Manfaat Periodisasi dalam Sejarah

Diposting pada

Manfaat Periodisasi dalam Sejarah

Periodisasi pada hakekatnya dapat disusun berdasarkan banyak perkembangan yang ada di dunia dari masalah perekonomian hingga masalah keyakinan. Sehingga atas dasar inilah banyak para sejarawan bisa memilih sendiri apa yang akan diteliti atau ditulisnya sesuai dengan periodisasi yang mereka anggap sesuai keyakinannya, pendiriannya, dan visi sejarahnya.

Disisi lain, banyaknya peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam arti sejarah ini juga menghasilkan banyak cerita dan dikelompokkan menurut bentuk dan sifatnya. Sehingga hal ini akan membentuk satu kesatuan waktu tertentu. Oleh karena demikinalah manfaat pembuatan periodisasi untuk menentukan inti cerita dari sebuah sejarah yang terjadi pada masa lampau.

Periodisasi

Pembabakan waktu dalam sejarah yang dikenal dengan periodisasi adalah salah satu proses strukturisasi waktu yang tersusun dengan sistematis mengenai peristiwa sejarah dengan adanya pembagian atas beberapa babak, zaman atau periode.

Manfaat Periodisasi

Manfaat adanya pembuatan periodisasi dalam sejarah. Antara lain sebagai berikut;

  1. Bisa menyatukan kejadian yang memang berangkai antara peristiwa sejarah

Melalui periodisasi atau pembabakan waktu maka hal ini bermanfaat untuk bisa menyatukan kejadian atau peristiwa yang memang terjadi berdasarkan kejadian sejarah. Sehingga kumpulan sejarah begitu banyak namun dapat dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh dan bisa dipahami dengan lebih mudah.

  1. Menghindari kebosanan belajar sejarah

Periodisasi yang memuat waktu-waktu peristiwa tertentu dalam sejarah ini juga membuat seseorang yang sedang belajar ilmu sejarah akan terhindar dari rasa bosan.

Alasannya karena dengan pemababakan waktu yang jelas para pembaca bisa melihat struktur waktu yang runtut dan tidak menyebabkan mereka bingung. Sehingga justru bisa meningkatkan semangat untuk mempelajari sumber sejarah yang terajadi pada masa lampau.

  1. Mendapatkan pandangan kejadian peristiwa sejarah

Manfaat periodisasi selanjutnya yaitu untuk memperoleh suatu pandangan mengenai kejadian peristiwa sejarah yang terjadi. Pada dasarnya jumlah tahun kejadian peristiwa sangatlah banyak, sehingga rangkaian-rangkaian tahun dan lain sebagainya tersebut dijadikan sebagai deretan yang tak berujung dan tak berpangkal.

Maka dari itu untuk bisa memperoleh gambaran atau pandangan harus dibentuk susunan yang lebih sederhana dan semua deretan tersebut pun wajib untuk dibagi-bagi melalui sebuah periodisasi.

  1. Dapat memudahkan ingatan

Dengan adanya pembagian waktu dalam sejarah makan hal ini juga bermanfaat untuk lebih memudahkan ingatan mengenai peristiwa yang terjadi pada masa lampau tersebut. Apabila periodisasi tidak ada, maka kejadian atau peristiwa-peristiwa yang terjadi begitu banyak dan sulit untuk mengingatnya.

  1. Menjadikan sebuah peristiwa terstruktur dengan kurun waktu yang sesuai dengan kejadian

Periodisasi juga bermanfaat untuk membuat peristiwa sejarah yang terjadi menjadi lebih terstruktur dalam kurun waktu tertentu. Hal ini juga menyebabkan bahwa sejarah memiliki cerita yang berkelanjutan dari setiap peristiwa yang terjadi berdasarkan waktunya.

  1. Mengenal latar belakang dan peristiwa suatu sejarah dalam kurun waktu tertentu, berbeda tempat, berbeda kejadian

Manfaat adanya periodisasi dalam sejarah yang berikutnya yaitu digunakan untuk mengenal latar belakang dari setiap peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi berdasarkan kurun waktu teretntu. Artinya setiap peristiwa sejarah bisa dilihat dari mana latar belakang tempatnya, bagaimana kejadiannya, kapan, dan apa yang menjadi penyebabnya.

  1. Mempercepat seseorang yang ingin belajar ilmu sejarah

Karena sejarah ditulis secara runtut atau sistematis berdasarkan periodisasinya masing-masing. Maka hal ini berdampak baik pula bagi mereka yang ingin belajar ilmu sejarah yaitu bisa menjadi lebih cepat tanggap dan memahaminya.,

  1. Dasar penyusunan cerita sejarah

Sejarah yang disusun dengan periodisasi tertentu maka akan memberikan dampak kronologis pada penyusunan tersebut. Sehingga dengan pembabakan waktu itu pula bisa dijadikan sebagai dasar penyusunan cerita sejarah sesuai denagn periode-periode waktu tertentu.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca terkait dengan manfaat adanya periodisasi dalam sejarah bagi sejarawan ataupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Semoga memberikan pemahaman yang mendalam.

Daftar Sumber Tulisan

Listiyani, D. A. 2009. Sejarah untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *