Contoh Sinkronik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Sinkronik dalam Sejarah

Sifat sinkronik pada dasarnya lebih melihat bahwa suatu peristiwa dalam arti sejarah akan mengalami perkembangan dan bergerak sepanjang masa. Pada proses inilah, keberadaan manusia bisa melakukan perbandingan dan melihat perkembangan sejarah kehidupan masyarakatnya dari setiap perubahan zaman di zaman dahulu kala hingga sekarang.

Oleh karena itu sinkronik dimaknai sebagai peristiwa sejarah yang di dalamnya berhubungan dengan berbagai aspek pada waktu atau pun kurun waktu tertentu atau terbatas. Proses sinkronik itu sendiri juga bisa diartikan sebagai suatu hal yang berkaitan dengan kegiatan meneliti gejala-gejala yang meluas dalam ruang tetapi pada waktu yang terbatas.

Sinkronik  

Kata sinkronik merupakan suatu kata yang berasal dari bahasa Yunani “syn dan khronos”. Arti “syn” yaitu dengan, sedangkan “khronos” adalah waktu atau masa. Apabila digabungkan menjadi satu, maka sinkronik artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan fenomena atau peristiwa yang terjadi di suatu masa tertentu dalam ruang namun memiliki waktu yang terbatas. Karena memiliki batas waktu tertentu maka sinkronis ini mengandung kesistematisan yang tinggi.

Oleh karena berfikir secara sinkronik memiliki ketbersangkutan dengan peristiwa dimana kondisi tersebut berlangsung pada masa tertentu.

Contoh Sinkronik

Berpikir sinkronik dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat dari contoh yang ada. Antara lain;

  1. Pelaksanaan lomba yang terbatas pada lingkup waktu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada proses sinkronik seseorang melakukan proses berpikir dari kejadian secara lebih mendalam pada waktu tertentu. Sama dengan pemahaman tersebut, dari contoh pelaksanaan lomba-lomba yang terbatas pada lingkup waktu tertentu ini juga menunjukkan bahwa proses sinkronik yang digarisbawahi yaitu waktu pelaksanaan lomba tersebut.

Selain itu setiap lomba yang dilakukan juga bisa dijelaskan secara lebih detail mengenai caranya, peroleh skor dan lain sebagainya. Artinya pada proses berpikir sinkronik ini pelaksanaan lomba bisa dilihat segala sesuatunya secara lebih mendalam dan jelas prosedur-prosedurnya.

  1. Mengerjakan tugas atau PR dari guru

Sama halnya dengan contoh kedua ini, bahwa mengerakan tugas atau PR dari guru merupakan hal yang ada batas waktunya.

Sehingga contoh ini masuk dalam proses sinkronik. Selain itu dalam mengerjakan tugas atau PR itu sendiri juga akan dijabarkan secara lengkap, artinya pada proses ini memerlukan proses pemikiran yang mendalam namun ada batasan waktu dalam penyelesaian tuags tersebut karena harus segera dikumpulkan agar bisa memperoleh nilai dari guru.

  1. Melaksanakan tugas kantor dengan limit waktu terbatas

Contoh berikutnya yaitu melaksanakan tugas kantor dengan batas waktu yang terbatas. Setiap pekerjaan pastinya memerlukan proses berpikir yang baik agar hasil yang diperoleh juga bagus.

Sama halnya dalam melaksanakan tugas kantor, maka pegawai atau karyawan harus memikirkannya secara maksimal, terlebih lagi bahwa tugas tersebut harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Maka akan sangat baik jika perkiraan waktu tepat dengan selesainya pekerjaan tugas kantor.

  1. Berlatih olahraga untuk melakukan pertandingan

Melakukan latihan olahraga sebelum pertandingan dimulai adalah salah satu contoh proses sinkronik. Karena proses latihan ini harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan semakin giat berlatih maka pertandingan yang ada didepan mata akan lebih mudah dihadapi karena sudah memiliki pengalaman dan kemampuan yang maksimal.

  1. Beribadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing

Melakukan ibadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing juga menjadi salah satu contoh proses siknronik. Karena pada aktivitas ini seseorang dibatasi pada waktu-waktu tertentu. Misalnya pada waktu sholat ada jam-jam tertentu pelaksanaannya. Sama halnya dengan ibadah lainnya di agama lain, seperti ibdah di hari Minggu dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa sinkorik secara umum ialah penekanan struktur mengenai ilmu sosial secara lebih luas dalam sebuah ruang. Sehingga dalam pendekatan sinkronis lebih menganalisa sesuatu tertentu pada waktu atau zaman tertentu pula.

Sifat sinkronis ini biasanya tidak berusaha untuk membuat kesimpulan tentang perkembangan peristiwa yang terjadi, akan tetapi hanya melakukan proses analisis suatu kondisi tertentu.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh sifat sejarah sinkronik yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi untuk kalian yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *