Ciri Zaman Besi dan Contoh Peninggalannya

Diposting pada

Ciri Zaman Besi

Kehidupan dimasa sekarang ini diakui atau tidak memang memiliki kenyamanan yang sangat baik jika dibandingkan zaman sebelumnya. Akan tetapi sebelum sampai ke era modern seperti sekarang ini, para nenek moyang kita telah melewati berbagai proses dalam hidupnya. Mulai dari tidak mengenal tulisan dan belum memahami banyak hal. Masa tidak mengenal tulisan tersebut dinamakan pula dengan istilah masa praaksara atau nirleka atau prasejarah. Masa tersebut yaitu masa dimana setiap manusia belum mengenal tulisan dan hanya mengandalkan fosil serta artefak.

Fosil yaitu sisa makhluk hidup yang telah membatu, sedangkan artefak ialah sisa peralatan manusia yang telah membatu. Sebagai informasi bahwa pada zaman praaksara ini terbagi dalam dua zaman, yaitu zaman batu dan zaman logam. Zaman logam ini merupakan zaman dimana peralatan pada masa itu mayoritas terbuat dari perunggu dan besi. Melalui hal tersebut maka pada kesempatan kali ini artikel akan membahas lebih lengkap mengenai zama batu yang dijelaskan dibawah ini.

Zaman Besi

Zaman besi adalah zaman prasejarah yang menunjukkan bahwa besi digunakan sebagai alat pengganti dari bahan perunggu sebagai logam utama

Zaman Besi juga diartikan sebagai suatu zaman dimana tahap perkembangan budaya manusia yaitu menggunakan alat dan senjata yang terbuat dari bahan besi. Berbagai al,at dari besi tersebut juga bisa difungsikan untuk berbagai hal yaitu untuk praktik pertanian, kepercayaan agama, dan gaya seni.

Ciri Zaman Besi

Pada zaman besi ada beberapa hal yang menjadi ciri khas, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Alat-alat terbuat dari bahan besi

Perkembangan hidup di zaman besi ini ditandi dengan adanya alat-alat yang terbuat dari bahan besi. Tentunya alat-alat tersebut memiliki ketahanan yang baik, karena alat atau perkakas dari bahan besi memiliki sifat yang lebih awet dan tidak mudah rapuh. Melalui alat dari bahan besi ini pulalah di masa tersebut diberi nama dengan zaman besi.

  1. Mengalami perkembangan teknik pembuatan alat

Zaman besi pada dasarnya masih termasuk dalam zaman logam. Dimana pada zaman tersebut perkembangan hidup jauh lebih baik dan sudah mengenal beberapa teknik dalam pembuata berbagai perkakas atau alat-alat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui berbagai teknik ini pula manusia bisa lebih baik lagi dalam memandang kehidupan yang lebih maju dan mereka bisa belajar hal-hal baru yang seblumnya belum diketahuinya.

  1. Tidak semua daerah mengalami perkembangan zaman besi

Uniknya zaman besi ini tidak dialami pada semua kalangan atau daerah. Karena zaman besi masuk dalam kategori zaman logam yang terbagi menjadi dua yaitu zaman perunggu dan zaman besi. Maka perkembangan zaman besi ini justru tidak begitu banyak, karena masyarakat lebih sering menggunakan alat-alat dari bahan perunggu dan dari situlah zaman besi dianggap pula sebagai zaman perunggu atau zaman logam.

Walaupun tidak semua daerah mengalami perkembangan zaman besi. Akan tetapi ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa zaman besi ini terjadi pada kehidupan manusia dibeberapa daerag tertentu. Hal ini terbukti dengan ditemukannya berbagai alat dari bahan besi, walalupun jumlahnya tidak begitu banyak.

  1. Alat-alat digunakan untuk bidang pertanian dan lain-lainya

Berbagai alat yang ditemukan di zaman besi ini ternyata memiliki fungsi yang sangat tinggi dan bisa digunakan untuk berbagai hal.

Salah satunya yaitu alat dari besi tersebut digunakan dalam bidang pertanian untuk memudahkan setiap manusia dalam menyelesaikan pekerjaan yang mereka lakukan. Misalkan untuk mencangkul, melubangi tanah dan lain sebagainya.

Contoh Peninggalan Zaman Besi

Adapun untuk beberapa contoh peninggalan zaman besi yaitu sebagai berikut ini;

  1. Pedang

Benda peninggalan di zaman besi ini salah satu diantaranya ialah alat senjata yang diberi nama pedang. Apakah anda tahu bahwa alat pedang yang terbuat dari besi ini pada zaman dahulu dipercaya bisa memberi kemudahan banyak orang. Kemudian pedang tersebut pertama kali digunakan oleh Halstatten dari orang Het, Yunani, Mycea, dan Proto-Celtic.

Beberapa hal lain menjelaskan pula, bahwa alat seperti pedang ini dibuat karena memiliki alasan yang mendasar. Alasan tersebut yaitu karena di zaman besi ada banyak bahan besi atau sejumlah pasokan besi yang melimpah.

Sehingga dari sinilah orang-orang mulai mengembangkannya dalam sebuah pikiran mereka untuk membuat senjata perang dari bijih dari besi. Tentunya pada pembuatan senjata ini manusia sudah mengenal teknik-teknik tertentu, maka dari itu perkembangan hidupnya jauh lebih baik.

  1. Mata Panah

Benda peninggalan lainnya yaitu mata Panah. Nama alat yang satu ini sangat unik dan untuk fungsi atau kegunaan dari mata panah yaitu dipakai untuk kegiatan berburu dalam zaman ini. Pada awalnya, alat panah dibuat dengan cara mengasah tulang dan kayu agar hasil atau bentuk panah baik.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan perkmebangan evolusi logam ke zaman logam itu sendiri, maka dibuatlah mata panah yang dibentuk menjadi jauh lebih baik dan lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan-bahan atau teknik sebelumnya.

  1. Mata Sabit

Ada beberapa jenis peninggalan lainnya yang masih berhubungan dengan mata panah. Alat tersebut diberi nama mata sabit. Benda peninggalan yang satu ini diberi nama mata sabit karena memiliki bentuk yang menyerupai suatu mata pisau.

Hanya saja, pada mata sabit ini bermata lebih besar dan dimaksudkan untuk tanaman. Uniknya lagi ternyata alat peninggalan yang satu ini sampai pada sekarang masih sering digunakan khususnya untuk membantu seseorang dalam bidang pertanian.

  1. Perhiasan

Alat yang terbuat dari bahan besi tidak hanya untuk alat dalam berburu maupun betani. Akan tetapi pada bahan besi ini juga bisa dilebur menjadi perhiasan. Pernyataan ini dibuktikan dengan ditemukannya banyak alat atau benda perhiasan pada zaman besi itu sendiri. Uniknya lagi pada perhiasan tersebut sudah ada mutiara dan gelang yang bentuknya sudah cukup baik.

  1. Mata Pisau

Benda peninggalan bernama mata pisau merupakan alat yang berkualitas tinggi karena mereka mempunyai berbagai kegunaan atau manfaat. Salah satu manfaat dari mata pisau ini yaitu untuk melindungi diri dari sebuah serangan binatang yang buas, terutama pada saat manusia sedang melakukan perjalan yang jauh.

  1. Perisai Perunggu

Contoh peninggalan yang terakhir ialah perisai. Perisai adalah alat yang terbuat dari sebuah permata dengan sebuah peninggalan Celtic yang telah ditemukan di Sunga Witham dekat Lincoln, wilayah Inggris. Perisai ini termasuk, slaah satu alat yang menggunakan bahan besi dan pada saat penemuan alat ini wujudnya yaitu ditutupi dengan bingkai kayu dan didekorasi dengan batu dari kulit babi.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan karakteristik yang ada di zaman besi dan contoh peralatan yang tinggalkannya. Semoga memberikan wawasan serta literasi yang mendalam bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *