Tujuan Merkantilisme dan Dampak Sistemnya

Diposting pada

Tujuan dan Dampak Merkantilisme

Pada hakekatnya sistem merkantilisme menjadi suatu kebijakan ekonomi yang memiliki tujuan uuntuk mengumpulkan cadangan moneter dengan cara menstabilkan kegiatan perdagangan global agar selalu berada dalam ranah yang positif.

Sistem ini terutama terimplementasi dari perdagangan yaitu berupa barang jadi. Maka dari itu karena tujuan yang begitu besar ini pulalah yang menyebabkan berbagai dampak akan terjadi perang pada saat itu hanya untuk melakukan ekspansi dalam arti kolonialisme.

Merkantilisme

Merkantilisme menjadi salah satu bagian daripada teori yang spesifik dalam bidang ekonomi, dimana penerapannya berkaitan dengan kemakmuran negara. Alasannya prihal kemakmuran tersebut dilihat dari modal maupun aset yang dimiliki oleh negara tersebut.

Oleh karena itu ruang lingkup merkantilisme ini sangat erat kaitannya dengan besarnya volume perdagangan global yang amat sangat penting.

Tujuan Merkantilisme

Adapun untuk beberapa tujuan merkantilisme, antara lain;

  1. Merkantilisme membuat terciptanya koloni di luar negeri
  2. Merkantilisme memiliki kebijakan yang bertujuan untuk melarang daerah koloni dalam melakukan perdagangan antar negara-negara yang lainnya
  3. Merkantilisme bertujuan untuk menumpuk kekayaan pada suatu negara dengan cara melakukan monopoli pasar dengan kebutuhan pokok
  4. Kebijakan yang ada dalam merkantilisme bertujuan untuk melakukan pelarangan ekspor emas dan perak, karena barang tersebut digunakan untuk simpanan negaranya sendiri agar memiliki kapital yang banyak
  5. Tujuan merkantilisme yang berikutnya yaitu melarang perdagangan untuk dibawa dalam kapal asing
  6. Merkantilisme juga memberikan tujuan yang menguntungkan yaitu adanya subsidi ekspor
  7. Merkantilisme membuat terjadinya kegiatan promosi manufaktur dengan cara penelitian atau subsidi langsung
  8. Merkantilisme memiliki kebijakan yang didalamnya bertujuan untuk membatasi upah agar tidak terlalu banyak melakukan pengeluaran kepada tenaga kerjanya, sehingga ada banyak keuntungan lebih yang bisa disimpan
  9. Merkantilisme juga membuat kegiatan ekonomi dilakukan semaksimal mungkin dengan memanfaatkan penggunaan sumber daya dalam negeri secara penuh
  10. Merkantilisme juga bertujuan untuk membatasi adanya konsumsi domestik melalui hambatan non-tarif untuk perdagangan

Dampak Merkantilisme

Beberapa dampak terjadinya merkantilisme, antara lain;

  1. Lahirnya kolonialisme imperialisme

Kolonialisme menjadi suatu paham yang didalamnya menjelaskan bahwa tentang penguasaan suatu wilayah atau negara yang dapat dilakukan oleh bangsa lain agar bisa memperoleh kekuasaan pada negara yang dijajah tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan imperialisme adalah paham politik yang mengajarkan suatu negara untuk melakukan tindakan-tindakan yang sebelumnya telah direncankan dengan matang agar bisa mendapat kekuasaan dan keuntungan yang begitu besar dari negara lain.

Pada kajiannya kolonialisme dan imperialisme adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain dan keduanya juga bertujuan untuk memperoleh daerah kekuasaan agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari wilayah yang berhasil dikuasinya. Tentunya dengan kegiatan merkantilisme ini, akan menimbulkan lahirnya sebuah kolonialisme dan imperialisme.

  1. Dampak Merkantilisme juga ada yang positif

Dampak positif adanya merkantilisme ini ialah terjadinya kegiatan perdagangan internasional secara lebih aktif dibandingkan dengan kondisi yang sebelumnya. Prihal ini merkantilisme memang memberikan banyak keuntungan bagi negara yang melakukan sistem kebijakan yang berkuas.

Dimana negara-negara tersebut mampu menambah kekayaan yang mereka miliki dan bisa menguasai daerah-daerah yang dianggapnya mampu memberikan banyak keuntungan terutama pada bidang ekonomi. Namun merkantilisme juga memiliki dampak yang begitu luar biasa, karena dengan dilakukannya merkantilisme ini bisa memicu berbagai akibat yang muncul, baik secara negatif maupun positif.

Bagi negara yang terjajah atau dikuasai negara yang melakukan merkantilisme, maka hal ini akan sangat berdampak bagi kelangsungan negara tersebut. Bidang ekonomi dan lainnya juga tidak dapat melakukan kegiatan secara lebih maksimal, khususnya dalam mencukupi kebutuhan negaranya sendiri.

  1. Perkembangan Teknologi

Merkantilisme juga menimbulkan adanya perkembangan teknologi-teknologi baru yang mengubah sistem kehidupan manusia dari yang awal mulanya tradisional menjadi semakin modern. Perkembangan ini tak lain di dapatkan dari adanya serangkaian proses pemaksimalan sumber daya alam yang ingin dikuasai.

Itulah tadi artikel yang bisa diuraikan terkait dengan tujuan adanya sistem ekonomi merkantilisme dan dampak bagi negara yang menerapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *