Contoh Diakronik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Diakronik dalam Sejarah

Sejarah adalah proses perkembangan zaman dari masa lampau hingga mengenal masa kini. Perlu anda ketahui bahwa dalam ilmu sejarah sendiri dikenal sifat yang diakronik yaitu sifat memanjang dalam waktu dan dalam ruang yang terbatas.

Dimana dalam proses diakronik sejarah dikatakan memiliki sifat diakronis karena pada sejarah ada suatu proses kontinuitas atau berkelanjutan. Sehingga sumber sejarah itu sendiri adalah rekonstruksi peristiwa dari masa lalu yang dapat kita jumpai sampai saat ini.

Diakronik

Diakronik adalah serangkaian peristiwa ataupun kejadian dalam hidup tidak bisa terlepas dari peristiwa sebelumnya, justru dalam hal ini setiap kejadian akan mempengaruhi peristiwa yang akan datang. Sehingga memungkinkan bahwa konsep berfikir secara diakronis harus bisa memberikan penjelasan secara baik dan runtut.

Contoh Diakronik

Adapun untuk beberapa contoh diakronik yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Pembangunan gedung pencakar langit

Sebuah pembangunan tidak bisa terjadi apabila tidak ada yang mengawali ide tersebut terlebih dahulu. Dengan berkembangnya waktu dan zaman, maka pembangunan disuatu negara akan semakin pesat.

Maka dari sinilah proses diakronik berjalan, yaitu meniru atau melanjutnya fenomena yang sudah ada dengan melakukan pembangunan gedung-gedung pencakar langit. Alasannya karena sebelumnya di kota-kota sudah banyak didirikan gedung-gedung yang tinggi. sehingga hal ini membuat proses pembangunan gedung juga berkembang lebih pesat lagi.

  1. Pembangunan tol laut

Sama halnya dengan pembangunan gedung. Ide pembangunan sebuah tol laut muncul karena sebelumnya sudah ada peristiwa semacam itu. Sehingga hal ini melanjutnya proses perkembangan yang sudah ada hingga menjadi sesuatu yang lebih baru lagi.

Dengan demikian maka pembangunan tol laut bisa dibangun karena ada proses pemikiran yang mendalam mengenai manfaat atau dampak yang bisa diperoleh dengan didirikannya sebuah tol laut berdasarkan pengalaman yang sudah ada sebelumnya.

  1. Pembangunan Sarpras (Sarana Prasarana) Umum

Pembangunan sarana prasarana juga termasuk contoh diakronik, karena semakin berkembangnya waktu kebutuhan sarana dan prasarana akan selalu bertambah setiap waktunya. Sehingga dengan begitu dari masa lampau-lampau sebelumnya pembangunan sarpras bisa lebih diperbaiki lagi.

  1. Kegiatan belajar mengajar

Kegiatan belajar mengajar adalah proses belajar yang dilakukan antara peserta didik dengan guru untuk memperoleh hasil belajar tertentu yaitu berupa pemahaman suatu materi.

Hal ini juga termasuk proses diakronik karena memikirkan hal secara lebih mendalam dan berlangsung selama seumur hidup, karena belajar adalah hal yang tidak hanya bisa dilakukan dibangku sekolah melainkan dari kehidupan sehari-hari.

  1. Membuat inovasi menu makanan

Menciptakan kreasi seperti membuat inovasi menu makanan yang baru merupakan contoh diakronik. Karena pada proses sebelumnya sudah ada menu makanan yang banyak dan dari hal itulah muncul ide untuk membuat menu makanan yang baru lagi agar lebih bervariasi dan diminati banyak orang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa diakronik pada hakekatnya terbagi menjadi dua suku kata dia dan khronos yang berasal dari bahasa Yunani. Arti kata dia ialah melintasi atau melewati, sedangkan kata khronos yaitu perjalanan waktu

Apabila digabung menjadi satu kesatuan, maka diakronik adalah suatu peristiwa yang berkaitan dengan peristiw-peristiwa sebelumnya dan tidak bisa berdiri sendiri atau muncul secara tiba-tiba tanpa sebab atau muasal dari kejadian sebelumnya. Sebab sejarah meneliti gejala-gejala yang memanjang dalam waktu, tetapi dalam ruang yang terbatas.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh sejarah bersifat diakronik yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan pemahaman untuk kalian yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *