Tujuan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Astronomi

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Astronomi

Istilah astronomi tentusaja bukan menjadi sesuatu hal yang asing, terlebih lagi bagi para pelajar. Akan tetapi yang perlu anda ketahui bahwa ilmu astronomi merupakan salah satu ilmu pengetahuan tertua dalam peradaban manusia. Selain itu, ilmu astronomi juga seringkali dijuluki sebagai “ratu sains”.

Astronomi memang berada dalam posisi yang bisa dikatakan cukup istimewa dalam kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan sejak arti sumber sejarah mengatakan manusia yang telah terkagum-kagum ketika memandang kerlip bintang dan pesona benda-benda langit yang begitu luar biasa. Peristiwa atau fenomena langit memang sangatlah menarik rasa ingin tahu manusia. Oleh sebab itu, banyak yang tertarik untuk belajar tentang ilmu astronomi itu sendiri.

Astronomi

Astronomi secara etimologis memiliki arti susunan bintang-bintang. Sedangkan maknaastronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit secara umum.

Atas dasar itulah astronomi diartikan sebagai ilmu alam yang mencampurkan atau melibatkan pengamatan benda-benda langit baik mulai dari planet, bintang, komet, gugus bintang, nebula. Bukan hanya itu saja akan tetapi ilmu astronomi juga menampakan fenomena atau gejala alam yang terjadi di luar atmosfer bumi, contohnya seperti radiasi latar belakang kosmik.

Tujuan Ilmu Astronomi

Beberapa tujuan ilmu astronomi ialah sebagai berikut ini;

  1. Menambah tingkat keilmuan setiap orang dan mampu mengubah pola pikir manusia tentang hal-hal magis mengenai fenomena langit

Perlu anda ketahui bahwa dalam ilmu astronomi ada banyak hal yang bisa dipelajari, terutama ialah mengenai peristiwa atau fenomena yang ada dilangit itu sendiri. Tentunya dengan pemahaman ilmu semacam itu, seseorang akan lebih meningkatkan pola pikirnya untuk bisa terbuka dan melihat segala sesuatu dengan lebih banyak dasar atau pertimbangan yang masuk akal.

Maka dari sanalah ilmu astronomi ini bisa memberikan tingkat keilmuan yang lebih tinggi pada seseorang. Bukan hanya itu saja, akan tetapi melalui ilmu astronomi akan membuka mindset atau pola pikir setiap orang bahwa segala fenomena yang terjadi di langit bukanlah hal magis yang perlu ditakuti, melainkan bisa dipelajari dan dimanfaatkan dengan baik.

  1. Mengetahui perhitungan tanggal

Bagi sebagian orang yang belum mengerti secara betul mengenai ilmu astronomi mungkin beranggapan bahwa astronomi ini adalah hal yang tidak bermakna dan tidak memberikan manfaat apapun. Akan tetapi, justru dengan ilmu astronomi inilah manusia bisa mengerti sistem perhitungan tanggal.

Sehingga tujuan dipelajarinya ilmu astronomi ialah untuk mengetahui perhitungan tanggal dengan baik dan benar. Perhitungan tanggal tersebut diantaranya yaitu tanggal masehi dan yang menggunakan perhitungan bumi dalam mengitari atau melakukan rotasi matahari.

Ada perhitungan tanggal lainnya pula yaitu tanggal hijriyah yang  menggunakan rotasi bulan dalam mengitari atau melakukan rotasi dengan bumi. Dengan ilmu astronomi ini pula, seseorang dapat mengetahui atau melihat apakah sudah atau belum memasuki bulan ramadan dan syawal.

  1. Memberikan pengetahuan mengenai perubahan cuaca alam

Tentunya anda sudah tahu bahwa perubahan cuaca ini sangat berkaitan atau berhubungan erat dengan yang namanya fenomena di langit atau astronomi. Beberapa contoh peristiwa tersebut misalkan yaitu terjadinya banjir karena efek rumah kaca yang ada dibagian di kutub Selatan dan Utara.

Sehingga hal ini dapat membuat es mencair, dan pasang surutnya air tersebut bergantung pada terjadinya kondisi bulan. Sedangkan hal lainnya seperti cuaca yang tidak menentu ini umumnya di sebabkan atau dikarenakan kondisi bumi yang semakin parah, dan lain-lain.

Manfaat Ilmu Astronomi

Manfaat mempelajari ilmu astronomi sebagai berikut;

  1. Penentuan waktu dengan patokan langit

Manfaat ilmu astronomi yang pertama yaitu dapat digunakan untuk melakukan penentuan waktu dengan menggunakan patokan langit. Hal ini dikarenakan mempelajari ilmu astronomi mampu memberikan kemudahan dalam menentukan waktu yang memakai patokan terhadap benda langit atau benda yang ada di angkasa.

Sehingga dengan hal demikian, manusia bisa mengetahui secara jelas tentang waktu siang atau malam, karena adanya pengetahuan dari ilmu astronomi. Bukan hanya persoalan waktu siang dan malam saja, akan tetapi dengan ilmu astronomi, seseorang juga bisa mengetahui berbagai musim yang terjadi di muka bumi ini.

  1. Petunjuk dari kejadian alam yang ada di bumi

Ilmu astronomi juga bermanfaat untuk memberikan petunjuk dari setiap kejadian alam yang ada di muka bumi. Hal ini menunjukkan bahwa dengan ilmu astronomi berbagai fenomena alam yang ada di bumi dapat dilihat dan diprediksi dengan baik.

Sehingga hal ini bisa membuat banyak ilmuan mampu mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya, terutama soal ilmu astronomi itu sendiri.

  1. Mampu mengetahui pengaruh langit terhadap bumi

Ilmu astronomi juga memberikan pola pikir yang lebih maju bagi banyak manusia. Sehingga dengan adanya pengetahuan astronomi tersebut yang awalnya manusia berpikir segala sesuatunya berasal dari kekuatan magis, kini telah bisa berubah dan menggunakan akalnya secara lebih sehat lagi.

Artinya ilmu astronomi ini mampu memberikan pengetahuan mengenai benda-benda langit dan pengaruh langit terhadap bumi itu sendiri. Maka dari itu dengan adanya ilmu astronomi ini, manusia bisa lebih terbuka akalnya dan bisa menerima segala sumber informasi yang bisa ditelitinya dengan baik dibandingkan masa sejarah terdahulu.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat dalam mempelajari ilmu astronomi. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *