Pengertian Arkeologi, Ruang Lingkup, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Arkeologi Adalah

Arkeologi pada dasarnya adalah studi tentang kemanusiaan dan masa lalunya. Para arkeolog mempelajari hal-hal yang diciptakan, digunakan atau diubah oleh manusia. Mereka melakukan perubahan dan keberlanjutan ini dengan mempelajari sisa-sisa material berupa barang-barang yang mereka tinggalkan, seperti alat-alat litik, rumah gubuk sederhana, kerangka yang ditutupi dengan perhiasan, dan lain-lain.

Arkeologi dipraktikkan di seluruh dunia oleh para arkeolog yang bekerja dengan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu lain untuk membantu menjawab pertanyaan tentang siapa kita dan dari mana kita berasal. Dengan melakukan itu, para arkeolog menemukan bukti yang bermanfaat untuk menjelaskan apa yang akan terjadi di masa depan kita. Beberapa contoh benda-benda peninggalan areologis misalnya Batu Rosetta, Terracota, Pompeii, dan lain-lain.

Arkeologi

Arkeologi adalah studi tentang aktivitas manusia melalui pemulihan dan analisis budaya material. Catatan arkeologis terdiri dari arti artefak, arsitektur, biofak atau ekofak dan lanskap budaya.

Arkeologi dapat dianggap sebagai ilmu sosial dan cabang humaniora. Di Eropa ia sering dipandang sebagai suatu disiplin dalam dirinya sendiri atau sub-bidang dari disiplin lain, sedangkan di Amerika Utara arkeologi adalah sub-bidang antropologi.

Arkeolog mempelajari prasejarah dan sejarah manusia, dari pengembangan alat batu pertama di Lomekwi di Afrika Timur 3,3 juta tahun yang lalu hingga dekade terakhir. Arkeologi berbeda dari paleontologi, yang merupakan studi tentang sisa-sisa arti fosil.

Sangat penting untuk belajar tentang masyarakat prasejarah. Prasejarah mencakup lebih dari 99% dari masa lalu manusia, dari Paleolitik hingga munculnya literasi dalam masyarakat di seluruh dunia.

Arkeologi memiliki berbagai tujuan, mulai dari memahami makna sejarah budaya hingga merekonstruksi kehidupan masa lalu hingga mendokumentasikan dan menjelaskan perubahan dalam masyarakat manusia melalui waktu.

Disiplin ini melibatkan survei, penggalian, dan akhirnya analisis data yang dikumpulkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang masa lalu. Dalam lingkup luas, arkeologi bergantung pada penelitian lintas-disiplin, yang mengacu pada antropologi, sejarah, sosiologi, geografi, geologi, etnologi, semiologi, fisika, informatika, kimia, statistika, paleoekologi, paleografi, paleontologi, paleozoologi, dan paleobotani, dan lain-lain.

Pengertian Arkeologi

Arkeologi adalah studi tentang masa lalu manusia menggunakan sisa-sisa material. Sisa-sisa ini dapat berupa benda apa pun yang dibuat, dimodifikasi, atau digunakan orang. Kata “arkeologi” berasal dari kata Yunani “arkhaios”, yang artinya yaitu “kuno.”

Arkeologi adalah bidang studi yang beragam. Kebanyakan arkeolog fokus pada wilayah tertentu di dunia atau topik studi tertentu. Spesialisasi memungkinkan seorang arkeolog untuk mengembangkan keahlian pada masalah tertentu. Beberapa arkeolog mempelajari sisa-sisa manusia (bioarchaeology), hewan (zooarchaeology), tanaman purba (paleoethnobotany), alat-alat batu (lithics) dan lain-lain.

Beberapa arkeolog berspesialisasi dalam teknologi yang menemukan, memetakan, atau menganalisis situs-situs arkeologi. Para arkeolog bawah air mempelajari sisa-sisa aktivitas manusia yang terletak di bawah permukaan air atau di pantai.

Pengertian Arkeologi Menurut Para Ahli

Adapun definisi arkeologi menurut para ahli, antara lain:

  1. Cottrell Leonard, Arkeologi adalah cerita mengenai manusia dengan merujuk kepada tinggalan seperti peralatan yang digunakan, monumen, rangka manusia dan segala yang terhasil dari inovasiyang diciptanya.
  2. Glyn Danial, Pengertian arkeologi adalah satu cabang sejarah yang mengkaji tinggalan-tinggalan masa lampau.
  3. Frank Hole dan Robert F. Heizer, Makna arkeologi adalah sebagai suatu kajian tentang masa silam manusia yang dikaji terutama melalui benda-benda peninggalannya.

Ruang Lingkung Arkeologi

Pada dasarnya, berbagai hal yang berkaitan dengan manusia dan lingkungannya bisa digali datanya melalui arkeologi, sehingga bisa dikatakan bahwa arkeologi mempunyai area pengkajian yang meliputi seluruh aspek yang dilakukan manusia dalam hidupnya.

Arkeologi mampu mengkaji ‘sangkan paraning dumadi’ yang mencakup:

  1. Bagaimana sistem pemukiman manusia masa lalu (setlement archaeology),
  2. Bagaimana hubungan manusia dengan lingkungannya (environment archaeology),
  3. Bagaimana sistem perekonomiannya (economic archaeology)
  4. Bagaimana sistem kepercayaannya (religion archaeology)
  5. Bagaimana kehidupan sosialnya (social archaeology)
  6. Bagaimana sistem nilai seninya (art in archaeology)
  7. Bagaimana diaspora manusia masa lalu (geo-archaeology)
  8. Bagiamana sistem industrinya (industrial archaeology)
  9. Bagaimana hal-hal tersebut berkaitan dengan lingkungan air (underwater archaeology) dan lain-lainnya.

Arkeologi secara khusus bertujuan mengkaji tentang budaya di masa lampau, baik pada masa prasejarah, yaitu masa sebelum mengenal tulisan), maupun pada masa sejarah, yaitu ketika sudah terdapat bukti-bukti tertulis.

Dalam perkembangannya, arkeologi juga dapat mengkaji tentang budaya masa kini, sebagaimana yang dipopulerkan dalam kajian budaya bendawi modern (modern material culture). Ketergantungan arkeologi pada benda-benda peninggalan masa lalu, membuat arkeologi sangat membutuhkan kelestarian benda-benda tersebut sebagai sumber data.

Manfaat Arkeologi

Arkeoologi bisa bermanfaat dalam membantu umat manusia. Bagaimana caranya? Cara pertama bahwa arkeologi dapat membantu umat manusia, adalah melalui pelestarian masa lalu. Coba kita pikirkan sejenak!

Beberapa abad ke depan, ketika kita semua sudah tiada, apa yang akan terjadi adalah bahwa kita akan menjadi subyek arkeologi. Kita akan menjadi subjek dari upaya penggalian, dan keinginan generasi yang akan datang adalah untuk memahami kita, mentalitas kita, dan tindakan kita.

Ini berarti bahwa generasi masa depan akan belajar dari kesalahan kita, sama seperti yang kita lakukan sekarang. Arkeologi adalah sesuatu yang harus dipelajari, untuk membantu memahami perjuangan generasi masa lalu.

Ketika kita memahami kondisi masa lalu, kita memastikan bahwa kesalahan orang-orang pada masa lalu tidak terulang, atau paling tidak, kesalahan diperbaiki secepat mungkin. Ini membawa kita pada keunggulan kedua arkeologi, yaitu peningkatan pemahaman kita tentang sifat manusia.

Kita tidak hanya mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang manusia secara biologis, tetapi kita juga mendapatkan pemahaman tentang manusia secara psikologis. Psikologi memiliki tingkat pengaruh besar dalam pembentukan peradaban dan masyarakat, dan orang-orang di masa lalu tidak terkecuali.

Mempelajari budaya kuno melalui arkeologi, memungkinkan kita untuk mengumpulkan sejarah tentang bagaimana psikologi individu dan massa beroperasi. Memproyeksikan prinsip dan hukum yang memengaruhi masa lalu pada masalah saat ini dapat membantu kami mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang masalah itu.

Hal tersebut membawa kita ke poin ketiga, yaitu kemampuan untuk berinovasi dalam bidang ide dan teknik untuk memecahkan masalah hari ini. Pemahaman kita tentang poros waktu yang terkait dengan kehidupan manusia, dan pelajaran yang kami ekstrak untuk mereka, memungkinkan kami untuk menciptakan solusi yang efektif untuk menangani masalah-masalah saat ini.

Ini muncul dengan menyadari hubungan sebab-akibat, yang mengarah pada hasil yang dialami umat manusia saat ini. Hubungan sebab dan akibat yang berulang-ulang yang telah menyebabkan bencana bagi peradaban dan kemunculan orang-orang hebat, berarti bahwa umat manusia dapat membuang lebih sedikit waktu untuk mengulangi kesalahan masa lalu, dan lebih banyak waktu menangani tantangan masa depan.

Selain untuk konteks kehidupan masyarakat yang lebih luas, arkeologi juga sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan khususnya untuk pembelajaran sejarah, yaitu benda bernilai sejarah yang ditemukan bisa di pertanggung jawabkan kerelevanannya melalui data yang didapatkan oleh arkeolog mengenai usia benda sejarah tersebut.

Selain itu, juga bisa diketahui pada masa apakah benda itu berasal dan lain sebagainya. ilmu arkeolog akan menjawab berbagai pertanyaan tersebut melalui penelitian yang telah dilakukan.

Contoh Penemuan Arkeologi

Berikut ini beberapa contoh benda peninggalan masa lalu yang ditemukan oleh para arkeolog, antara lain:

  1. Batu rosettta

Pada 1799, sekelompok tentara Prancis membangun kembali benteng militer di kota pelabuhan el-Rashid (atau Rosetta), Mesir, secara tidak sengaja menemukan apa yang menjadi salah satu artefak paling terkenal di dunia, yaitu Batu Rosetta.

Lempengan batu kuno ini diukir pada tahun 196 SM dan mengemban sebuah dekrit kerajaan yang dikeluarkan oleh para imam atas nama Ptolemeus V, yang saat itu penguasa Kekaisaran Ptolemeus di Mesir.

Dekrit tentang batu Rosetta tertulis dalam tiga skrip: hieroglif Mesir kuno, skrip demotik Mesir, dan Yunani kuno. Pada tahun 1822, ahli sejarah Mesir Jean-François Champollion menguraikan hieroglif di atas batu tersebut, yang memungkinkan terjemahan teks-teks lain di masa depan yang ditulis dalam bahasa Mesir kuno dan menghidupkan kembali sejarah dan budaya Mesir kuno yang hilang.

  1. Prajurit Terracotta

Pada 1974, para petani Cina menggali salah satu temuan arkeologis terbesar abad ke-20, yaitu tentara terakota kaisar pertama China, Qin Shi Huang (259 SM – 210 SM). Para prajurit tanah liat, serta kereta kuda dan kuda-kuda mereka, diukir dengan susah payah dan kemudian dimakamkan di dekat makam kaisar untuk membelanya di akhirat. Figur terakota lainnya, termasuk pemain akrobat dan musisi, juga dimakamkan bersama mendiang penguasa.

Terletak di bawah tanah di dekat kota Xi’an di provinsi Shaanxi Cina, koleksi besar tokoh-tokoh kuno ini terletak kurang dari satu mil dari mausoleum berbentuk piramida kaisar pertama. Tapi tempat peristirahatan terakhir kaisar tidak pernah digali.

Para arkeolog berpikir bahwa makam mewah itu memiliki ukuran sangat besar, yang berupa replika kota Xi’an seluas 38 mil persegi (98 kilometer persegi), dan lengkap dengan jaringan saluran air dan fitur topografi, seperti gunung dan bukit.

Para ilmuwan telah menggunakan penginderaan jauh dan perangkat radar untuk mngkaji lebih lanjut tentang kota metropolis bawah tanah ini, tapi belum memasuki makam karena disebabkan oleh masalah kesehatan.

Deskripsi makam yang ditulis seabad setelah pemerintahan kaisar menyatakan bahwa sungai dan aliran palsu di dalam makam pernah mengalir dengan merkuri beracun, dan kandungan merkuri yang sangat tinggi dari tanah di dekat makam memberikan kepercayaan pada catatan kuno ini.

  1. Pompeii

Pada tahun 79 M., letusan Gunung Vesuvius menyelimuti kota Pompeii Romawi dalam awan gas dan puing-puing vulkanik, menewaskan salah satu penduduk kota yang tidak berhasil melarikan diri. Sisa-sisa kota dan warganya dimakamkan di bawah lapisan batu apung dan abu sedalam 19 hingga 23 kaki (6 hingga 7 meter).

Pompeii tetap tidak terganggu selama lebih dari seribu tahun sampai, pada akhir abad ke-16, seorang arsitek bernama Domenico Fontana tersandung pada dinding kuno yang tertutup fresco di kediaman Pompeii saat mengerjakan proyek infrastruktur.

Namun, tidak ada penggalian lebih lanjut dilakukan di situs ini sampai pertengahan abad ke-18, ketika pekerja menggali sebuah fondasi untuk istana musim panas Raja Napoli menggali sisa-sisa Herculaneum (kota terdekat yang mengalami nasib yang sama seperti Pompeii).

Pompeii sendiri sengaja digali tidak lama sesudahnya. Berabad-abad kemudian, kota ini terus menjadi daya tarik populer bagi para wisatawan, dan banyak artefak dari situs ini dapat dilihat di Museum Arkeologi Nasional Naples.

Demikianlah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian arkeologi menurut para ahli, ruang lingkup, manfaat, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *