Manfaat Mempelajari Arkeologi bagi Masyarakat

Diposting pada

Manfaat Arkeologi

Arkeologi sebelum menjadi disiplin ilmu mempunyai arti yaitu hasil evolusi dari kegiatan para antiquarian atau pemburu barang antik. Sedangkan pada mata arti sejarah istilah arkeologi ini dalam kalangan masyarakat luas, ternyata belum diketahui secara pasti makna dan hubungannya dengan sejarah.

Hal ini tentusaja sangat wajar, mengingat arkeologi adalah ilmu yang membentuk studi sistematis mengenai material-material kuno untuk membentuk kembali yang namanya sejarah. Selain itu arkeologi disini juga dianggap mampu mengeksplorasi kembali mengenai bagaimana seseorang dapat menjadi manusia dengan jiwa dan pikiran sebelum zaman atau sistem tulisan ada

Arkeologi

Definisi arkeologi yang dikenal pula dengan ilmu kepurbakalaan adalah objek kajian yang mempelajari kebudayaan (manusia) di masa lalu dengan menggunakan kajian sistematis atas data bendawi maupun batang yang ditinggalkan. Perlu anda ketahui bahwa kajian sistematis ini meliputi beberapa hal antara lain seperti penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data berupa artefak, ekofak, maupun fitur.

Yang dimaksud dengan artefak yaitu budaya benda contohnya seperti bangunan candi, kapak, dan lain-lain. sedangkan ekofak ialah benda lingkungan, antara lain seperti batuan, rupa muka bumi, dan fosil. Terakhir, fitur merupakan artefaktual yang tidak terlepaskan dari yang namanya tempat situs arkeologi itu sendiri.

Dalam arkeologi ini juga ada yang namanya teknik penelitian dan sangat khas untuk dilakukan. Teknik tersebut yaitu seperti penggalian atau ekskavasi arkeologis, dan teknik survei yang masih sering dilakukan. Kemudian seseorang yang melakukan proses arkeologi atau ahli dalam bidang arkeologi ini sering disebut arkeolog.

Manfaat Arkeologi

Mempelajari ilmu arkeologi maka seseorang juga bisa mendapatkan beberapa manfaat antara lain;

  1. Mengenal benda pada masa sejarah

Tentunya dengan mempelajari ilmu arkeologi seseorang akan mengenal benda-benda peninggalan pada masa sejarah. Alasannya karena pada ilmu arkeologi ini memang dikenal mempelajari benda bersejarah untuk mengetahui proses perubahan budaya dari masa lalu.

  1. Meningkatkan penelaahan sebuah ilmu sejarah

Mempelajari ilmu arkeologi juga bermanfaat untuk lebih meningkatkan seseorang dalam meningkatkan penelaahannya mengenai sejarah yang terjadi pada masa lampau. Karena pada ilmu arkeologi tersebut akan diperoleh pengetahuan-pengetahuan baru yang bisa digunakan oleh ahli arkeologi dalam menyelesaikan tugasnya.

  1. Mengenal budaya manusia secara lebih menyeluruh

Ilmu arkeologi juga memberi kemudahan bagi seseorang untuk lebih mampu mengnali budaya manusia secara lebih menyluruh terutama pada masa lampau. Karena pada arkeologi ini arekolog atau seseorang yang ahli pada bidang ini akan melihat dan menganalisis kebudayaan manusia dari nol baik dari proses sebelum mengenal tulisan hingga setelah mengenal tulisan.

  1. Menambah khasanah ilmu pengetahuan

Manfaat berikutnya dari mempelajari ilmu arkeologi yaitu dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan. Secara tidak langsung sudah pasti dengan mempelajari arkeologi seseorang bisa memperoleh pengetahuan baru dan mengenal pengetahuan sumber sejarah yang lebih banyak lagi.

Alasannya karena dalam arkeologi itu sendiri yang lebih umum dipelajari ialah kebudayaan pada masa sejarah dari bukti benda-benda peninggalannya.

  1. Mampu mengklasifikasikan setiap budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat

Dalam mempelajari ilmu arkeologi seseorang juga bisa mengklasifikasikan setiap budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat. Artinya bisa dilihat bagaimana dan kapan manusia pada zaman sejarah mengalami perubahan kebudayaan dari waktu ke waktunya.

  1. Mengeksplorasi tentang awal sejarah kehidupan manusia dari masa lalu hingga saat ini

Terakhir, manfaat dari mempelajari ilmu arkeologi ini ialah bisa mengeksplorasi mengnai awal sejarah kehidupan manusia pada masa lalu hingga perubahan kebudayaannya yang terjadi pada masa kini. Tentusaja hal ini haruslah disesuikan dengan arti kronologi sejarah yang pernah terjadi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapat dikatakan bahwa arkeologi adalah suatu cerita mengenai manusia yang mengacu pada sebuah peninggalan seperti peralatan yang digunakan, kerangka manusia, monumen, dan segala sesuatu yang dihasilkan dari sebuah inovasi yang diciptakannya.

Dengan mempelajari objek kajian arkeologi tersebutlah setidaknya mampu memberikan dorongan kepada seseorang untuk turut serta dalam melestarikan sejarah pada masa lalu.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat mempelajari ilmu arkeologi bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *