Tujuan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Paleontologi

Diposting pada

Manfaat Paleontologi

Istilah paleontologi mungkin terdengar begitu asing bagi banyak kalangan. Namun hal tersebut justru akan membuat kita lebih penasaran mengenai makna paleontologi itu sendiri. Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya paleontologi ini merupakan suatu hal yang berkaitan dengan sumber sejarah. Bukan hanya itu saja, akan tetapi ruang lingkup paleontologi juga berhubungan dengan segala sesuatu yang telah hidup di masa lalu atau bisa dikatakan organisme purba.

Lalu, apa yang dimaksud dengan organisme purba? Sebetulnya organisme purba tersebut meliputi beberapa hal yaitu seperti hewan, tumbuhan, protista, jamur maupun bakteri, yang kenyataannya pada masa kini sudah punah dan hanya tersisa fosil-fosil, jejak peradaban, lingkungan serta peninggalan-peninggalan lainnya.

Ilmu Paleontologi

Paleontologi adalah ilmu yang senantiasa mempelajari banyak hal terutama mengenai bentuk-bentuk kehidupan yang sebelumnya sudah pernah ada di masa lampau. Beberapa bentuk tersebut salah satunya ialah evolusi dan interaksi satu dengan lainnya serta lingkungan kehidupannya selama umur bumi hidup yang dilihat dalam skala waktu geologi terutama yang diwakili oleh fosil.

Tujuan Ilmu Paleontologi

Adapun untuk tujuan ilmu paleontologi, antara lain sebagai berikt;

  1. Menentukan identitas evolusi organisme hidup dan masa lalu

Ilmu paleontologi dapat memberikan gambaran secara jelas dan lengkap mengenai identitas evolusi organisme yang sedang diteliti oleh ahli paleontologi itu sendiri. Maka dari itu dengan ilmu paleontologi ini pula bisa ditentukan jenis-jenis organisme secara jelas, terutama yang ditemukan pada kehidupan masa lalu tersebut.

  1. Menentukan hubungan sebab-akibat

Dalam ilmu paleontologi ada tujuan yang hendak dicapai lainnya yaitu untuk menentukan hubungan sebab-akibat yang terjadi mengnai suatu hal. Bisanya hubungan ini akan melihat bagaimana hal-hal sebenarnya berubah dalam berbagai kondisi dan apa yang melandasi atau mendasarinya.

  1. Mendapatkan kekuatan prediksi sehubungan dengan peristiwa langka yang telah dialami di masa lalu, dan mungkin dialami lagi di masa depan

Tujuan berikutnya dari ilmu paleontologi yaitu untuk mendapatkan kekuatan prediksi yang berhubungan dengan kejadian atau peristiwa langka yang dialami pada masa lalu dalam arti sejarah. Dari prediksi itu pula maka bisa digunakan untuk mengatasi berbagai hal yang sekiranya dapat terjadi dalam kehidupan masa depan.

  1. Memahami besarnya relatif dari perubahan yang terjadi di dunia saat ini

Terakhir, tujuan ilmu paleontologi ialah untuk melihat dan memahami besarnya perubahan kehidupan yang terjadi pada masa lampau hingga masa sekarang ini. Dengan demikian, seseorang bisa mempelajari berbagai hal yang ada di masa lampau untuk menghadapi kehidupan yang terjadi di masa sekarang ini. Contoh kajian paleontologi ini seperti terjadi proses revolusi pada masa orde baru.

Manfaat Ilmu Paleontologi

Beberapa manfaat ilmu paleontologi bisa dijabarkan sebagai berikut ini;

  1. Mempelajari asal usulnya makhluk hidup

Ilmu paleontologi bermanfaat untuk mempelajari segala asal usul yang ada dalam kehidupan makhluk hidup, mulai dari perubahannya dari waktu ke waktu dan hubungan yang terjadi di antara mereka dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Bukan hanya itu saja, dengan ilmu paleontologi ini pula maka bisa mempelajari distribusi spasial dan migrasi yang berbeda dari makhluk hidup, kepunahan, dan berbagai hal yang lainnya.

  1. Paleontologi memungkinkan kita untuk memahami keanekaragaman hayati

Mempelajari ilmu paleontologi juga memberikan manfaat pada diri kita masing – masing untuk bisa memahami keanekaragaman hayati yang ada dalam kehidupan muka bumi ini. Karena dalam ilmu paleontologi bukan hanya urusan manusia saja yang dipelajari akan tetap hal-hal lainnya seperti tumbuh-tumbuhan juga dipelajarinya.

  1. Memberikan bukti penting untuk menyelesaikan beberapa kontroversi ilmiah

Ilmu paleontologi juga bisa memberikan bukti penting dalam menyelesaikan beberapa kontroversi ilmiah. Artinya dengan ilmu paleontologi ini seseroang bisa melihat bukti-bukti dengan jelas dari waktu ke waktu mengenai evolusi makhluk hidup.

Bukan hanya itu, namun dengan ilmu paleontologi itu pula maka akan disedikan alat-alat yang sekiranya memang diperlukan untuk menganalisis tentang bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi biosfer dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa ilmu paleontologi bukan hanya memiliki tujuan yang begitu beragam. Akan tetapi dalam ilmu paleontologi ini pula ada beberapa manfaat yang bisa dipelajari. Oleh karena itulah paleontologi merupakan sebuah ilmu yang dapat membantu seseorang untuk melakukan rekonstruksi kembali mengenai makhluk hidup yang hidup di zaman kuno.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat dalam mempelajari ilmu paleontologi. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *