Tujuan Periodisasi dalam Sejarah

Diposting pada

Tujuan Periodisasi dalam Sejarah

Periodisasi merupakan suatu unsur kata yang berkaitan dengan waktu. Sedangkan waktu sendiri dalam arti sejarah sangat penting karena dengan waktu atau periodisasi tersebut terdapat klasifikasi dalam ilmu sejarah yang menghasilkan pembagian zaman, periode, babakan waktu, ataupun masa.

Selain itu pada periodisasi juga diadakan serialisasi rangkaian babakan berdasarkan peristiwa zaman yang terjadi pada saat itu dengan runtut. Sebagai informasi bahwa sejarah dibagi-bagi menjadi zaman-zaman dengan cirinya masing-masing. Setidaknya dengan adanya tujuan periodisasi inilah maka ikhtisar sejarah yang ada di dalamnya dapat diungkapkan dan dikenali jiwa atau semangat setiap zamannya  masing-masing.

Periodisasi

Periodisasi adalah suatu hal yang berkaitan tentang pembabakan dalam peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau. Umumnya periodisasi sejarah ini dikategorikan berdasarkan setiap kejadian yang bersifat nyata atau actual.

Selain itu dengan adanya periodisasi ini pula maka bisa digunakan untuk tinjauan menyeluruh terhadap peristiwa – peristiwa yang terjadi. Namun dalam periodisasi ini ada kelemahannya yaitu tidak mampu mengungkapkan corak yang khas zaman-zaman yang ditinjau.

Tujuan Periodisasi

Beberapa tujuan periodisasi yang ada di dalam sejarah, antara lain;

  1. Melakukan penyederhanaan

Dengan adanya periodisasi maka akan diperoleh tujuan yang penting yaitu bisa dilakukan penyederhanaan mengenai peristiwa sumber sejarah yang begitu banyak dan panjang. Periodisasi akan membuat gerak pikiran dalam usaha untuk mengerti sebuah sejarah yang pada akhirnya akan dilakukanlah penyederhanaan.

  1. Memudahkan klasifikasi

Pembabakan waktu atau periodisasi juga bertujuan untuk memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah. Arti klasifikasi itu sendiri yaitu meletakkan dasar pembagian jenis, golongan suku, bangsa, dan seterusnya.

Dalam hal sejarah maka klasifikasi ini didasarkan atas babakan waktu. Karena masa lalu yang tidak terbatas mengenai peristiwa yang terjadi ini, waktu merupakan salah satu bentuk atau wujud yang bisa mengungkapkan isi, bentuk, dan babakan-bakan waktu lainnya.

  1. Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis

Periodisasi digunakan pula untuk menguraikan peristiwa sejarah secara kronologis yang nantinya dapat memudahkan pemecahan suatu masalah. Peristiwa sejarah yang disampaikan dengan kronologi artinya setiap kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau dijelaskan secara runtut sesuai dengan waktu yang terjadi.

Selain itu sistem kronologis ini juga mampu membuat sistem pemenggalan yang telah dipakai diberbagai tempat dan waktu. Sehingga catatan sejarah yang ada bisa dilihat berdasarkan waktu yang sesuai dan tidak ada yang buat-buat.

  1. Memudahkan pengertian

Melalui periodisasi maka tujuannya akan diperoleh suatu gambaran peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau hingga akhirnya bisa disederhanakan dan bisa membuat pembaca lebih mudah menafsirkan pengertian dari setiap peristiwa yang terjadi.

  1. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan

Penulisan sejarah memang pada dasarnya akan lebih baik sesuai dengan periodisasi yang terjadi. Karena dengan pembabakan waktu yang jelas itu pula maka bertujuan pula untuk memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan.

  1. Memudahkan sejarawan dalam menentukan peristiwa sejarah

Periodisasi juga memberikan kebebasan untuk sejarawan atau para peneliti kejadian sejarah dimasa lampau untuk bisa menulis atau meneliti sesuai dengan periodisasi waktu tertentu yang dianggapnya masuk dalam keyakinan atau kemampuannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa tujuan periodisasi ini juga diungkapkan sebagai proses pembabakan waktu yang digunakan untuk segala macam peristiwa. Bukan hanya itu saja periodisasi ini juga membuat setiap peristiwa sejarah mampu diklasifikasikan bedasarkan jenis kejadian atau bentuknya.

Dari hal inilah maka periodisasi bermanfaat untuk memberi kemudahan sekaligus pemahaman mengenai sejarah kehidupan manusia. Dengan adanya periodisasi ini pula maka banyak peneliti yang membuat tulisan sejarah berbeda-beda, dimana hal tersebut disesuaikan dengan pandangan yang berbeda-beda pula terkait sejarah.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan adanya konsep periodisasi dalam sejarah beserta dengan penjelasannya. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *