Contoh Paleontologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Contoh Ilmu Paleontologi

Pernahkah anda mendengar istilah paleontologi? Pada dasarnya paleontologi ini merupakan suatu hal yang berhubungan dengan sumber sejarah. Selain itu ruang lingkup paleontologi itu sendiri yaitu berkisar tentang segala sesuatu yang telah hidup di masa lalu atau bisa dikatakan organisme purba.

Organisme purba tersebut apabila dijabarkan bisa berupa hewan, tumbuhan, protista, jamur maupun bakteri yang pada masa kini sudah punah dan tertinggal fosil-fosil, jejak peradaban, lingkungan, serta peninggalan-peninggalan lainnya. Maka dari itu manusia di masa sekarang ini hanya bisa meneliti dari jejak-jejak yang tertinggal. Kemudian untuk istilah paleontologi ini secara umum dapat di golongkan menjadi dua yaitu paleobotani atau tumbuhan  purba dan paleozoologi atau hewan  purba.

Paleontologi

Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai bentuk-bentuk kehidupan yang sebelumnya sudah pernah ada di masa lampau termasuk evolusi dan interaksi satu dengan lainnya serta lingkungan kehidupannya selama umur  bumi atau dalam skala waktu geologi terutama yang diwakili oleh fosil.

Sedagkan istilah paleontologi ini berasal dari kata paleo, onto, dan logos. Arti kata paleo yaitu masa lampau, sedangkan onto ialah kehidupan dan kemudian untuk logos berarti ilmu. Sehingga apabila digabungkan menjaadi satu kesatuan pengertian paleontologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang masa lampau atau kehidupan arti sejarah di masa terdahulu.

Contoh Paleontologi

Untuk lebih jelas memberikan makna mengenai paleontologi maka berikut dibawah ini merupakan beberapa contoh paleontologi dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Rekonstruksi sejarah kehidupan pada masa lampau baik di bidang hewan dan perkembangan manusia

Proses rekonstruksi kehidupan ini dilakukan karena memiliki tujuan yang hendak dicapai. Tentunya tujuan yang paling utama ialah diguanakan sebagai bahan penelitian untuk perkembangan ilmu yang semakin baik ini. Proses rekonstruksi ini juga berguna untuk melihat secara langsung bagaimana kehidupan yang dilakukan manusia pada zaman dahulu kala.

Pelaksanaan rekonstruksi yaitu dilakukan melalui rekonstruksi fosil karena fosil ditemukan dalam lapisan/strata  batuan  yang berlainan sehingga dapat diketahui perkiraan waktu munculnya dan kehidupan makhluk yang telah menjadi fosil tersebut.

Dengan demikian akan ditemukan informasi baru yang bisa menambah catatan sejarah mengenai manusia-manusia purba dizaman dahulu kala.

  1. Menganalisa pola dan suksesi suatu vegetasi dari waktu ke waktu

Contoh paleontologi yang satu ini yaitu menganalisa atau mempelajari kehidupan pada masa purba di mana kondisi bumi yang sering mengalami perubahan setiap saat sangat memungkinkan terjadinya perubahan kondisi lingkungan yang ekstrim.

Dengan hal tersebut tentunya bisa mempengaruhi kehidupan spesies dan vegetasi tanaman di masa tersebut. Melalui ilmu paleontologi ini manusia dimasa sekarang bisa tahu bagaimana manusia zaman dahulu bisa bertahan hidup, kegiatan yang dilakukan dengan cara penganalisasian tersebut.

  1. Menganalisa mengenai aspek-aspek perubahan iklim yang terjadi

Proses analisa ini tentunya sangat baik untuk merekonstruksi dampak perubahan iklim pada lingkungan. Sehingga dengan adanya ilmu paleontologi ini manusia di masa sekarang bisa mempelajari atau bahkan meneliti bagaimana hubungan antara hewan dan tumbuhan yang hidup pada lingkungan zaman purba dahulu.

  1. Menganalisa kehidupan biokultural manusia sejak manusia muncul di bumi

Ilmu paleontologi ini salah satu contohnya yaitu menganalsisa proses evolusi manusai melalui masa ke masa dan wilayah distribusinya seluas dan selama mungkin.

Melalui analisa ini maka akan diketahui bahwa perkembangan sejarah manusia dari zaman dahulu kala memang begitu panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bisa sampai pada tahap yang semakin maju seperti sekarang ini.

  1. Menganalisa proses adaptif yang dilakukan makhluk hidup terhadap perubahan kondisi lingkungan

Contoh paleontologi yang berikutnya yaitu menganalisa proses atau kegiatan makhluk hidup yang mampu beradapatasi dengan perubahan kondisi lingkungan. Dengan mempelajari hal ini maka akan diperolh informasi mengenai cara-cara hidup manusia zaman dahulu sekaligus cara mempertahankan diri dari berbagai dampak musim yang sewaktu-waktu bisa berubah kapan saja.

Melalui proses adaptif ini pula akan diketahui kemampuan yang manusia lakukan pada zaman dahulu agar tidak punah, karena iklim atau kondisi bumi tidak bisa diatur dan bisa berubah setiap saat. Proses adaptasi ini pula juga membuka zona adaptif yang baru yaitu berupa suatu kumpulan kondisi hidup dan sumber daya baru dengan memberikan banyak kesempatan yang sebelumnya tidak dimanfaatkan.

  1. Rekonstruksi sejarah dunia tumbuhan

Pada ilmu paleontologi juga ada contoh lain yaitu berupa rekonstruksi sejarah dari tumbuhan. Pelru anda ketahui bahwa kegaiatan semacam ini perlu dilakukan karena fosil tumbuhan dari suatu kolom geologis tertentu berbeda dengan yang terdapat pada kolom geologis lainnya. Sehingga dengan kondisi semacam ini nantiya dengan proses rekonstruksi akan diketahui jenis tumbuhan yang ada dari waktu ke waktu.

Dengan kata lain melalui ilmu atau penelitian ini dapat diketahui sejarah dunia tumbuhan dari masa ke masa. Khususnya yaitu mengenai kapan kelompok tumbuhan tersebut mulai muncul di muka bumi, kapan perkembangan maksimalnya, dan kapan kelompok tumbuhan tersebut bisa punah.

Semua yang dilakukan pada proses ini tidak ada yang sia-sia, sebaliknya justru sangat baik dan membantu membrikan informasi atau ilmu baru untuk kehidupan yang semakin maju ini.

  1. Menganalisis benda-benda peninggalan

Contoh paleontologi yang selanjutnya yaitu peninggalan benda-benda yang dahulunya sering kali dipakai oleh manusia-manusia purba. Tentunya dengan melakukan analisis pada benda peninggalan tersebut bisa memberikan pengaruh yang baik untuk ilmu sejarah yang lebih banyak lagi informasinya.

Dengan penelitian benda peninggalan itu pula maka pada masa ini kita mengenal ada berbagai zaman di masa dahulu karena dari bahan alat yang sudah dibuat oleh manusia purba. Zaman-zaman tersebut diantaranya yaitu zaman batu, zaman besi, zaman perunggu, dan zaman logam.

  1. Mengenal kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan pada masa dahulu melalui alat yang ditinggalkan

Melalui benda peninggalan yang ditemukan, maka para ahli bisa melihat dan menganalisis bahwa manusia dizaman dahulu melakukan kegiatan seperti apa dan bagaimana dengan menggunakan alat peninggalan itu sendiri. Apakah mereka bercocok tanam, berburu, menangkap ikan dan lain sebagainya.

  1. Menganalisa endapan dari masa karbon

Proses yang satu ini sangat bermanfaat dan bisa membantu kehidupan manusia di masa sekarang menjadi lebih baik lagi. Analisa endapan dari masa karbo ini ternyata dilakukan pada tumbuhan dengan catatan yang mmpunyai potensi dalam presiksi sifat-sifat batubara.

Melalui proses ini pula maka bisa diketahui macam batubara serta dari tumbuhan apa batubara tersebut berasal dan terbentuk. Secara otomatis hal ini sangat berfungsi untuk kehidupan di masa sekarang yang pada dasarnya juga tidak bisa lepas dari yang namanya batu bara itu sendiri.

  1. Melakukan dedukasi mengenai aspek-aspek perubahan iklim

Pada proses ini yaitu dilakukan kegiatan rekonstruksi lingkungan masa lampau beserta perubahan – perubahan yang terjadi. Tentunya proses ini bermaksud sekaligus bertujuan untuk mempelajari hubungan antara tumbuhan dengan hewan yang menghuni lingkungan di masa lampau dahulu.

Salah satu perubahan iklim disini juga seringkali dapat diungkap dengan pendekatan ini yaitu berupa perubahan ternperatur rata-rata.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dipahami bahwa paleontologi merupakan ilmu yang berhubungan erat dengan berbagai bentuk zaman pada masa terdahulu, baik dari masa pada saat manusia belum mengenal apapun atau zaman prasejarah hingga manusia mengalami perubahan sejarah yang semakin berkembang baik lagi.

Selain itu istilah paleontologi juga memiliki arti yaitu ilmu yang mempelajari makhluk hidup purba yaitu berupa fosil-fosilnya yang masih tersisa. Mempelajari fosil dalam kegiatan paleontologi ini tentunya bertujuan untuk mengetahui seluk beluk sejarah manusia purba pada zaman dahulu.

Maka dari itu apabila ditarik kesimpulan, arti kata paleontologi adalah ilmu mengenai makna fosil sebab jejak kehidupan zaman purba terekam dalam fosil tersebut.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh kajian ilmu paleontologi yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi serta literasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *