Fungsi Dolmen dan Menhir

Diposting pada

Fungsi Dolmen dan Menhir

Perjalanan sejarah yang terjadi dalam hidup ini pastinya telah memakan banyak waktu sehingga bisa menghasilkan berbagai peristiwa atau kejadian yang tidak bisa dilupakan. Pada dasarnya perubahan sejarah dari waktu ke waktu selalu bisa dipelajari dengan baik sebagai bentuk untuk menambah wawasan atau pengetahuan setiap orang.

Selain itu, dalam mempelajari arti ilmu sejarah kita juga bisa menemukan berbagai benda-benda yang dinamakan arkeologi. Dimana benda tersebut merupakan peninggalan di setiap peristiwa yang terjadi pada masa tertentu. Beberapa contoh benda peninggalan yang sering dipelajari dalam mata pelajaran sejarah ialah dolmen dan menhir yang termasuk jenis benda peninggalan pada masa megalithikum.

Dolmen dan Menhir

Dolmen dan menhir adalah istilah kata yang mungkin bagi sebagian orang masih ada yang belum tahu persis mengenai kedua benda peninggalan tersebut. Penjelasan lebih lanjut;

Dolmen

Perlu anda ketahui bahwa dolmen adalah benda yang berbentu meja dan terbuat dari batu. Biasanya dolmen ini digunakan untuk tempat meletakkan sesaji dalam melakukan penyebahan pada roh-roh yang dipercaya memiliki keagungan pada masyarakat setempat.

Menhir

Sedangkan yang dimaksud menhir adalah benda peninggalan pada zaman sejarah yang terbuat dari bahan batu tunggal atau monolith dengan ukuran yang cukup besar yaitu seperti tiang atau tugu. Menhir ini biasanya diletakan di atas tanah dengan posisi tegak.

Selain itu menhir termasuk hasil kebudayaan megalit yang difungsikan sebagai tanda peringatan dan lambang arwah nenek moyang.

Fungsi Dolmen

Fungsi dolmen pada zaman megalitikumantara sampai dengan sekarang. Antara lain sebagai berikut;

  1. Sebagai tempat meletakkan sesaji

Dolmen kerapkali dijadikan meja untuk meletakan sesaji yang akan digunakan sebagai persembahan para roh leluhur atau nenek moyang.

  1. Sebagai tempat meletakkan mayat

Pada awalnya dolmen dijadikan sebagai tempat untuk meletakan mayat agar tidak dimakan binatang buas karena dolmn terbuat dari batu yang begitu keras

  1. Sebagai tempat pemakaman

Dolmen kerapkali juga difungsikan sebagai tempat pemakaman bagi orang-orang yang telah meninggal. Fungsi ini dijadikan sebagai tempat sembahyang

  1. Tempat pemujaan

Fungsi yang terakhir yaitu dolmen digunakan untuk tempat pemujaan para roh atau nenek moyang yang sudah dipercayai oleh masyarakat setempat pada zaman sejarah dahulu kala

Contoh Dolmen

Misalya saja;

  1. Lampung Barat

Contoh dolmen yang ada di Indonesia yaitu dolmen yang ditemukan di Telaga Mukmin, Sumberjaya, Lampung Barat. Benda yang satu ini memiliki ukuran panjang sekitar 325 cm dengan lebar 145 cm dan tinggi 115 cm. selain itu domen ini juga disangga oleh beberapa batu besar dan kecil.

Perlu anda ketahui pula bahwa hasil penggalian dolmen yang ditemukan di Telaga Mukmin ini juga tidak menunjukkan adanya sisa-sisa penguburan.

  1. Jawa Timur dan Sumatra Selatan

Beberapa penemuan dolmen yang lainnya juga terdapat di bebeapa daerah lain seperti di Jawa Timur dan Sumatra Selatan. Dolmen yang ditemukan tersebut merupakan hasil kebudayaan megalitikum.

Tentunya kebudayaan megalitikum tersebut juga memiliki definis tersendiri yaitu mempercayai bahwa pada zaman megalit ini setiap  bangunan yang di didirikan selalu berdasarkan kepercayaan mengenai hubungannya antara yang hidup dan yang mati terhadap kesejahtraan masyarakat dan kesuburan tanaman.

Selain itu, dolmen juga dianggap sebagai media atau peralatan yang di fungsikan untuk mengadakan upacara pemujaan terhadap roh nenek moyang.

Fungsi Menhir

Beberapa fungsi menhir ialah sebagai berikut ini;

  1. Sebagai tempat penguburan

Menhir merupakan salah satu alat yang digunakan untuk penguburan mayat yang telah meninggal di zaman sejarah

  1. Sebagai alat upacara pemujaan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa menhir digunakan untuk keperluan keagamaan dan salah satunya yaitu untuk alat upacara pemujaan para roh nenek moyang atau leluhur.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada semua kalangan berkenaan dengan fungsi dolmen dan menhir yang ada dalam kebudayaan. Semoga memberikan wawasan serta edukasi mendalam bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *