah dimana beberapa budaya manusia antara Zaman Batu dan Zaman Perunggu, yang ditandai dengan pengenalan dan pengembangan alat dan senjata tembaga: di Dunia Lama fase ini umumnya dianggap sebagai bagian dari Zaman Perunggu mereka.

  1. Your Dictionary

Zaman Tembaga adalah sebuah fase dalam beberapa budaya manusia antara Zaman Batu dan Zaman Perunggu, yang ditandai dengan pengenalan dan pengembangan alat dan senjata tembaga.

Ciri Zaman Tembaga

Karakteristik Zaman Tembaga bisa dilihat dari beberapa aspek berikut ini, antara lain:

  1. Gaya Hidup pada Zaman Khalkolithik

Karakteristik pengidentifikasi utama dari periode Khalkolithik adalah tembikar yang dicat polikrom.  Bentuk keramik yang ditemukan di situs Khalkolithik termasuk “tembikar fenestrasi”, pot dengan bukaan yang memotong dinding, yang mungkin telah digunakan untuk membakar dupa, serta guci penyimpanan besar dan guci penyajian dengan cerat.

Alat-alat batu termasuk kapak, pahat, cukit dan alat-alat dari batu terkelupas dengan lubang kecil di tengah. Peternak pada zaman ini biasanya memelihara hewan domestik seperti kambing domba, sapi, dan babi, makanan diperoleh dengan cara berburu dan memancing. Susu dan produk samping susu penting, demikian pula pohon buah-buahan (seperti ara dan zaitun).

Tanaman yang ditanam oleh petani Khalkolithik termasuk jelai, gandum, dan kacang-kacangan. Sebagian besar barang diproduksi dan digunakan secara lokal, tetapi masyarakat Khalkolithik berkecimpung dalam perdagangan jarak jauh dengan patung-patung hewan sarat, bijih tembaga dan perak, mangkuk basal, kayu, dan resin.

  1. Gaya Rumah dan Pemakaman

Rumah-rumah yang dibangun oleh petani Khalkolithik dibangun dari batu atau bata lumpur. Satu pola karakteristik adalah bangunan berantai, deretan rumah persegi panjang yang terhubung satu sama lain dengan dinding penyokong yang pendek di bagian ujungnya.

Sebagian besar rantai panjangnya tidak lebih dari enam rumah, membuat para peneliti mencurigai bahwa mereka mewakili keluarga petani besar yang tinggal berdekatan.

Pola lain, terlihat di pemukiman yang lebih besar, adalah seperangkat kamar di sekitar halaman tengah, yang mungkin telah memfasilitasi semacam pengaturan sosial yang sama. Tidak semua rumah dalam rantai, tidak semua bahkan persegi panjang: beberapa rumah trapesium dan bundar telah diidentifikasi.

Gaya pemakaman sangat bervariasi dari satu kelompok ke kelompok lain, dari penguburan tunggal hingga penguburan berbentuk guci hingga osuarium di atas tanah yang berbentuk kotak dan bahkan makam batu. Dalam beberapa kasus, praktik pemakaman sekunder mencakup disintermentasi dan penempatan pemakaman yang lebih tua ke dalam kubah keluarga atau klan.

  1. Teleilat Ghassul

Situs arkeologi Teleilat Ghassul adalah situs Khalkolithik yang terletak di Lembah Yordan sekitar 80 kilometer timur laut Laut Mati. Digali pertama kali pada tahun 1920 oleh Alexis Mallon, situs ini berisi beberapa rumah bata-lumpur yang dibangun mulai sekitar 5000 SM.

Penggalian baru-baru ini dipimpin oleh Stephen Bourke dari Unversity of Sydney. Teleilat Ghassul adalah jenis situs untuk versi lokal dari periode Khalkolithik, yang disebut Ghassulian, yang ditemukan di seluruh Levant.

Beberapa mural polikrom dilukis di dinding bagian dalam bangunan di Teleilat Ghassul. Salah satunya adalah susunan geometris yang rumit yang tampaknya merupakan kompleks arsitektur yang dilihat dari atas.

Beberapa cendekiawan telah mengusulkan bahwa itu adalah gambar area tempat kudus yang terletak di sebelah tepi barat daya situs. Skema itu tampaknya mencakup halaman, jalan setapak yang mengarah ke rumah gerbang, dan bangunan beratap jerami berdinding bata yang dikelilingi oleh batu atau platform dari lumpur-bata.

  1. Lukisan Polikrom 

Rencana arsitektur bukan satu-satunya lukisan polikrom di Teleilat Ghassul: ada adegan “Prosesi” yang terdiri dari individu berjubah dan bertopeng yang dipimpin oleh sosok yang lebih besar dengan lengan terangkat.

Jubah adalah tekstil kompleks berwarna merah, putih dan hitam dengan jumbai. Seorang individu memakai topi baja kerucut yang mungkin bertanduk, dan beberapa sarjana menafsirkan ini berarti ada kelas spesialis imam di Teleilat Ghassul.

Mural “Nobles” menunjukkan deretan sosok duduk dan berdiri menghadap sosok yang lebih kecil yang diposisikan di depan bintang merah dan kuning. Mural-mural itu dicat ulang hingga 20 kali pada lapisan plester kapur, mengandung desain geometris, figuratif, dan naturalistik dengan berbagai warna berbasis mineral, termasuk merah, hitam, putih dan kuning.

Lukisan-lukisan itu mungkin awalnya juga memiliki biru (azurit) dan hijau (malahit) juga, tetapi pigmen-pigmen itu bereaksi buruk dengan kapur dan jika digunakan tidak lagi diawetkan.

Beberapa contoh situs Khololitik, diantaranya yaitu Be’er Sheva, Israel; Chirand (India); Los Millares, Spanyol; Tel Tsaf (Israel), Krasni Yar (Kazakhstan), Teleilat Ghassul (Jordan), Areni-1 (Armenia).

Contoh Zaman Tembaga

Salah satu contoh alat yang dikembangkan pada Zaman Tembaga adalah;

  1. Kapak Tembaga (Copper Axes)

Kapak tembaga Italia berusia 5.300 tahun yang dilengkapi dengan bilah yang dibawa oleh pemburu Neolitik Manusia Es Otzi (Otzi the Iceman) ditemukan di Swiss. Kepala kapak tembaga kuno yang ditemukan di Swiss tersebut menjelaskan hubungan Zaman Tembaga di seluruh Eropa.

Otzi – mumi tertua di Eropa-dipukul di kepalanya dengan panah 5.300 tahun yang lalu dan dibiarkan mati di celah gunung yang tinggi di Pegunungan Alpen. Mayatnya ditemukan membeku di gletser 25 tahun yang lalu, dan para ilmuwan telah mempelajari alat-alatnya, tato, makanan dan DNA untuk menyelidiki bagaimana dia hidup.

Otzi membawa busur yang terawat baik, panah dan kapak tembaga ketika dia meninggal, dan pada bulan Juli para ilmuwan mengungkapkan pedangnya dibuat di Tuscany selatan. Sekarang para ilmuwan telah meluncurkan pisau kapak tembaga berusia 5.300 tahun yang dibuat di wilayah yang sama, yang ini ditemukan di kaki utara Pegunungan Alpen.

Tuscany terletak ratusan mil dari pegunungan tempat Otzi dan mata pisau baru ditemukan, dan tetap menjadi misteri mengapa kapak datang dari tempat yang begitu jauh.

Itulah bahasna yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian zaman tembaga menurut para ahli, ciri, dan contoh peninggalan-peningalannya. Semoga memberikan wawasan atas pengetahuan terhadap artikel yang telah kami selesaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *