Contoh Kronologi dalam Sejarah dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Kronologis Sejarah

Dalam mempelajari ilmu sejarah tidak bisa hanya dilakukan satu atau dua hari saja. Alasannya karena sejarah memiliki banyak cerita. Hal itulah mengapa ada yang dinamakan perubahan sejarah dari setiap zaman, karena sejarah selalu bisa muncul atau hadir dalam setiap kehidupan. Dari hal itu pula kita bisa mengetahui bahwa sejarah merupakan suatu hal yang terjadi dengan waktu tertentu sehingga bisa dilihat kronologisnya dengan sangat jelas.

Berbicara mengenai kronologi dalam sejarah, pada dasarnya kata kronologi itu sendiri memiliki makna melalui atau melampaui waktu tertentu akan tetapi tetapi terbatas dalam ruang. Maka dari itu dalam mempelajari sejarah, kemampuan untuk berfikir secara kronologi ini sangat diperlukan dan begitu penting. Melalui hal tersebut nantinya anda bisa memperoleh pengetahuan secara menyeluruh dan lebih mendalam berdasarkan urutan waktu yang sesuai.

Kronologi

Kronologi pada dasarnya bukanlah suatu kata yang asing untuk didengar, namun tidak menutup kemungkinan, walaupun sudah sering didengar pengertian dari kronologi itu sendiri belum diketahui banyak orang. Singkatnya kronologis adalah catatan suatu peristiwa atau kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya.

Kronologi dalam peristiwa sejarah pada dasarnya sangat diperlukan dan bisa membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa sejarah tersebut sesuai dengan urutan waktu secara tepat. Ada beberapa manfaat lainnya dari kronologi sejarah yaitu bisa digunakan untuk membantu membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat yang berbeda mengenai peristiwanya.

Contoh Kronologi dalam Sejarah

Beberapa contoh kronologis sejarah yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

  1. Peristiwa Rengasdengklok

Rengasdengklok adalah perwistiwa yang terjadi pada tanggal 16 Agustus tahun 1945 tepatnya pada pukul 3 dini hari terjadi suatu kejadian atau peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta yang dilakukan oleh golongan pemuda. Peristiwa ini pada akhirnya diberi nama dengan sebutan peristiwa Rengasdengklok karena penculikan Soekarno dan Hatta dibawa ke tempat yang bernama daerah Rengasdengklok di Karawang.

Kejadian ini pada dasarnya memiliki tujuan yaitu untuk mendesak golongan tua agar pelaksanaan proklamasi dapat dilakukan tanggal 16 Agustus 1945. Akan tetapi permintaan yang diajukan ol,eh kaum pemuda ini ditolak oleh Soekarno dan Hatta hingga akhirnya terjadilah penculikan tersebut.

Masih bertepatan dengan tanggal 16 Agustus malam hari, Ahmad Soebardjo menjemput Soekarno dan Hatta untuk dibawa ke Jakarta. Kemudian tepat keesokan harinya, yaitu tanggal 17 Agustus tahun 1945, pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Soekarno dengan bertempat di kediaman pribadinya.

  1. Peristiwa Kerusuhan 1998 di Indonesia

Tanggal 13 Mei terjadi telah terjadi peristiwa Kerusuhan Mei 1998 yang terjadi di Jakarta dan juga di kota Solo. Pada akhirnya selaku kepala negara, Soeharto yang sedang menghadiri pertemuan di negara-negara berkembang seperti di Kairo dan Mesir memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Sebagai informasi sebelumnya, dalam pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Kairo, Soeharto menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden. Akan tetapi pada saat itu telah terjadi serangkaian kronologis waktunya. Setelah tanggal 13 Mei. Diantaranya;

  1. Tanggal 14 Mei terjadi peristiwa demonstrasi yang terus bertambah besar hampir di seluruh kota – kota di Indonesia. Hingga pada akhirnya aksi demonstran tersebut mengepung dan menduduki gedung – gedung DPRD di daerah.
  2. Tanggal 18 Mei Ketua MPR yang sekaligus juga ketua Partai Golkar, Harmoko, meminta dan mendesak Soeharto untuk melepaskan jabatannya sebagai presiden.
  3. Tanggal 19 Mei Soeharto berbicara di TV, menyatakan bahwa dia tidak akan melepaskan jabatannya dan berjanji bahwa pemilu baru akan dilaksanakan secepatnya.
  4. Tanggal 20 Mei Harmoko mengatakan bahwa Soeharto sebaiknya mengundurkan diri dalam waktu dekat atau DPR dan MPR akan terpaksa memilih presiden baru.
  5. Tanggal 21 Mei Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya tepatnya pada pukul 9.00 WIB dan wakil presiden B.J. Habibie menjadi presiden baru untuk negara Indonesia.
  1. Kemerdekaan Indonesia

Dalam memperoleh Kemerdekaan Indonesia setidaknya ada beberapa catatan bermulanya kronologis sejarah. Antara lain sepert;

  1. Tanggal 6 Agustus 1945 terjadi peristiwa sejarah yang begitu dikenal yaitu kota Hiroshima Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat.
  2. Tanggal 7 Agustus 1945 organisasi BPUPKI dibubarkan dan dibentuklah organisasi baru yang bernama PPKI.
  3. Tanggal 9 Agustus 1945 terjadi peristiwa sejarah kembali yaitu Kota Nagasaki Jepang dijatuhi bom atom kedua oleh Amerika Serikat.
  1. Sistem Pemerintahan Indonesia

Setidaknya sebagai bangsa yang besar, tentunya bangsa Indonesia ini memiliki catatan situs sejarah yang begitu panjang dan setiap perjalanan sejarah tersebut selalu disertai dengan beragam bukti sejarah yang bisa dipelajari kembali. karena memiliki perjalanan sejarah yang begitu panjang.

Maka kronologi dalam arti sejarah Indonesia disini juga telah melewati beberapa zaman mulai dari zaman prasejarah yang terdiri dari zaman batu dan zaman logam. Kemudian mengenal sejarah pada zaman hindu-budha, zaman islam, zaman kolonial belanda, zaman pendudukan jepang, zaman kemerdekaan, zaman orde lama, zaman orde baru, dan zaman reformasi.

Kesimpulan

Berbagai tulisan dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak hal mengenai makna kronologi sejarah. Hal ini disebabkan kronologi memang merupakan yang begitu penting dan akan terus diperlukan. Melalui kronologi dalam sejarah ini pula setiap peristiwa bisa dibuktikan kebenarannya sesuai dengan waktu teradinya.

Demikinalah artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkaitan dengan berbagai contoh kronologis sejarah di Indonesia yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi referensi untuk kalian yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *