Tujuan dan Fungsi dari Pembuatan Patung

Diposting pada

Tujuan dan Fungsi Patung

Patung merupakan sebuah benda yang mudah kita temukan dalam beberapa tempat. Oleh karena itu tidak heran rasanya, jika patung telah diketahui oleh banyak orang. Walau sudah dikenal banyak orang, namun belum tentu semua masyarakat tahu asal usul dan cerita latar belakang terbentuknya patung itu sendiri.

Dalam hal ini, setidaknya perlu diketahui bahwa sebuah karya seni yang telah hadir sejak dari zaman purba dan semakin berkembang hingga saat ini merupakan karya seni yang wujudnya menghasilkan dalam bentuk tiga dimensi. Karya yang termasuk tiga dimensi ini salah satunya adalah patung itu sendiri. Biasanya karya seni tiga dimensi ini diciptakan dengan beberapa teknik tertentu mulai dari teknik memahat, modeling (dengan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

Patung

Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi yang memiliki ciri maupun keunikan tersendiri dari karya seni rupa lainnya. Oleh karena itulah seni patung disebut juga dengan istilah plasticart atau seni plastic. Penyebutan istilah ini dikarenakan, patung sangat mudah dibentuk sesuka hati.

Bahkan tidak jarang ada pula yang menyebutkan bahwa seni patung bisa di artikan sebagai seni bentuk, dimana setiap bentuk – bentuk yang dibuat tersebut memiliki keindahannya masing-masing. Bukan hanya itu saja, dalam dunia kesenian orang yang membuat patung diberi nama atau disebut dengan istilah pematung. Tugas pematung yang berhasil menghasilkan karya seni patung ini pada umumnya diciptakan atau dibentuk untuk memenuhi kebutuhan batin manusia sesuai dengan yang mereka suka atau kehendaki, juga untuk bisa dinikmati nilai keindahannya dari bentuk patung yang telah terbentuk dengan baik.

Tujuan Pembuatan Patung

Adapun yang termasuk tujuan pembuatan patung adalah sebagai berikut;

  1. Seni patung pada masa sejarah bertujuan untuk bidang keagamaan

Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya pembuatan patung tidak hanya dilakukan di masa-masa sekarang ini. Akan tetapi, karya seni patung telah ada sejak zaman dahulu. Maka dari itu, dengan perkembangan zaman yang semakin maju inilah patung bisa dibentuk dengan berbagai teknik yang lebih canggih dibanding zaman dahulu kala.

Pembuatan patung yang dilakukan pada zaman sejarah dahulu, memiliki tujuan tertentu. Dimana tujuan tersebut ialah untuk kegiatan keagamaan. Patung banyak mewarnai kehidupan-kehidupan yang ada pada zaman hindu dan budha, dan dari sanalah patung di buat dengan khusus untuk menghormati dewa maupun orang-orang yang patut diteladani dengan baik.

Sehingga dengan hal demikian, pembuatan patung pada waktu itu hanya untuk sebatas tujuan keagamaan, maka patung dibentuk dengan benar – benar menggunakan hati dan rasa penghormatan yang begitu tinggi. semakin lambat laut, perkembangan pembuatan patung ini kemudian dipakai untuk monument atau sebuah peringatan dari setiap kejadian maupun peristiwa besar yang terjadi pada suatu bangsa, kelompok dan perorangan.

  1. Pada jaman sekarang seni patung sering di ciptakan untuk hiasan penciptanya

Berbeda dengan arti sejarah dahulu kala, pembuatan patung di masa sekarang ini cenderung memiliki tujuan yang lebih bebas dan tidak begitu mengikat. Karena tujuan pembuatan patungnya adalah untuk kepentingan sang pncipta patung itu sendiri yaitu agar bisa dinikmati dengan baik. Maka dari itu banyak sekali pematung yang membuat patung dengan daya imajinasi mereka sendiri, namun tetap tidak meninggalkan nilai-nilai artistik yang ada.

Selain itu pembuatan patung yang dibuat oleh pematung di masa sekarang ini juga cenderung lebih mengarah untuk hiasan atau dekorasi. Sehingga tidak heran jika patung juga banyak diperjual belikan, karena memiliki nilai ekonomi juga. Biasanya jika anda berkunjung ke Yogyakarta, Bali, maupun kota Jepara akan anda temukan berbagai jenis patung yang dijual untuk hiasan suatu ruangan tertentu.

Fungsi Pembuatan Patung

Sedangkan untuk fungsi pembuatan patung yang diuraikan sebagai berikut ini;

  1. Patung Sebagai Monumen

Pernahkah anda mendengar istilah monument? Monument merupakan salah satu pengertian yang disematkan untuk memperingati suatu hal kejadian atau peristiwa tertentu. Perlu anda ketahui bahwa fungsi patung yang pertama kali ialah digunakan sebagai monumen yang lebih tepatnya difungsikan untuk mengenang setiap jasa tokoh atau kelompok tertentu.

Salah satu contohnya yaitu untuk mengenang jasa-jasa tokoh yang sudah berjasa seperti pahlawan. Maka dari itu anda pasti pernah melihat patung pahlawan yang berdiri di tengah jalan, atau pada suatu tempat tertentu. Dimana patung tersebut bertujuan untuk meningat kembali moment atau kejadian penting yang pernah dilakukan oleh tokoh tersebut dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini.

  1. Patung Sebagai Dekorasi

Fungsi patung yang berikutnya ialah untuk dekorasi atau hiasan. Memang pada dasarnya setiap patung yang telah terbentuk dengan utuh akan mempunyai nilai keindahannya masing-masing.

Tentunya dengan nilai keindahannya itupun patung akan memiliki kesan yang baik dan enak untuk dipandang. Maka dari pernyataan itulah patung seringkali dijadikan sebagai dekorasi maupun hiasan untuk ruangan indoor maupun di lingkungan outdoor.

  1. Patung Sebagai Kerajinan

Patung juga berfungsi untuk seni kerajinan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa patung termasuk salah satu contoh karya seni rupa tiga dimensi. Dari sanalah patung memiliki fungsi untuk kerajinan. Setiap pematung bisa mengekspresikan pembuatan patung yang mereka lakukan sesuai imajinasi maupun daya kreatifitasnya masing – masing.

Sehingga tidak heran jiak patung benar-benar dapat dibentuk dengan begitu baik dan memiliki nilai estetika yang begitu tinggi. Bahkan dengan fungsi kerajinan ini, pembuatan patung juga bisa mengarah pada bidang ekonomi yang khusus dibentuk untuk memenuhi kebutuhan pasar yaitu dilakukannya jual beli.

  1. Patung Arsitektur

Fungsi patung yang berikutnya adalah untuk melengkapi sebuah kontruksi bangunan dalam bidang arsitektur. Sehingga dengan fungsi ini ada yang namanya patung arsitektur. Patung ini memang dibentuk untuk menambah desain arsitektur yang lebih baik lagi, sehingga setiap ruangan yang dibangun dapat tercipta suasana yang lebih hidup dan seimbang.

  1. Patung Seni (fineart)

Patung juga berfungsi sebagai suatu seni atau dinamakan pula dengan istilah fineart atau seni murni. Dengan fungsi tersebut patung dapat dibentuk untuk memenuhi kepentingan estetik dan bisa dikembangkan semakin maju dan lebih baik lagi sesuai dengan bidang pematung itu sendiri.

Bahkan bentuk patung bisa saja abstrak karena ada sebagain pembuatan patung hanya diketahui makna dan artinya oleh pematung itu sendiri.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai tujuan dan fungsi dari proses pembuatan patung. Semoga memberikan wawasan dan edukasi mendalam bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *