Ciri Zaman Logam dan Contoh Peninggalannya

Diposting pada

Ciri Zaman Logam

Perkembangan hidup manusia pada dasarnya telah melewati beberapa tahapan dan semuanya telah tercatatan dalam sumber sejarah yang begitu panjang. Pada zaman prasejarah terdahulu, kehidupan manusia dibedakan menjadi beberapa macam zaman, yang mana hal itu didasarkan alat-alat yang digunakan mulai dari zaman batu dan logam. Zaman logam sendiri dimulai setelah zaman batu batu mudah atau disebut dengan istilah zaman neolitikum.

Sebagai informasi dengan dimulainya zaman logam, maka bukan berarti bahwa zaman batu telah berakhir. Karena pada saat zaman logam berlangsung pada waktu itu masih terdapat beberapa peralatan yang terbuat dari bahan batu itu sendiri. Nama zaman logam ini digunakan sebagai wujud bukti bahwa pada waktu itu masyarakat telah mengenal alat-alat dari bahan logam dan mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk meringankan pekerjaan dan lain-lain.

Zaman Logam

Pada dasarnya zaman logam ini ternyata terbagi menjadi dua, yaitu zaman perunggu dan zaman besi. Akan tetapi pada pembagian zaman tersebut ada kebingungan yang mendasar salah satunya yaitu bahwa di negara Indonesia hanya terdapat zama perunggu.

Alasannya ialah karena alat-alat perkakas dari bahan besi tidak terlalu banyak perbedaan dengan alat-alat zaman perunggu itu sendiri.

Sedangkan untuk catatan arti sejarah zaman logam ini berlangsung sekitar 4000 tahun dahulu. Di zaman logam ini pula banyak masyarakat yang sudah membuat alat gangsa dan besiserta menciptakan pula perkakas dari bahan logam.  Zaman logam termasuk zaman yang semakin bekembang dibandingkan zaman-zaman sebelumnya. Karena pada zaman ini masyarakat sudah mengenal beberapa teknik pembuatan barang seperti teknik melebur logam dan teknik cetak untuk menjadikan alat – alat yang mereka perlukan atau inginkan sendiri.

Kemudian untuk teknik pembuatan alat yang berasal dari logam pada dasarnya ada dua macam, yaitu melalui cetakan batu dan cetakan tanah liat serta lilin. Cetakan dari batu umumnya dinamakan bivalve, sedangkan untuk cetakan tanah liat dan lilin disebut a cire perdue.

Ciri Zaman Logam

Adapun karakteristik yang ada dalam zaman logam adalah sebagai berikut;

  1. Suka hidup secara menetap di satu tempat

Jika anda mengenal arti nomaden atau masyarakat yang suka hidup secara berpindah-pindah tempat maka hal itu bukanlah termasuk ciri dari zaman logam. Karena pada dasarnya di zaman logam ini masyarakatnya sudah bisa hidup secara menetap di satu tempat, dan hal ini merupakan perkembangan yang sangat baik dibandingkan zaman sebelum-sebelumnya.

  1. Bercocok tanam dan Berburu

Bercocok dan berburu juga menjadi salah satu aktivitas atau pekerjaan yang masyarakat lakukan di zaman logam. Tentunya dengan mengenal cara-cara seperti bercocok tanam dan berburu memberikan pemahaman bahwa manusia di zaman logam ini telah mengenal pengetahuan yang lebih banyak lagi dan bisa hidup lebih berkembang.

Selain itu dengan mengenal cara bercocok tanam juga bisa membuat seseorang lebih mudah dalam mendapatkan bahan makanan, seperti sayuran dan lain sebagainya.

  1. Menangkap dan menternak binatang

Pada zaman logam masyarakat tidak hanya mengenal cara bercocok tanaman dan berburu saja. Akan tetapi mereka juga sudah mengenal cara menangkap dan menternak binatang.

Sehingga semakin lengkap pemahaman yang masyarakat ketahui maka akan memudahkan mereka untuk mengenal kehidupan yang lebih maju lagi. Selain itu salah satu binatang yang diternakkan yaitu ayam dan sejenis unggas lainnya.

  1. Berdagang secara bertukar barang

Istilah barter mungkin sudah pernah anda dengar. Pada masa logam ini, masyarakat umumnya telah melakukan barter yaitu tukar menukar barang pada kegiatan berdagang. Sistem barter inilah yang nantinya akan mengawali kehidupan manusia menjadi lebih maju lagi, karena dari proses ini perkembangan akan semakin baik.

  1. Mencipta alat logam daripada gangsa dan besi

Ciri berikutnya pada zaman logam yaitu masyarakat sudah mampu menciptakan berbagai perkakas yang terbuat dari bahan logam maupun besi. Pada proses ini masyarakat juga sudah mengenal beberapa teknik untuk pembuatan alat-alat tersebut. Sehingga kemampuan yang dimiliki masyarakat juga semakin meningkat dari zaman sebelumnya.

  1. Sudah mempunyai kepercayaan dan pegangan hidup tertentu

Masyarakat di zaman logam sudah mengenal dan meyakini kepercayaan yang membuat hidupnya semakin berarti. Ini artinya pada zaman logam masyarakat sudah mengerti hal-hal yang hubungannya dengan keyakinan hati dan memiliki pedoman yang harus mereka lakukan untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Contoh Peninggalan Zaman Logam

Berikut dibawah ini yang termasuk contoh alat-alat yang menjadi peninggalan zaman logam. Antara lain;

  1. Candrasa

Jenis benda peninggalan pertama yang ada pada zaman logam ialah candrasa. Alat candrasa ini disebut juga dengan benda yang memiliki kemiripan sejenis kapak. Akan tetapi bentuk dari alat tersebut yaitu lebih indah dan satu sisinya panjang.

Benda peninggalan candrasa ini biasanya ditemukan pada daerah Yogyakarta. Sedangkan alat ini sendiri yaitu dipergunakan untuk kepentingan upacara keagamaan dan sebagai tanda kebesaran.

  1. Mata sabit

Mata sabit adalah salah satu benda peninggalan pada zaman logam dan alat ini memiliki kegunaan yang paling utama yaitu untuk menyabit tumbuhan. Maka dari itulah alat ini dinamakan dengan matas sabit. Selain itu alat ini juga digunakan untuk melakukan perburuan hewan.

Perlu anda ketahui bahwa benda peninggalan mata sabit ini termasuk salah satu jenis peninggalan yang cukup mudah ditemukan, karena pada waktu itu banyak masyarakat yang menggunakan alat satu ini. Bahkan ada beberapa alat jenis lain yang kegunaannya juga hampir sama.

  1. Perhiasan

Contoh peninggalan pada zaman logam yang selanjutnya ialah perhiasan. Perhiasan di zaman logam ini contohnya yaitu ada beberapa macam mulai dari cincin, kalung, anting-anting dan gelang. Alat perhiasan ini kemungkinan pada zaman dulu digunakan untuk mempercantik diri atau hanya digunakan sebagai barang simpanan.

  1. Moko

Moko merupakan benda peninggalan yang bentuknya mirip dengan benda nekara. Akan tetapi benda peninggalan moko ini mempunyai ukuran yang lebih kecil. Selain itu kegunaan atau fungsi dari benda ini yaitu untuk benda pusaka dari seorang kepala suku.

Dimana benda ini biasanya digunakan atau sering kali diwariskan kepada anak laki-laki kepala suku maupun dijadikan untuk mas kawin. Benda peninggalan moko ini umumnya banyak ditemukan di Pulau Alor serta Manggarai (Pulau Flores).

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan karakteristik zaman logam dan contoh alat peninggalannya. Semoga memberikan wawasan serta edukasi mendalam bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *