Pengertian Revolusi, Macam, dan 2 Contohnya

Diposting pada

Revolusi Adalah

Revolusi adalah peristiwa atau proses historis yang menghasilkan perubahan mendasar dalam cara struktur masyarakat atau sistem politik. Banyak perubahan sosial dan politik yang berbeda dapat disebut “revolusi,” dan tidak ada satu cara yang benar untuk mengkategorikannya. Namun, masih penting untuk memiliki gagasan umum tentang jenis revolusi apa yang telah terjadi dalam arti sejarah.

Sebagai sebuah proses historis, “revolusi” mengacu pada sebuah gerakan untuk menggulingkan rezim lama dan menghasilkan perubahan total dalam lembaga-lembaga fundamental masyarakat. Sebagai contoh, setelah Revolusi Perancis abad ke-18 yang menggulingkan monarki dan berusaha mengubah masyarakat dari atas ke bawah, revolusi menjadi identik dengan radikal yang mengatasi masa lalu. Modernitas, banyak yang mulai percaya, hanya dapat dicapai melalui transformasi yang penuh kekerasan dan total.

Revolusi

Dalam ilmu politik, revolusi adalah perubahan mendasar dan relatif tiba-tiba dalam kekuatan politik dan organisasi politik yang terjadi ketika penduduk memberontak melawan pemerintah, biasanya karena penindasan yang dirasakan (politik, sosial, ketidakmampuan ekonomi) atau politik.

Dalam buku V of the Politics, filsuf Yunani Kuno Aristoteles (384-322 SM) menggambarkan dua jenis revolusi politik:

  1. Perubahan total dari satu konstitusi ke konstitusi lainnya
  2. Modifikasi konstitusi yang ada.

Revolusi telah terjadi sepanjang sumber sejarah manusia dan sangat bervariasi dalam hal metode, durasi, dan ideologi yang memotivasi. Hasil revolusi termasuk perubahan besar dalam budaya, ekonomi dan institusi sosial-politik, biasanya sebagai tanggapan terhadap otokrasi atau plutokrasi yang dirasakan luar biasa.

Debat ilmiah tentang apa yang merupakan dan tidak merupakan pusat revolusi pada beberapa masalah. Studi awal revolusi terutama menganalisis peristiwa dalam sejarah Eropa dari perspektif psikologis.

Akan tetapi penyelidikan yang lebih modern mencakup peristiwa global dan menggabungkan perspektif dari beberapa ilmu sosial, termasuk sosiologi dan ilmu politik. Beberapa generasi pemikiran ilmiah tentang revolusi telah menghasilkan banyak teori yang bersaing dan berkontribusi banyak pada pemahaman saat ini tentang fenomena kompleks ini.

Revolusi penting selama abad-abad berikutnya termasuk penciptaan Amerika Serikat melalui Perang Revolusi Amerika (1775–1783), Revolusi Perancis (1789–1799), perang kemerdekaan Amerika-Spanyol (1808–1826), Revolusi Eropa tahun 1848, Revolusi Rusia pada tahun 1917, Revolusi Tiongkok tahun 1940-an, Revolusi Kuba pada tahun 1959, Revolusi Iran pada tahun 1979, dan Revolusi Eropa tahun 1989.

Pengertian Revolusi

Kata “revolucion” dikenal dalam bahasa Prancis pada abad ke-13, dan “revolution” dalam bahasa Inggris pada akhir abad keempat belas, sehubungan dengan gerakan berputarnya benda langit. “Revolusi” dalam arti mewakili perubahan mendadak dalam tatanan sosial dibuktikan pada tahun 1450. Penggunaan politis dari istilah ini telah mapan pada 1688 dalam deskripsi penggantian James II dengan William III. Insiden ini disebut “Revolusi Glorious”.

Sebagaimana yang tertera dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, revolusi ialah perubahan ketatanegaraan (pemerintahan atau keadaan sosial) yang dilakukan dengan cara kekerasan (seperti dengan perlawanan bersenjata). Atau secara sederhana, revolusi bisa diartikan sebagai perubahan yang cukup mendasar dalam suatu bidang.

Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli         

Adapun definisi revolusi menurut para ahli, antara lain:

  1. Koentjaraningrat, Revolusi adalah sebagai usaha untuk dapat hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.
  2. Selo Soemardjan, Pengertian revolusi ialah sebagai setiap perubahan yang terjadi dalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat, yang berpengaruh terhadap sistem sosial, termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok elf di masyarakat.
  3. Wijoyo Nitisastro, Makna revolusi yaitu sebagai proses transformasi total dari kehidupan tradisional bersama-sama teknologi yang baik (pra-modern) dalam arti organisasi sosial untuk pola ekonomi dan politik.
  4. Harold Rosenberg, Pengertian revolusi adalah sebagai tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sejauh apa dan bagaimana erosi tempat-tempat umum properti pedesaan.
  5. Kingsley Davis, Revolusi dapat didefinisikan sebagai perubahan sosial yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

Macam Revolusi

Ada banyak tipologi revolusi yang berbeda dalam ilmu sosial dan sastra, diantaranya yaitu:

  1. Alexis de Tocqueville

Membedakan macam-macam revolusi antara lain:

  1. Revolusi politik, revolusi mendadak dan keras yang berupaya tidak hanya untuk membangun sistem politik baru tetapi untuk mengubah seluruh masyarakat, dan;
  2. Transformasi lambat namun menyeluruh dari seluruh masyarakat yang membutuhkan beberapa generasi untuk terjadi (seperti perubahan dalam agama).
  1. Marxis

Salah satu dari beberapa tipologi Marxis membagi revolusi menjadi:

  1. Pra Kapitalis
  2. Borjuis Awal
  3. Borjuis
  4. Borjuis Demokratik
  5. Proletar Awal
  6. Sosialis
  1. Charles Tilly

Charles Tilly, seorang sarjana revolusi modern, membedakan revolusi diantara yaitu:

  1. Coup d’etat (perebutan kekuasaan top-down)
  2. Perang sipil
  3. Pemberontakan, dan
  4. “Revolusi besar” (revolusi yang mengubah struktur ekonomi dan sosial serta lembaga-lembaga politik, seperti Revolusi Perancis 1789, Revolusi Rusia 1917, atau Revolusi Islam Iran).
  1. Mark Katz

Mark Katz mengidentifikasi enam bentuk revolusi;

  1. Revolusi pedesaan
  2. Revolusi perkotaan
  3. Kudeta, misalnya Mesir, 1952
  4. Revolusi dari atas, misalnya Lompatan besar Mao ke depan tahun 1958
  5. Revolusi dari luar, misalnya invasi sekutu Italia, 1944 dan Jerman, 1945.
  6. Revolusi oleh osmosis, misalnya islamisasi bertahap dari beberapa negara.

Kategori-kategori tersbeut tidak saling eksklusif (terpisah dari yang lain), misalnya revolusi Rusia pada tahun 1917 yang dimulai dengan revolusi perkotaan untuk menggulingkan Tsar, kemudian diikuti oleh revolusi pedesaan, diikuti oleh kudeta Bolshevik pada bulan November.

  1. Katz

Katz juga membagi revolusi berdasarkan lintas klasifikasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Pusat; negara, biasanya kekuatan besar, yang memainkan peran utama dalam gelombang Revolusi; misalnya Uni Soviet, Jerman Nazi, Iran sejak 1979.
  2. Revolusi yang menginspirasi (Aspiring revolutions), yang mengikuti revolusi Pusat
  3. Revolusi bawahan atau boneka
  4. Revolusi saingan, misalnya komunis Yugoslavia, dan Cina setelah 1969

Dimensi selanjutnya dari tipologi Katz adalah bahwa revolusi menentang (anti-monarki, anti-diktator, anti-komunis, anti-demokrasi) atau untuk (pro-fasisme, komunisme, nasionalisme, dan lain-lain). Dalam kasus-kasus terakhir, periode transisi seringkali diperlukan untuk memutuskan arah yang diambil.

Jenis-jenis revolusi lain, dibuat untuk tipologi lain, termasuk revolusi sosial; revolusi proletar atau komunis (terinspirasi oleh ide-ide Marxisme yang bertujuan untuk menggantikan kapitalisme dengan Komunisme); revolusi yang gagal atau gagal (revolusi yang gagal mendapatkan kekuasaan setelah kemenangan sementara atau mobilisasi skala besar); atau revolusi kekerasan vs non-kekerasan.

Selain dalam konteks politik, istilah revolusi juga telah digunakan untuk menunjukkan terjadinya perubahan besar di luar bidang politik. Revolusi seperti itu biasanya diakui telah berubah dalam masyarakat, budaya, filsafat, dan teknologi lebih dari sistem politik; mereka sering dikenal sebagai revolusi sosial.

Beberapa perubahan tersebut dapat bersifat global, sementara yang lain terbatas pada satu negara. Salah satu contoh klasik dari penggunaan kata revolusi dalam konteks semacam itu adalah Revolusi Industri, Revolusi Ilmiah atau Revolusi Komersial.

Syarat Terjadinya Revolusi

Terjadinya revolusi harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya yaitu:

  1. Adanya keinginan umum untuk melakukan suatu perubahan, artinya dalam masyarakat harus ada perasaan tidak puas pada kondisi yang ada. Selain itu dalam masyarakat harus ada keinginan untuk mencapai perbaikan serta perubahan keadaan.
  2. Adanya salah satu orang atau sekelompok orang yang mampu memimpin masyarakat.
  3. Pemimpin tersebut bisa menampung keinginan-keinginan masyarakat yang menginginkan perubahan. Selain itu, pemimpin harus mampu merumuskan serta menegaskan rasa tidak puas dari masyarakat untuk dijadikan program dan arah bagi gerak masyarakat.
  4. Pemimpin tersebut harus bisa menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat. Hal itu berarti bahwa tujuan tersebut bersifat konkret dan bisa dilihat oleh masyarakat. Selain itu, dibutuhkan juga suatu tujuan yang abstrak, misalnya perumusan suatu ideologi.
  5. Adanya momentum untuk melakukan revolusi, yaitu suatu kondisi saat semua keadaan baik untuk memulai gerakan revolusi. Jika momentum (pemilihan waktu yang tepat) yang dipilih keliru, maka revolusi bisa mengalami kegagalan.

Contoh Revolusi

Contoh terjadinya revolusi ditinjau dari segi aspek yang mengalami perubahan, diantaranya yaitu:

  1. Ekonomi

Perubahan revolusioner juga dapat mempengaruhi sistem ekonomi dalam suatu masyarakat. Contoh paling terkenal adalah Revolusi Industri, yang dimulai di Inggris pada akhir 1700-an.

Ketika metode tradisional untuk memproduksi barang-barang dengan tangan dan melalui tenaga manusia langsung digantikan oleh pabrik-pabrik dan mesin-mesin, ekonomi Inggris, Eropa dan kemudian seluruh dunia berubah secara radikal.

Contoh lain adalah “Revolusi Hijau” abad ke-20, ketika kemajuan teknologi membawa peningkatan besar pada produksi pertanian dunia, membuat makanan lebih murah di negara maju tetapi gagal mengakhiri kelaparan dunia.

  1. Sosial dan Budaya

Revolusi politik dapat membawa perubahan sosial besar, seperti Revolusi Perancis, tetapi transformasi masyarakat lainnya terpisah dari perubahan dalam struktur pemerintahan. Misalnya, Reformasi Protestan, ketika banyak denominasi Kristen saat ini berpisah dari Gereja Katolik, dapat digambarkan sebagai sebuah revolusi.

Suatu jenis transformasi budaya yang berbeda terjadi di AS yang menatap tahun 1960-an dengan apa yang disebut “Revolusi Seksual,” yang menggantikan moralitas seksual tradisional yang ketat dengan budaya modern di mana seks di luar pernikahan, kontrasepsi dan peran hubungan yang setara untuk pria dan wanita semuanya umum dan di tempat terbuka.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian revolusi menurut para ahli, macam, syarat, dan contohnya. Semoga bisa memberikan edukasi dan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *